Pengertian Manajer dan Tugas Manajer beserta Tingkatannya “Lengkap”

Posted on
Pengertian Manajer dan Tugas Manajer beserta Tingkatannya “Lengkap”
5 (100%) 1 vote

Pengertian Manajer Menurut Para Ahli – Dalam dunia kerja dan anda yang sudah bekerja baik pada perusahaan dengan skala besar atau kecil pasti mengenal dengan kata manajer, mungkin sebagian dari anda belum tahu apa yang di maksud dengan manajer? Maka dari itu saranailmu.com kali ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian manajer secara lengkap yakni seseorang yang mempunyai pengalaman, pengetahuan serta keterampilan yang baik dan telah di akui organisasi untuk bisa memimpin, mengurus, mengorganisir, mengendalikan, mengatur serta mengembangkan organisisasi untuk bisa mencapai tujuan yang lebih baik.

Pengertian Manajer, Tugas dan Tingkatannya

Jika di lihat secara umum atau garis besar Definisi dari manejer adalah seseorang yang memiliki keahlian untuk bisa mengarahkan orang lain dan bisa bertanggung jawab atas kegiatan dari pekerjaannya tersebut.

Tugas Manajer

Dari ulasan pengertian manajer di atas, tentu saja manajer merupakan posisi yang sangat penting. Jadi, tidak heran apabila seseorang yang memegang posisi ini mempunyai banyak sekali tugas yang juga tanggung jawab yang besar. Beberapa tugas Dari seorang manajer di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tugas yang paling utama di miliki oleh seorang manajer adalah memimpin organisasinya yakni perusahaan. Bukan hanya sebatas pemimpin saja, seorang manajer juga harus bisa mengatur dan mengendalikan organisasi tersebut.
  2. Kemudian yang ke-2 dimana seorang manajer pun di haruskan untuk bisa mengembangkan organisasi tersebut, jadi bukan hanya sebagai penonton saja tanpa adanya sebuah perkembangan. Untuk menjadi seorang manajer yang handal perlunya memiliki kemampuan dalam menggali dan mengembangkan sumber daya yang di miliki perusahaan atau organisasi dan berkembang secara maksimal. Selain dari yang telah di sebutkan tadi manajer juga memiliki tugas yakni mengawasi dan mengendalikan organisasinya.
  3. Seorang manajer yang professional harusa bisa mengatasi berbagai masalah yang di hadapi dari organisasinya tersebut, hal ini di lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan bagi siapapun. Dengan demikian pula rasa tanggung jawab yang penuh akan tumbuh pada diri seorang manajer.
  4. Kemudian tugas lainnya dari seorang manajer adalah melakukan evaluasi pada setiap kegiatan yang di lakukan oleh organisasi atau perusahaan.
Baca Juga :   Seni Rupa Murni dan Terapan : Pengertian dan Contohnya

Tingkatan Manajer

Kerena banyaknya tugas yang di pikul oleh seorang manajer, menjadikan hal ini manajer terbagi dalam beberapa kelompok. Untuk tingkatan manajer sendiri terbagi menjadi 3 tingkatan yakni :

  • Manajer lini pertama atau first line management yang merupakan tingakatan paling terendah pada posisi menajer
  • Kemudian yang ke-2 manajer tingkat menengah atau middle management yang merupakan sebagai penghubung antara manajer pertama dan ketiga
  • Selanjutnya adalah manajer puncak atau top management, Posisi manajer inilah yang mempunyai kekuasaan penuh pada suatu organisasi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Manajer, Tugas dan Tingkatannya sehingga dengan membaca ulasan di atas kita tahu bahwa seorang manajer merupakan posisi yang paling banyak di incar oleh seseorang yang ahli dan biasa memimpin organisi, meksi demikian tangung jawab yang di milikinya juga besar. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :