Pengertian dan Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya

Pengertian dan Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya
Rate this post

Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri- ciri nya – Makhluk merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa arab yakni “diciptakan”, yang mana ini merupakan lawan kata dari Kholik yang memiliki arti “sang pencipta/yang menciptakan”. Tentu hal ini mengacu pada suatu organism yang di ciptakan oleh Allah sebagai tuhan pencipta. Namun, makhluk juga merujuk pada 3 element yang memang hidup baik berwujud atau tidak berwujud di antaranya seperti :

  • Makhluk halus : Merupakan makhluk yang di ciptakan Allah dengan wujud yang tidak terlihat misalnya Jin, Malaikat dan lainnya.
  • Makhluk hidup : ialah berupa kumpulan dengan Molekul yang saling mempengaruhi.
  • Makhluk legendaries : Adalah makhluk yang hanya di temukan pada suatu legenda atau mitos/dogeng misalnya naga, raksasa dan sebagainya.

Sedangkan, pengertian makhluk hidup secara umum yakni suatu makhluk yang memiliki berbagai ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak serta berkembang biak. Contoh dari makhluk yang dapat bergerak, bernapan, berkembang biak dan memerlukan makanan yakni Ikan, Burung dan manusia. Sehingga ini juga bisa di jadikan sebagai dasar untuk membedakan antara makhluk hidup dan benda mati. Beberapa contoh untuk benda mati adalah Kursi, Lemari, Meja, Buku dan lainnya yang tidak memiliki cirri-ciri dari makhluk hidup.

Salah satu para ahli yang benama Kimball (tahun 1983), menjelaskan bahwasanya Pengertian Makhluk Hidup adalah sesuatu yang memiliki cirri-ciri yang paling utama ialah berevolusi. Atau dengan arti lain berevolusi artinya makhluk hidup pada dasarnya serta semestinya mengalami perubahan dalam fase hidup. Lalu untuk cirri yang ke-2 adalah responsive atau mampu menerima rangsangan. Rangsangan dalam hal ini memiliki arti yang banyak sekali, baik berupa rangsangan suara, sentuhan, dan lain sebagainya.Untuk lebih jelasnya mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup, bisa anda lihat sebagai berikut.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Bernapas

Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini pastinya bernapas, karena bernapas sendiri adalah proses menghirup udara berupa O2 kemudian mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen sangat di perlukan bagi semua Makhluk hidup bukan hanya untuk bernapas saja melainkan sebagai yang dapat membantu pembakaran makanan di dalam tubuh dan hasilnya menjadi energy, sedangkan untuk energy berguna untuk berbagai aktivitas dan bergerak.

Proses bernapas pada setiap makhluk hidup berbeda-beda tergantungd dari habitat/tempat hidup serta jenis makhluk hidup tersebut. Makhluk hidup yang hidup di darat mempunyai system pernapasan yang berbeda dengan yang hidup di air. Mengenai macam-macam alat pernapasan dapat anda lihat sebagai berikut:

  • Alat pernapasan tumbuhan : stomata atau lentisel
  • Alat pernafasan hewan : insang trakea, paru-paru dan kulit
  • Burung memiliki alat bantu pernafasan yang di namakan dengan pundi-pundi udara

2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Bergerak

Ciri lainnya yang di miliki makhluk hidup adalah Bergerak, dimana untuk setiap mahkluk hidup memiliki gerakan yang berbeda seperti pada hewan dan manusia yang telihat jelas gerakannya. Pada makhluk hidup manusia dan hawan di setiap gerakannya di bantu dengan alat gerak, misalnya manusia memiliki tangan dan juga kaki. Sedangkan pada hewan memiliki sayap, kaki, sirip, silia dan lain-lainnya. Sebenarnya tumbuhan juga memiliki gerakan, hanya saja tidak mudah untuk di lihat, contohnya saja pada putri malu yang jika di sentuh akan menutup. Kemudian pada daun petai cina yang akan menutup jika sudah menjelang sore hari, lalu beberapa tumbuhan lain seperti bunga matahari yang selalu mengarah kea rah datangnya sinar matahari. Pergerakan yang di lakukan tumbuhan berasal dari rangsangan dari luar.

3. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Makan

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Tidak hanya itu saja makanan yang di konsumsi tersebut harus mengandung berbagai macam zat yang memang di perlukan oleh tubuh, di antaranya seperti lemak, mineral, karbohidrat, dan protein. Sedangkan Karbohidrat sangat di perlukan tubuh untuk menghasilkan energy. Beberapa fungsi makanan untuk makhluk hidup yakni.

  • Sebagai sumber tenaga
  • Pembentuk tubuh/pertumbuhan
  • Mengganti berbagai Sel yang rusak di dalam tubuh.

Salah satu contoh makhluk hidup yang membuat makanan sendiri adalah tumbuhan hijau daun yang mana mendapatkan makanan melalui proses fotosintesis.

4. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Iritabilitas

Kemudian ciri lain dari Makhluk hidup adalah mampu menerima rangsangan. Kemampuan dari makhluk hidup yakni memberikan respon dari adanya rasangan.

Iritabilitas hewan dan manusia adalah dengan menggunakan panca indera, di antaranya adalah :

  • Mata : melihat
  • Telinga :mendengar
  • Hidung :mencium
  • Lidah :mengecap
  • Kulit :meraba

5. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Tumbuh

Semua makhluk hidup mengalami yang namanya pertumbuhan dan perkembangan. Sebagai contoh jika anda menanam biji maka akan tumbuh menjadi cambah, lalu kemudian tumbuh lagi menjadi tumbuhan kecil. Sehingga jika tanaman tersebut di rawat dengan baik seperti di berikan air maka akan tumbuh menjadi tanaman yang besar.

6. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Berkembangbiak

Ciri lainnya yang di miliki pada setiap makhluk hidup adalah berkembang biak atau reproduksi dimana ini merupakan kemampuan pada setiap makhluk hidup untuk bisa menghasilkan keturunan. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan jenisnya. Cara berkembang biak pada hewan terbagi menjadi 2 macam yakni secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Contoh hewan yang berkembang biak secara kawain adalah hewan dengan tingkat tinggi sedangkan untuk hewan tinggat rendah melakukan perkembang biakan secara tidak kawin. Kemudian untuk tumbuhan melakukan perkembang biakan dengan Biji, serta dapat berkembang biak secara vegetatif atau tidak kawin. Misalnya perkembang biakan dengan cara vegetative pad tumbuhan di antara yakni tunas, stek dan cangkok.

7. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Beradaptasi

Agar tetap dapat bertahan hidup terhadap lingkungannya pada setiap makhluk hidup harus menyesuaikan diri. Tempat pada setiap makhluk hidup melakukan berbagai aktivitas di namakan dengan habitat. Jika makhluk hidup tidak mampu menyesuaikan terhadap lingkungannya makan akan mati sehingga cara lain yang di lakukan adalah dengan melakukan perpindahan ke lingkungan yang baru.

8. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Memerlukan Suhu

Seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini bertahan pada suhu tertentu dan berbeda-beda, misalnya Ikan yang hidup di air bersuhu sekitar 5 derajat celcius hingga 30 derajat, sedangkan pada makhluk hidup kasat mata yakni bakteri bisa sampai suhu 80 derajat, sedangkan untuk tumbuhan dapat hidup dengan suhu 0-43 derajat celcius.

9. Ciri-Ciri Makhluk Hidup : Sekresi

Zat sisa dari hasil produksi haruslah di keluarkan, jika tidak akan menjadi racun dan akan menimbulkan masalah pada tubuh. Zat yang di keluarkan di antaranya berupa gas, cairan, atau zat padat. Beberapa organ pengeluaran zat pada hewan dan manusia adalah :

  • Paru-paru mengeluarkan CO2
  • Ginjal mengeluarkan urine
  • Kulit mengeluarkan keringat.

Dengan menyimak dan membaca penjelasan di atas, tentunya anda sekarang sudah tahu mengenai Pengertian Makhluk Hidup dan Ciri-ciri Makhluk Hidup baik pada hewan, tumbuhan dan manusia dan dapat anda jadikan sebagai rujukan refrensi dalam mengerjakan berbagai tugas kuliah atau sekolah jika di butuhkan. Semoga Bemanfaat

Baca Juga :

Pengertian dan Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya | saranailmu | 4.5
Shares