Pengertian Mahasiswa : Ciri-Ciri, Peran Dan Fungsinya Terlengkap

Posted on

Pengertian Mahasiswa : Ciri-Ciri, Peran Dan Fungsinya Terlengkap

Pengertian mahasiswa – mahasiswa adalah sebutan bagi seseorang yang sedang menempuh atau sedang menjalani jenjang pendidikan tinggi pada sebuah perguruan tinggi, misalnya sekolah tinggi, akademik, serta yang sangat umum adalah universitas.

Dalam sejarahnya mahasiswa sendiri di sejumlah Negara mempunyai peran yang lumayan penting. Misalnya yakni ratusan mahasiswa yang berhasil mendesak presiden soeharto guna mengundurkan diri dari jabatannya menjadi presiden, di Negara Indonesia pada mei 1998. Nah berikut ini akan diulas mengenai pengertian mahasiswa menurut sejumlah ahli beserta penjelasan lengkap lainnya.

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

  1. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI)
    Pengertian mahasiswa ialah seseorang yang sedang belajar di salah satu perguruan tinggi, dan dalam struktur pendidikan yang ada di Indonesia ini mahasiswa memegang status pendidikan yang paling tinggi diantara lainnya.
  2. Menurut sarwono
    Mahasiswa ialah setiap orang yang terdaftar guna mengikuti pelajaran pada sebuah perguruan tinggi secara batasan umum antara 18-30 tahun. Mahasiswa termasuk kelompok dalam masyarakat yang mendapatkan statusmua, sebab ada ikatan dengan perguruan tinggi.
  3. Menurut knopfemacher
    Mahasiswa ialah seorang calon sarjana yang terlibat bersama perguruan tinggi dengan didikan dan harapannya sebagai calon-calon intelek.

Ciri-Ciri Mahasiswa Menurut Kartono ( Dalam Ulfah, 2010 )

Adapun ciri ciri mahasiswa diantaranya sebagai berikut :

  1. Mempunyai kemampuan adan kesempatan untuk belajar pada perguruan tinggi, jadi bisa dikelompokan dalam kelompok intelegensia
  2. Mempunyai kesempatan yang ada, yakni mahasiswa ini diharapkan kelak mampu bertindak menjadi pemimpin yang terampil, baik menjadi pemimpin dalam masyakat ataupun di dalam dunia kerja nantinya.
  3. Mahasiswa diharapkan bisa sebagai penggerak yang dinamis untuk proses modernisasi pada kehidupan masyarakat.

Peran Dan Fungsi Mahasiswa

  1. Menurut Guardian of value
    Mahasiswa menjadi penjagan nilai nilai pada masyarakat dengan kebenaran mutlak, yakni kejujuran, gotong royong, empati, keadilan,dll. mahasiswa ini dituntut dapat berfikir dengan ilmua mengenai nilai nilai yang dijaga mereka. Dan tidak hanya tersebut, mahasiswa pun menjadi pembawa, penyampai dan penyebar nilai nilai ini sendiri.
  2. Menurut Agent of change
    Mahasiswa pun menjadi penggerak dengan mengajak masyarakat guna bergerak dalam menjalankan perubahan yang mengarah lebih baik, yakni melalui ilmu, gagasan adan juga pengetahuan yang mereka punya.
    Tidak masanya lagi bahwa mahasiswa ini hanya berdiam dan acuh terhadap masalah bangsa dan juga Negara, karena dipundak merekalah titik kebangkitan Negara ini diletakkan.
    3. Menurut moral force
    Mahasiswa mempunyai tingkat pendidian yang sangat tinggi, jadi wajib bahwa mereka mempunyai moral baik juga. Tingkat dari intelek mahasiswa ini akan diselaraskan dengan tingkat adari moralitasnya pada kehidupanya. Hal tersebut yang mengakibatkan kenapa mahasiswa ini dipakai sebagai kekuatan moral suatu bangsa yang harapannya dapat menjadi contoh maupun penggerak perbaikan moral dalam masyarakat.
Baca Juga :   Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Peran Istimewa Mahasiswa

Mahasiswa memiliki peran intimewa yang sudah digolongkan dalam 3 fuungsi, diantaranya :

  1. Sebagai Social control
    Dengan kemampuan intelek mahasiswa, maka kepekaan sosial dan sikap kritisnya ini diharapkan dapat menjadi pengontrol kehidupan sosial masyarakat caranya dengan memberikan sebuah saran, kritik maupun solusi guna memecahkan masalah sosial dalam masayarakat dan juga Negara.
    Peran mahasiswa menjadi sosial control ini dialami ketika terdapat hal yang kelihatannya tidak beres ataupun mengganjal dalam masyarakat. Mahasiswa sudah sewajibnya memberontak pada kebusukan-kebusukan yang dialami dalam birokasi selamai ini yang dianggap lazim. Lalu apabila mahasiswa ini acu dan tak peduli terhadap lingkunganya, maka bangsa kita sudah tidak mempunyai harapan yang lebih baik lagi.
    Mahasiswa sudah sepantasnya menumbuhkan sebuah jiwa kepedulian sosialnya, yang mana mahasiswa ini perlu peduli pada masyarakat karena mahasiswa ini menjadi bagain dari mayarakat. Kepedulian ini pun tidak hanya berwujud dalam bentuk demo/ turun dijalanan, namun dengan sebuah pemikiran yang realistis dan cemerlang melalui diskusi-diskuis maupun memberikan bantuan moril serta materilnya dalam masyarakat dan juga bangsanya.
  2. Sebagai agent of change
    Pelajar tinggi pun menjadi agen perubahan, yakni tindakannya tidak ibaratkan pahlwan yang sedang datang di sebuah negeri lalu gagah untuk megusir para penjahat dan dengan gagahnya pahlawan ini pergi dari daerah itu dengan diberikan tepuk tangan yang meriah oleh penduduk setempat. Artinya bahwa mahassiswa ini sebagai penggagas perubahan m namun menjadi objek maupun pelaku perubahan ini. sikap kritis dan positif ini perlu dimiliki dan kerap bisa membuat perubahan besar serta membuat pemimpin yang belum kompeten ini bisa gerah dan juga cemas.
    Pembodohan dan keadilan sudah merajalela, yakni dilakukan pemimpin bangsa ini. maka sepantasnya bahwa kalian berfikir bagaimana mengembalikan dan mengubah kondisi tersebut. Perubahan ini yang mengarah positif dan tidak menghilangkan posisi mereka menjadi mahasiswa dan bangsa Indonesia.
  3. Sebagai iron stock
    Pelajar tingkat tinggi pun mempunyai peran menjadi generasi penerus bangsa yang paling diharapkan dengan mempunyai ketrampilan, kemampuan, akhlak mulia guna bisa menjadi seorang pemimpin yang siap digunakan. Kalian para mahasiswa adalah sebuah asset, cadangan maupun harapan bangsa ini di masa depan.
    Mahasiswa iron stock ini ialah seorang calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang dengan menggantikan generasi yang ada, sehingga tidak cukup bila hanya memupuk sebuah ilmu yang spesifik saja. harus ada soft skill misalnya leadership, kemampuan posisi diir dan sensivitaf tinggi.

Nah, itu tadi adalah ulasan mengenai pengertian mahasiswa beserta penjelasan lainnya terlengkap. Jadi, harapannya dengan kalian membaca tulisan ini kalian dapat termotivasi bahwa apa saja peran kalian sebagai mahasiswa yang sebenarnya. Sebab, dipundak kalianlah titik kebangkitan Negara ini diletakkan.

Baca juga: