Limas : Pengertian, Macam macam Limas dan Rumusnya Lengkap

Limas : Pengertian, Macam macam Limas dan Rumusnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Limas dan Macam macam limas Serta Rumus Limas

Limas – banyak sekali benda benda disekitar kita yang bentuknya seperti limas. Kamu akan mengetahui dengan jelas bagaimana bentuk bangun ruang limas dengan cara melihat benda nyata yang berbentuk limas. Diantaranya ialah piramida, menara atau atap rumah. Benda benda tersebut bentuknya ialah limas.

Kemudian, apa sesungguhnya yang dimaksud bangun ruang limas? Untuk mengetahui pengertian bangun ruang limas, langsung simak pengertian dibawah ini.

Pengertian limas

Limas merupakan bangun ruang yang mempunyai sisi ataupun bidang sampingnya berbentuk segitiga dengan mempunyai puncak bagian atasnya.

Sementara berdasarkan kamus besar bahasa_Indonesia, pengertian bangun ruang limas ialah benda ruang dengan bentuk alas segitiga (baik segi empat atau sebagainya) sesuai dengan bentuk limasnya, dan bidang sisi berbentuk segitiga yang mempunyai titik puncak berimpit paling puncak.

Jenis-jenis limas

Sesuai dengan bentukalasnya, bangun ruang limas bisa dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

1. Pengertian limas segitiga

Jenis bangun ruang limas yang pertama ialah limas segitiga. Limas segitiga merupakan bangun ruang limas yang alasnya berbentuk segitiga (bisa segitiga sama sisi, sama kaki, siku siku ataupun segitiga sembarang). Supaya lebih jelas, simak gambar limas segitiga ABCD dibawah ini.

Pengertian limas segitiga

2. Pengertian limas segi empat

Selanjutnya ialah limas segiempat yang merupakan limas yang bangunan alasnya berbentuk segiempat (dar mulai persegi, trapesium, persegi panjang, layang layang, belah ketupat, jajar genjang atau lainnya). Untuk lebih jelasnya, amati gambar limas segiempat ABCDE dibawah ini:

Pengertian limas segi empat

3. Pengertian limas segi lima

Sama halnya dengan limas segitiga dan juga limas segiempat diatas, pada limas segilima juga mempunyai alas yang bentuknya berupa bangun segi lima. Bisa berupa segi lima teratur atau segi lima sembarang. Perhatikanlah gambar segilima ABCDE.F DIBAWAH ini.

Pengertian limas segi lima

4. Pengertian limas segi enam

Selanjutnya ialah bangun ruang limas segi enam. Bangun ruang ini ialah bangu yang alasnya berbentuk segienam dari segi enam yang teratur ataupun segi enam sembarang. Untuk memperjelas pengertian limas segi enam, perhatikan gambar limas segi enam ABCDEF.G dibawah ini:

Pengertian limas segi enam

Sesungguhnya jenis jenis bangun ruang limas tak hanya ada 4 jenis bangu limas diatas. Karena masih ada banyak limas lainnya. Namun kebanyakan bangun ruang limas yang dipelajari ketika SD, SMP, ataupun SMA, adalah ke 4 limas tersebut.

Limas mempunyai puncak dan tinggi. Yang dimaksud dengan tinggi limas adalah jarak terpendek sebuah bangun limas mulai dari puncak bangun limas menuju ke sisi bagian alas. Selain itu, tinggi limas juga harus tegak lurus terhadap titik potong di bidang alas limas tersebut.

Seperti bangun ruang lainnya, ternyata cara mencari tahu bagaimana bentuk jarring jarring bangun limas ialah dengan cara mengiris rusuk rusuk bangun limas ini. Setelah kamu iris bagian rusuk rusuknya, rebahkanlah bangun tersebut.

Selain itu, sama halnya pada bangun ruang prisma, jika kamu ingin tahu bagaimana luas permukaan bangun limas bisa didapatkan dengan cara menentukan terlebih dahulu bagaimana bentuk jarring jarring bangun ruang limas ini. Setelah kamu dapatkan jarring jaringnya, jumlahkan luas dari bangun datar jarring jarring yang terbentuk pada bangun limas tersebut. Namun secara umum, rumus luas permukaan bangun ruang limas ialah:

Luas permukaan limas adalah = Luas alas + jumlah luas semua sisi tegak limas

Sementara secara umum, rumus volume bangun ruang limas ialah:

limas = 1/3 × L. alas × tinggi

Nah, itulah penjelasan tentang bangun ruang limas yang bisa kamu pelajari dengan mudah. Selamat belajar.

Baca Juga : 

Limas : Pengertian, Macam macam Limas dan Rumusnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares