Pengertian Legitimasi (Hukum, Politik dan Kekuasaan) Menurut Para Ahli

Pengertian Legitimasi (Hukum, Politik dan Kekuasaan) Menurut Para Ahli
Rate this post

Pengertian Legitimasi (Hukum, Politik dan Kekuasaan) Menurut Para Ahli

Pengertian Legitimasi Menurut Para Ahli – Merupakan suatu kondisi yang terkiat dengan penerimaan keputusan pimpinan atau pejabat pada sebiah pemerintahan/pelaksana kekuasaan telah disesuaikan terhadap berbagai prosedur yang di berlakukan di tengah masyarakat umum atau dengan kata lain sesuai dengan berbagai nilai politik serta moral yang sewajarnya.

Umumnya Legitimasi masih erat hubungannnya dengan masalah hukum serta penerapan berbagai undang-undang yang di buat atas dasar sejumlah keputusan di peradilan, yang mana hal ini nantinya di jadikan sebagai tolak ukur bagaimana nantinya keputusan tersebut bisa di terima serta dapat di akuinya keabsahannya pada masyarakat banyak.

Pengertian Legitimasi politik

Sedangkan, legitimasi politik adalah gambaran dari suatu politik yang berdasarkan kepada suatu keputusan dari hasil peradilan yang bertujuan sebagai suatu bukti bahwasanya pada setiap kebijakan yang telah di tetapkan adalah unutk kepentingan masyarakat.

Pengertian legitimasi hukum

legitimasi hukum ialah sebuah pengakuan hukum yang ada di tengah masyarakat dan bisa di katakana masih ada kaitannya dengan tindakan perbuatan hukum yang telah berlaku serta berbagai undang-undang yang sah dan telah di tetapkan, yang mana hal ini meliputi di antaranya peraturan hukum formal, hukum etnis, hukum adat-istiadat serta hukum kemasyarakatan yang memang sudah ada pada masyrakat tersebut dan di akui keabsahannya, sehingga dengan melihat penjelasan di atas maka legitimasi memang sangat penting pada kehidupan masyarakat luas.

Dari segi pelaksanaanya, legitimasi bisa bilang memag di tujukan secara khusus untuk pemegang kekuasaan dalam menggunakan berbagai cara serta tataran masyarakat yang berbeda-beda yang umumnya masih melibatkan berupa ritual formal yang sifatnya religious, sehingga dalam hal ini akan melibatkan berbagai pihak yang mempunyai beberapa kepentingan. Kemungkinan ini dapat saja terjadi di dalam sebuah tataran masyarakat yang masih mempunyai hubungan erat dengan konsep adat serta budaya local itu sendiri, dimana hal ini di lakukan sebagai suatu kewajiban.

Pengertian legitimasi kekuasaan

Selanjutnya adalah legitimasi kekuasaan, David Easton Menjelaskan Legitimasi Kekuasaan merupakan suatu keyakinan pada setiap anggota di dalam maysrakat yang mentaati serta menerima berbagai kebijakan yang sebelumnya telah di buat oleh penguasa dan telah memenuhi berbagai tuntutan yang ada pada Rezim penguasa tersebut.

Sehingga Legitimasi memiliki pengertian suatu konsep yang dapat melahirkan sebuah keterikatan di antara pemimpin dan masyrakat. Pada sebuah Negara pemerintahan,  legitimasi bisa di bilang keberadaanya sangatlah penting khususnya untuk pemimpin pemerintahan, karena para pemimpin tersebut akan selalu bekerja keras agar bisa mendapatkan atau mempertahankan dari legitimasi tersebut.

Baca Juga :

Pengertian Legitimasi (Hukum, Politik dan Kekuasaan) Menurut Para Ahli | saranailmu | 4.5
Shares