Lari : Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Lari : Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
5 (100%) 1 vote

Pengertian Lari merupakan salah satu di antara banyak cabang olahraga yang paling tua di dunia. Walaupun tidak diketahui sejarah dari lari tersebut kapan mulai di kenal, akan tetapi jauh sebelum menjadi cabang olahraga, lari memang sudah di kenal pada zaman peradaban manusia kuno. Saat ini olahraga telah menjadi salah satu cabang olahraga atletik yang lebih mengutamakan tumpuan berupa daya tahan tubuh dan kecepatan.

Pengertian Lari, Macam-Macam dan Manfaatnya

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk di lakukan bagi banyak orang ataupun usia sehingga banyak yang gemar melakukannya. Selain mudah, lari pun memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh dari segi kesehatan di antara dapat menyehatkan jantung, melancarkan peredaran darah, paru-paru dan sebagainya.

Macam-Macam Lari

Lari sendiri terbagi menjadi 3 macam olahraga yakni untuk yang pertama adalah lari jarak pendek. Pengertian jarak pendek atau umumnya di sebut dengan lari sprint ini merupakan jenis lari dengan menempuh jarak 100, 200 dan 400 meter. Umumnya sebelum melakukan lari jarak pendek para peserta akan melakukan start dengan posisi jongkok.

Lalu yang ke-2 adalah olahraga lari jarak menengah. Untuk pengertian jarak menengah sendiri ialah lari yang menempuh jarak antara 800 meter hingga 1500 meter. Pada lari jarak menengah ini, umumnya para peserta lari ketika melakukan start pada posisi jongkok ataupun berdiri.

Sedangkan untuk jenis lari yang ke-3 adalah lari jarak jauh. Dimana untuk pengertian lari jarak jauh merupakan lari yang di lakukan dengan jarak antara  5000 hingga 10.000 meter. Biasanya para peserta lari jenis ini dengan start pada posisi berdiri. Pada umumnya para pelari yang mengikuti lari jarak jauh ini mempunyai kapasitas paru-paru yang tinggi karena para pelari tersebut harus menempuh jarak yang lebih jauh/panjang di bandingkan dengan lari jarak pendek ataupun lari jarak menengah.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan

Tentu karena ini merupakan suatu aktifitas olahraga pastinya memiliki banyak manfaat dari olahraga lari khususnya bagi kesehatan tubuh tentunya harus di lakukan secara rutin, beberapa manfaat secara khusus di antaranya adalah menyehatkan jantung dan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain dapat meningkatkan kesehatan, lari juga berguna sebagai menjaga kebugaran tubuh sekaligus menguatkan tulang dan juga persendian.

Lain daripada itu dengan melakukan rajin berlari bisa melatih kecepatan berpikir dan menjadikan kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga anda bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Lari, Macam-Macam dan Manfaatnya. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Lari : Pengertian, Macam-Macam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan | saranailmu | 4.5
Shares