Pengertian Laporan Keuangan dan Contohnya “Lengkap dengan Tabel”

Posted on
Pengertian Laporan Keuangan dan Contohnya “Lengkap dengan Tabel”
Rate this post

Pengertian Laporan Keuangan dan Contohnya Dalam Bentuk Tabel

Pengertian Laporan Keuangan merupakan suatu hal berupa laporan yang berhubungan dengan keuangan baik pada perusahaan atau tempat usaha pada priode tertentu yang di jelaskan berupa gambaran dari kinerja suatu perusahaan atau tempat usaha tersebut. Pada umumnya laporan keungan di kelompokan menjadi 4 bagian di antaranya rugi/lugi (R/L), Neraca, Arus kas dan laporan perubahan perubahan modal.

Dalam penyusunan suatu laporang keuangan haruslah si pembuat Laporan keuangan tersebut paham atau mengerti langkah-langkahnya seperti neraca, jadi yang paling penting adalah mengerti terlebih dahulu dari neraca dari beberapa pos serta informasi yang di perlukan dalam mengisi berbagai pos tersebut dan juga mengerti dari Laba rugi/income statement.

Untuk rumus pembuatan laporan keuangan (Laba rugi/income statement) adalah : pendapatan – beban- = laba bersih sebelum pajak -pajak penghasilan = laba bersih atau net income

Agar pembaca dapat lebih paham mengenai Pengertian Laporan Keuangan, dibawah ini telah disediakan beberapa contoh Laporan keuangan dari salah satu perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan

Seperti yang di dapatkan berupa Informasi yang di dapatkan berdasarkan neraca lajur per 31 desember 2017 PT. Abi Jaya Abadi adalah sebagai berikut :

  • Diterima sejumlah uang Rp.10.000.000 dari penjualan produk XXX kepada PT ABC
  • Pendapatan atas sewa : Rp.4.500.000
  • Persedian awal barang dagang / tanggal 1 januari 2017 adalah Rp.3.500.000
  • Persedian akhir barang dagang / tanggal 31 desember 2017 adalah sebesar Rp. 4.200.000
  • Pembelian bahan baku : Rp.3.000.000
  • Biaya angkut dan transportasi masuk : Rp.750.000
  • Biaya gaji dan komisi atas penjualan : Rp.1.750.00
  • Biaya iklan : Rp.500.000
  • Biaya angkut dan transportasi keluar : Rp.700.000
  • Tagihan telpon : 250.000
  • Penyusutan peralatan ditaksir : Rp. 300.000
  • Penyusutan gedung ditaksir : Rp.500.000
  • Administrasi Rp.150.000
  • Pajak penghasilan sebesar 5%

Berdasarkan dari informasi yang di jelaskan di atas maka kita bisa menyusun laporan laba/rugi sebagai berikut:

PT. Abi Jaya Abadi
Laporan Laba Rugi : Per 31 des 2017
Pendapatan
PenjualanRp.10.000.000
Pendapatan atas sewaRp.4.500.000
Total pendapatanRp.4.500.000
Beban
Harga pokok penjualan (Hpp)Rp.3.050.000
Beban penjualanRp.3.250.000
AdministrasiRp.150.000
Total bebanRp.6.450.000
Laba bersih sebelum pajakRp.8.050.000
Pajak 10%Rp.805.00
Laba bersih/ net incomeRp.7.245.000
Baca Juga :   10 Peninggalan Sejarah Islam Beserta Penjelasannya

Pengertian Neraca

Neraca/Balance Sheet adalah suatu laporan keuangan entitas yang mana di dalamnya terdiri dari kolom perkiraan, aktiva dan passive. Di Kolom aktiva terdapat Pos berupa Aktiva lancar atau aktiva teta, sedangkan pada kolom passive terisi berupa pos Kewajiban (Hutang) dan Modal. Untuk Rumusanya adalah sebagai berikut.

Aktiva (Lancar+tetap) = kewajiban/hutang (lancar+tetap) +modal/equity.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat Contoh Laporan Neraca pada gambar dibawah ini

Pengertian Neraca

Pengertian Arus Kas/Cash Flow

Arus Kas/Cash Flow adalah dimana semua kas yang masih terkait dengan kas baik terhadap pengeluaran dan pemasukan kas perusahaan dalam masa 1 Periode tertentu. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dari  Cash Flow adalah sebagai berikut :

  • History/ Aktivitas : yakni darimana asal sumber kas tersebut di dapat dalam satu periode
  • Investasi : Banyaknya jumlah perubahan saldo yang di pengaruhi dalam satu periode
  • Pendanaan : Banyaknya kas yang digunakan dalam satu periode

Agar lebih jelasnya silahkan anda Lihat Contoh Arus Kas/Cash Flow dibawah ini.

Pengertian Arus Kas

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal adalah suatu laporan keuangan yang terjadi dari perubahan modal dari suatu perusahaan didalam satu periode tertentu.

Beberapa hal yang mempengaruhi adanya laporan perubahan modal, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Laba ditahan awal tahun atau dengan kata lain berupa Keuntungan yang tidak dibagikan
  • Laba bersih dalam dalam satu periode tertentu
  • Deviden yang dibagikan
  • Beberapa yang tidak dibagikan pada akhir tahun.

Agar anda bisa memahami Laporan Perubahan Modal, silahkan anda lihat contohnya pada gambar dibawah ini.

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai Pengertian Laporan Keuangan dimana pembaca bisa lebih paham dengan melihat berbagai contoh dalam bentuk Laporan/Tabel. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :