Pengertian Kontribusi Secara Umum Lengkap

Posted on

Pengertian Kontribusi Secara Umum Lengkap

Pengertian Kontribusi – Kontribusi adalah sesuatu yang dilakukan untuk membantu dan menghasilkan atau saat mencapai sesuatu bersama dengan orang lain, atau untuk membantu sesuatu yang sukses. Pada saat kita memberi kontribusi artinya kita memberi sesuatu yang memiliki nilai bagi sesama, contohnya uang, harta, benda, kerja keras atau waktu.

Pengertian Kontribusi Secara Umum

Pengertian kontribusi yang positif adalah kontribusi yang membawa kemajuan dan bukan menurunkan atau membuat gagal suatu tujuan.

Pengertian kontribusi dalam hal olahraga adalah sejauh mana setiap pemain atau atlet mampu menyukseskan, atau mencapai tujuan tim dengan keseluruhan. Misalnya Trophy Liga Champion, yang diperoleh Barcelona tak lepas dari peran dan juga kontribusi Lionel Messi.

Pengertian kontribusi dalam bidang pendidikan adalah kontribusi yang digunakan untuk kepentingan sains dan juga ilmu pengetahuan. Misalnya ilmu psikologi dalam 100 tahun terakhir, yang telah banyak berkontribusi dalam mengungkap karakter manusia yang sesungguhnya.

Pengertian kontribusi pajak daerah yaitu sejauh mana porsi atau hasil dan jumlah dana yang telah terkumpul, dari sektor pajak di suatu daerah dibandingkan dengan jumlah total pendapatan daerah atau yang dibandingkan dengan porsinya dengan APBD atau APDB.

Definisi kontribusi juga bisa bermakna sebagai uang. Kontribusi merupakan sejumlah uang/iuran yang diberikan seseorang, sebagai sebuah bentuk keikutsertaan dalam sebuah kegiatan atau sebagai bentuk sumbangan pada seseorang. Kontribusi secara umum bukan hal yang bernilai wajib, tetapi hal itu bisa saja memiliki sifat yang relatif dan seikhlas si pemberinya saja.

Penggunaan kata kontribusi ini banyak digunakan di dalam kalangan masyarakat yang luas, yang dimana tidak hanya dikenal di kalangan tertentu saja. Tetapi dalam penggunaannya, kata kontribusi ini tak selalu merujuk pada benda/uang saja. Namun hal ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah tindakan/perbuatan seseorang, yang dimana jika ditambahkan dengan awalan dan akhiran tertentu maka kontribusi mempunyai arti yang berbeda dari pengertian tersebut di atas.

Baca Juga :   Siklus Pengembangan Sistem – Pengertian, Tahap, Mengelola, Partisipan, Pemeliharaan Lengkap

Berikut ini ada beberapa kalimat yang menggunakan kata kontribusi, yang disertai dengan artinya yaitu :

“ Laki-laki itu menyerahkan sejumlah uang kepada panitia pelaksana acara tersebut, uang itu bermaksud sebagai bentuk kontribusi yang dilakukannya di acara yang akan digelar di beberapa bulan ke depan.”

Dalam hal ini kata kontribusi itu sendiri mempunyai arti yang sebenarnya, yang dimana kata itu digunakan untuk menggambatkan suatu iuran atau sumbangan.

“ Dia melakukan peliputan secara langsung pada berita yang beredar dengan luas di masyarakat dari Jogja, sebagaimana biasanya ia berkontribusi secara langsung pada kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri.”

Kata kontribusi di dalam kalimat tersebut memiliki arti sebagai bentuk kerjasama atau yang merujuk pada sebuah tindakan, yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk kerjasama pada sebuah perusahaan.

“ Sebagai seorang kontributor yang memiliki tanggung jawab, secara rutin Andra selalu mengirim beragam berita yang bermutu. Baik pada perusahaan maupun pada penerbit majalah tersebut.”

Kata kontributor di kalimat tersebut di atas artinya adalah seseorang yang melakukan atau bekerja sama dengan pihak penerbit. Yang dalam hal ini dihubungkan dengan sebuah bentuk objek, tetapi digunakan dalam bentuk subjek atau pelaku.

Demikian pengertian kontribusi secara umum lengkap. Semoga dapat dipahami dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :