Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen

Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen
Rate this post

Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen

Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen – Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai pengertian konruen bangun datar, bangun kongruen, kongruen, sama dan sebagun, segitiga kongruen serta pengertian kongruen. Tidak lupa artikel ini juga akan membahas mengenai syarat segitiga kongruen, contoh soal bangun kongruen dan juga contoh soal segitiga kongruen.

Pengertian Kongruen

Apakah kamu pernah memperhatikan ubin ubin yang dipasang di lantai rumah atau di kelas mu? Ubin-ubin tersebut memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama.

Jika di dalam matematika, dua atau lebih benda yang mempunyai bentuk serta ukuran yang sama, akan disebut dengan benda-benda yang kongruen.

Pada gambar di atas memperlihatkan dua bangun datar, yaitu laying-layang ABCD dan laying-layang PQRS. Panjang antara sisi sisi yang bersesuaian pada kedua laying-layang tersebut sama besar, yaitu AB = QR = AD = RS dan BC=PQ=CD=SP.

Sudut-sudut yang bersesuaian pada kedua layanglayang tersebut juga sama besar, yaitu A = R, C = P, B = Q, dan D = S. Oleh karena itu, layang-layang ABCD dan layang-layang PQRS kongruen, ditulis layang-layang ABCD ≅ layang-layang PQRS.

Dua bangun atau lebih dapat dikatakan kongruen apabila bangun-bangun tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang sama serta sudut-sudut yang sama besar dan juga sesuai.

Di dalam ilmu geometri, kongruen merupakan keadaan di mana dua bangun datar yang memiliki ukuran sama dan sebangun. Semua bangun datar yang sebangun belum tentu kongruen akan tetapi semua bangun datar yang kongruen sudah dapat dipastikan sebangun.

Syarat Segitiga yang Kongruen

Untuk mengetahui apakah segitiga tersebut kongruen atau tidak, cukup dengan cara mengukur setiap sisi dan sudut pada segitiga.

Lalu bandingkan dengan sisi sisi dan sudut sudut yang bersesuaian. Lihat table dan syarat kekongruenan dua segitiga berikut!

ongruen contoh soal kongruen contoh bangun kongruen kongruen dan kesebangunan

Contoh Soal Segitiga Kongruen

Gambar di bawah ini merupakan gambar segitiga samasisi STU. Jika SO tegak lurus TU dan panjang sisi-sisinya 3 cm, buktikan bahwa ΔSTO ≅ ΔSUO.

Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen

Jawab:

 

ΔSTO merupakan segitiga samasisi sehingga ST = TU = US = 3 cm dan Ð STU = Ð TUS = Ð UST = 60°.

SO tegak lurus TU maka Ð SOT = Ð SOU = 90° dan TO = OU sehingga

 

 

Ð OST = 180° – ( Ð STO + Ð TOS)

= 180° − (60°+ 90°) = 30°

Ð USO = 180° − ( Ð SOU + Ð OUS)

= 180° − (90° + 60°) = 30°

 

Oleh karena (i) Ð T = Ð U = 60°

(ii) ST = US = 3 cm

(iii) Ð OST = Ð USO = 30°

 

Terbukti bahwa ΔSTO ≅ ΔSUO

 

Baca Juga:

Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen | penulis oke | 4.5
Shares