Pengertian Kode Etik Dan Tujuannya Lengkap

Posted on

Pengertian Kode Etik Dan Tujuannya Lengkap

Kode Etik – Adalah sistem norma, nilai dan aturan secara profesional yang tertulis dan tegas yang menyatakan baik dan benar, dan juga apa yang tak benar atau tak baik secara profesional. Pengertian kode etik adalah pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan kegiatan/pekerjaan. Kode etik juga merupakan pola aturan atau tata cara yang menjadi pedoman dalam berperilaku.

Pengertian lainnya yaitu aturan tertulis yang secara sistematik dibuat dengan sengaja, dan berdasar pada prinsip moral yang ada. Serta saat dibutuhkan bisa digunakan sebagai alat yang digunakan untuk menghakimi beragam tindakan, yang secara umum dinilai menyimpang dari kode etik.

Tujuan Kode Etik

Di dalam pembentukannya kode etik juga mempunyai tujuan, diantaranya yaitu supaya pekerja profesional bisa memberikan jasanya dengan baik pada para pengguna jasa atau nasabahnya. Dengan adanya kode etik, maka hal itu juga bisa dilindungi dan melindungi perbuatan yang tak profesional. Ketaatan dari tenaga profesional pada kode etik yang merupakan keadaan yang sifatnya naluriah, yang telah bersatu dengan pikiran, jiwa dan juga perilaku dari tenaga profesional.

Demikian ulasan tentang kode etik yang meliputi pengertian dan tujuannya lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Baca Juga :   Etos Kerja – Pengertian, Fungsi, Ciri, Cara Menumbuhkan Dan Faktornya Lengkap