Pengertian Keluarga, Fungsi Keluarga, dan Jenis-jenis Keluarga “Lengkap”

Posted on
Pengertian Keluarga, Fungsi Keluarga, dan Jenis-jenis Keluarga “Lengkap”
Rate this post

Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenis Keluarga Lengkap

Jika berbicara mengenai Pengertian Keluarga, pastinya yang ada di benak mereka adalah terdiri dari beberapa anggota keluarga seperti Ayah, Ibu, Anak serta kerukunan dalam keluarga. Ya, karena memang pada dasarnya ketiga inti pokok tersebut merupakan factor dari terbentuknya sebuah keluarga. Sehingga tanpa adanya salah satu anggota tersebut atau kondisi tersebut maka keluarga tidak akan berjalan dengan baik.

Jika di lihat secara umum pastinya setiap orang pasti sudah mengenal dengan Isitilah yang bernama keluarga. Akan tetapi pada prakteknya masih banyak sebagian orang yang belum mengetahui secara dalam arti dari keluarga atau bagaimana menjalankan fungsi keluarga tersebut.

Lalu, apa sebenarnya yang di maksud dengan keluarga dan apa saja fungsi dari keluarga tersebut dalam kehidupan manusia?

Definisi dan Pengertian Keluarga

Seperti yang di lansir dari Wikipedia Indonesia bahwsanya Pengertian Keluarga merupakan unti paling kecil dari masyarakat yang tersusun berdasarkan kepala keluarga sebagai Ayah (Suami) serta beberapa orang lainnya yang terkumpul dan tinggal bersama dalam rumah dimana dalam kondisi yang saling membutuhkan/ketergantungan.

Fungsi Keluarga Dalam Kehidupan Manusia

Ada banyak sekali fungsi dari keluarga jika di lihat dari kehidupan manusia, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai pendidikan moral awal anak dan juga akhlak
  • Sebagai pembelajaran sosialisasi kehidupan pada anak
  • Sebagai perlindungan pada setiap anggota keluarga yang ada di dalamnya
  • Memberikan perasaan berupa kasih sayang ke sesame anggota keluarga
  • Sebagai pendidikan serta penanaman ilmu agama dalam prakteknya
  • Sebagai penyedia kebutuhan ekonomi untuk setiap anggota keluarga yang belum bisa memenuhi kebutuhan sendiri
  • Sebagai tempat biologis dimana berupa bagian untuk mendapatkan keturunan
  • Memberikan kasih sayang, rasa aman, dan perhatian antar sesama anggota keluarga
  • Sebagai tempat rekreatif pada setiap anggota keluarga dari setiap macam aktifitas kesehariannya
Baca Juga :   5 Manfaat Dasar Negara Untuk Suatu Bangsa Serta Pengertiannya

Jenis – jenis Keluarga

Dari segi pengertian keluarga secara umum, keluarga sendiri terbagi menjadi beberapa golongan/jenis di antaranya keluarga inti, keluarga konjugal, dan keluarga luas. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dari setiap jenis tersebut, silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini.

1. Keluarga Inti

Yang pertam adalah Keluarga inti, yang mana merupakan salah satu jenis keluarga yang besar dan untuk cangkupannya paling kecil. Walaupun demikian, keluarga inti memiliki peranan yang besar dalam kehidupan setiap orang. Anggota keluarga untuk jenis Keluarga ini hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak.

2. Keluarga Konjugal

Kemudian jenis Keluarga yang ke-2 adalah keluarga Konjugal yakni keluarga yang di dalamnya terdiri dari beberapa anggota seperti ayah, ibu, anak, yang juga di lengkapi adanya interaksi orang tua ayah atau ibu (kakek atau nenek). Jika di bandingkan dengan jenis keluarga inti, cakupan keluarga Konjugal jauh lebih luas dan lebih kompleks.

3. Keluarga Luas

Lalu yang ke-3 adalah Keluarga luas, yang mana untuk jenis keluarga ini memiliki anggota/personil yang cakupannya paling besar. Keluarga luas ini terdiri dari keluarga conjugal yang sudah di lengkapi dengan adanya kerabat yang lebih lengkap seperti paman, bibi, sepupu, dan berbagai personel keluarga lainnya.

Bagaimana, apakah dengan membaca ulasan Pengertian Keluarga, Fungsi Keluarga, dan Jenis-jenis Keluarga di atas, sekarang anda paham dengan yang namanya keluarga? Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dari apa yang di maksud dengan keluarga, apa itu keluarga dan lainnya.

Baca Juga :