Pengertian Kata Serapan Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Kata Serapan Dan Contohnya Lengkap

Contoh Kata Serapan – Dalam kosakata bahasa indonesia ada banyak kata-kata di dalamnya, dan mempunyai artian yang sama atau memiliki sinonim. Sinonim/artian yang sama tak hanya satu/dua kata saja, tetapi ada banyak sekali yang sudah mempunyai persamaannya. Sehingga dibutuhkan kosakata yang baru, yang akan memberi penyegar ke dalam kosakata yang lama.

Pengertian Kata Serapan Dan Contohnya Lengkap

Kosakata bisa diserap dari bahasa yang lainnya, atau dalam arti kata serapan yang akan memberi kosakata baru yang tentu akan memberikan artian tersebut.

Pengertian Kata Serapan

Adalah kata di dalam bahasa Indonesia yang di dalamnya merupakan kata serapan atau berasal dari bahasa asing, yang dipakai untuk mencari padanan kata yang dianggap tepat. Cara mengucapkannya dan penulisannya diperoleh dengan disesuaikan pada kaidah standar, atau yang baku dalam EYD.

Seluruh proses penyerapannya bisa dilakukan dengan atau tanpa adanya perubahan, tetapi bisa juga berupa penyesuaian yang diberikan berupa lafal atau ejaan. Dalam penyerapan bahasa itu bisa dilakukan berdasar ketentuan yang diantaranya yaitu :

  1. Istilah yang digunakan untuk diserap bisa dipilih karena cocok dengan konotasinya.
  2. Istilah yang digunakan untuk diserap bisa lebih disingkat dari kata/istilah dalam bahasa Indonesia atau terjemahannya.
  3. Istilah yang digunakan untuk diserap bisa dimudahkan dengan tercapainya kesepakatan saat dalam istilah bahasa Indonesia, yang sudah banyak mengandung sinonimnya.

Contoh Kata Serapan

 

Demikian penjelasan mengenai contoh kata serapan dan pengertiannya lengkap, semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan menambah wawasan untuk anda semua.

Baca Juga :

Baca Juga :   3 Contoh Buku Harian (Diary) dan Cara Membuatnya Dengan Benar