Kartu Kredit – Pengertian, Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan Dan Kerugiannya

Posted on

Pengertian Kartu Kredit – Fungsi, Jenis, Sistem Kerja, Keuntungan Dan Kerugiannya Lengkap

Pengertian Kartu Kredit – Kartu Kredit atau Credit Card yaitu sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk pengguna atau nasabah, dengan kartu itu maka nasabah dapat membeli barang/jasa dari perusahaan yang menerima kartu itu tanpa pembayaran dengan cara tunai/hutang.

Pengertian Kartu Kredit

Menurut wikipedia kartu kredit adalah jenis penyelesaian transaksi ritel (ritail) dan sistem kredit, yang berasal dari kartu plastik yang diterbitkan untuk pengguna. Kartu kredit tak sama dengan kartu debit, yang dimana kartu kredit ini akan meminjamkan uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Secara umum kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, yang sudah dipesifikasi oleh standar ISO 7810.

Definisi lainnya yaitu uang elektronik yang dikeluarkan oleh sebuah instansi, dan memungkinkan pengguna untuk memperoleh kredit dalam transaksi. Pengembalian uangnya bisa dilakukan dengan angsuran, dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Fungsi Kartu Kredit

  • Untuk dana emergency. Dana ini tidak sama dengan dana tambahan/cadangan. Dana emergency adalah dana yang digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat/mendesak. Misalnya harus operasi mendadak, akan melahirkan dan tak ada dananya, dan lain sebagainya.
  • Sebagai dana opportunity. Yaitu untuk mengambil peluang bisnis/investasi yang belum tentu saat kita ada peluang maka kita memiliki dana untuk mengambilnya.
  • Untuk mengumpulkan seluruh pengeluaran bulanan dalam satu tagihan. Sehingga dapat digunakan dengan cara yang efisien. Kartu kredit juga telah memiliki fasilitas dalam pembayaran pengeluaran rutin, seperti tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air dan tagihan lainnya.
  • Untuk mencatat biaya yang keluar dengan rutin, dan menjadikannya mudah dalam mengelola keuangan.
  • Biaya yang dikeluarkan atau pengeluaran tertera dengan rincian di rekening giro dan dapat melakukan cross checking di rumah di akhir bulan.
  • Dapat juga memberi pelayanan asuransi kesehatan, pencurian, perjalanan ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu kredit tersebut. Namun hal tersebut harus dibicarakan dengan bank pada saat transaksi.

Sistem Kerja Kartu Kredit

Ketika melakukan pengajuan dalam membuat kartu kredit, yang harus dilakukan pertama kali adalah mengajukan permohonan kartu kredit pada pihak bank yang menerbitkan kartu tersebut. caranya bisa dengan datang ke bank sambil membawa persyaratan yang diminta oleh bank. Dalam proses pengajuannya, meliputi beberapa hal seperti  Verifikasi data dan persyaratan yang Anda lampirkan, dan juga termasuk melaksanakan survei (apabila dibutuhkan).

Baca Juga :   Kwitansi – Pengertian, Jenis, Ciri Dan Cara Menggunakannya Lengkap

Biasanya bank membutuhkan waktu sekitar 14 hari hingga akhirnya pengajuan anda diterima/ditolak. Saat anda sudah mendapatkan kartu kredit, maka anda akan mengetahui nama perusahaan kartu kredit tersebut. misalnya MasterCard, Visa, American Express, Diners Club, dan lain sebagainya.

Dan ketika anda sudah menjadi pengguna kartu kredit dan melakukan transaksi atau berbelanja di toko/supermaket maka sistem kerjanya yaitu :

  • Anda akan melakukan pembayaran dengan memberi kartu kredit pada kasir, penjaga kasir akan menggesek kartu kredit anda di mesin EDC (Elektronic Data Capture) yang dengan otomatis data yang ada pada kartu kredit Anda akan terbaca.
  • Mesin EDC akan membaca garis magnetik dibalik kartu kredit anda, serta mengirim informasi kunci yang terdapat di sana seperti nomor kartu kredit, plafon, tanggal kadaluarsa, dan lain sebagainya pada bank yang digunakan oleh pemilik toko.
  • Pada waktu yang bersamaan, bank yang bersangkutan juga akan menerima informasi mengenai transaksi yang anda lakukan pada pihak perusahaan penerbit kartu kredit tersebut.
  • Lalu perusahaan kartu kredit akan melakukan pengecekan mengenai validasi kartu kredit pada pihak bank penerbit yang anda gunakan. Misalnya  BNI, BRI, BCA, MANDIRI, BII.
  • Sesudah ada konfirmasi dari pihak bank yang digunakan, pihak perusahaan penerbit kartu kredit pun akan melanjutkan informasi itu pada pihak bank yang digunakan oleh toko tempat anda berbelanja. Kemudian transaksi bisa disetujui oleh mereka.

Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit (Credit Card)

1. Keuntungan Kartu Kredit

Yaitu ketika anda ingin membeli sesuatu dan tak memiliki uang tunai, maka anda dapat membayarnya dengan menggunakan kartu kredit. bahkan kartu kredit bisa dipakai untuk berbelanja online. Namun setiap pembelian dalam jangka waktu satu bulan, maka harus dapat dilunasi.

2. Kerugian Kartu Kredit

Kerugiannya yaitu nasabah seringkali boros dalam berbelanja, karena nasabah tidak merasa mengeluarkan uang dalam memberi barang yang diperlukannya. Padahal hal itu bisa untuk membayar cicilan kartu kredit.

Terkadang kartu kredit menjadi masalah saat dipakai untuk berbelanja online. Sehingga anda harus menggunakannya dengan lebih hati-hati.

Sekian pengertian kartu kredit yang disertai dengan fungsi, jenis, sistem kerja serta keuntungan dan kekurangannya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan anda dengan lengkap. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :