Pengertian Gunung Dan Manfaatnya

Posted on
Pengertian Gunung Dan Manfaatnya
Rate this post

Pengertian Gunung Dan Manfaatnya

Pengertian gunung ialah suatu bentuk tanah menonjol ke atas dari wilayah sekitarnya. Tinggi gunung melebihi tinggi bukit dan juga lebih curam. Selain itu, gunung juga terbentuk dari adanya gerakan tektonik lempeng, kemudian gerakan orogenik ataupun gerakan epeirogenik. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak pengertian gunung dibawah ini.

Manfaat Gunung

Ada banyak sekali manfaat gunung yang bisa di peroleh. Dengan adanya gunung, beberapa hal positif dibawah ini bisa diambil.

Tempat Wisata

Manfaat gunung yang pertama ialah bisa dijadikan sebagai tempat wisata atau rekreasi keluarga. Keindahan gunung dan juga air terjun yang ada di gunung biasa dijadikan objek wisata masyarakat setempat. Selain warga setempat, pengunjung objek wisata ini kebanyakan dari wilayah luar kota.

Menyuburkan Tanah

Manfaat kedua adalah bisa menyuburkan tanah. Manfaat ini bisa diambil dari abu vulkanik yang dihasilkan oleh gunung berapi mampu menjadikan tanah lebih subur sesudah proses panjang hingga bertahun tahun. Inilah sebabnya tanah yang ada disekitar gunung berapi sangat subur sehingga bisa ditanami dengan berbagai jenis sayuran.

Mengeluarkan Material Yang Bermanfaat

Manfaat yang selanjutnya adalah memiliki material yang berguna. Jika gunung tersebut mengalami erupsi lalu mengeluarkan material, maka anda bisa menggunakan material tersebut sebagai bahan pembangunan rumah atau lainnya. Letusan dari gunung berapi bisa menyuburkan tanah serta pasirnya bisa dijadikan sebagai bahan bangunan.

Baca Juga :   3 Isi TRIKORA "Tri Komando Rakyat" Lengkap

Pengatur Iklim Dan Penyimpanan Air

Manfaat gunung yang satu ini bisa dirasakan oleh daerah yang ketinggiannya lebih rendah. Karena aliran air dari atas sangat berguna bagi penduduk di daerah lereng gunung. Selain itu, magma yang dikeluarkan gunung juga bisa membuat terangkatnya barang tambang di atas muka bumi.

Gunung Sebagai Pendakian

Manfaat gunung selanjutnya ialah sebagai tempat pendakian. Sementara dampak yang dihadirkan karena manfaat ini diantaranya dampak positif dengan dampak negative. Untuk dampak negative gunung menjadi lebih kotor karena ada yang membuang sampah sembarangan. Lalu dampak positifnya ialah ada orang-orang yang tergerak pada gaya hidup sehat yang dilakukan dengan pendakian gunung.

Itulah penjelasan tentang pengertian gunung dan juga manfaat adanya gunung bagi kehidupan kita sehari hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga: