Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan & Amplitudo Beserta Satuan, Rumus dan Simbol

Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan & Amplitudo Beserta Satuan, Rumus dan Simbol
Rate this post

Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan & Amplitudo Beserta Satuan, Rumus dan Simbol

Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan dan Amplitudo – Kali ini Saranailmu.com akan memberikan penjelasan yang masih mencangkup ke dalam Ilmu fisika dimana untuk penjelasan tersebut membahas tentang  getaran, frekuensi getaran, periode getaran, simpangan getaran & amplitude beserta satuan, rumus dan simbolnya. Jika anda masih duduk di bangku sekolah SMP tentu akan bertemu dengan materi ini dan untuk di SMA akan di pelajari di kelas X.

Oke, tak perlu panjang lebar karena anda tentu sudah tahu dengan yang namanya getaran? Sebagai contoh umum getaran tersebut adalah ketika anda memetik gitar dan senar gitar tersebut akan bergerak dan inilah yang dinamakan getaran dan sebenarnya bukan hanya pada gitar saja banyak contoh lainnya yang bisa kita ambil seperti Kecapi, ayunan anak-anak, Getaran pita suara ketika berbicara dan masih banyak lainnya.

Pengertian getaran menurut Wikipedia adalah gerak gerak bolak balik melalui titik kesetimbangan atau dengan kata lain Getaran adalah proyeksi dari gerak melingkar beraturan yang diproyeksikan terhadap sumbu tengahnya

Pengertian Frekuensi merupakan dari banyaknya getaran yang terjadi pada setiap waktu|
Rumus : f=N/t

Sedangkan untuk Pengertian Periode adalah jenjang waktu yang di butuhkan oleh suatu benda untuk menempuh atu putaran (satu kali melingkar)
Rumus : T=t/N

Kemudian untuk Simpangan getaran dapat di artikan suatu jarak antara kedudukan benda yang bergetar pada sewaktu-waktu hingga kembali ke kedudukan yang seimbang.
Rumus : y=A.sinθ

Lalu, untuk Pengertian Amplitudo ialah suatu simpangan maksimum yang dilakukan pada peristiwa getaran. Amplitudo sendiri mempunyai simbol A dan satuannya meter (m)

Keterangan :

  • f = Frekuensi (Hertz = Hz)
  • N = Jumlah getaran
  • t = Waktu (sekon = s)
  • T = Periode (sekon = s)
  • A = Amplitudo (meter = m)
  • θ “Dibaca theta” = Sudut elvasi (derajat = °)

Bagaimana, apakah anda sudah mengerti tentang Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan & Amplitudo Beserta Satuan, Rumus dan Simbol. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Pengertian Getaran, Frekuensi, Periode, Simpangan & Amplitudo Beserta Satuan, Rumus dan Simbol | saranailmu | 4.5
Shares