Gaya Hidup – Pengertian, Jenis, Indikator, Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Lengkap

2 min read

Pengertian Gaya Hidup – Jenis, Indikator, Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Lengkap

Macam-Macam Gaya Hidup – Gaya hidup merupakan kata lain dari Life Style, yang artinya adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang dapat berubah sesuai dengan zaman atau keinginan seseorang dalam merubah gaya hidupnya. Gaya hidup bisa diketahui dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain sebagainya. Gaya hidup juga bisa dinilai relatif tergantung dari penilaian orang lain.

Pengertian lainnya yaitu gambaran perbuatan, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana kegiatan seseorang, minat dan ketertarikan dan juga apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri. Yang menjadikan perbedaan statusnya dari orang lain dan lingkungan, melalui lambang sosial yang dimiliki.

Gaya hidup ini juga berarti sebagai seni yang dibudidayakan oleh masing-masing orang. Yang berkaitan dengan perkembangan zaman dan teknologi. Gaya hidup merupakan usaha seseorang dalam membuat dirinya eksis, dengan cara tertentu dan tak sama dengan kelompok lainnya.

Contoh gaya hidup yang baik, antara lain adalah makan dan istirahat dengan teratur, makan makanan 4 sehat dan 5 sempurna dan lain-lain. Lalu contoh gaya hidup tidak baik: berkata-kata tidak sepatutnya, makan sembarangan dan lain-lain.

Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

  1. Pengertian gaya hidup menurut Kotler dan Keller adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup ini menunjukkan keseluruhan diri pada seseorang, dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup juga menggambarkan seluruh pola seseorang dalam berinteraksi serta beraksi di dunia.
  2. Pengertian gaya hidup menurut KBBI adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia dalam masyarakat.
  3. Pengertian gaya hidup menurut Plummer adalah cara hidup seseorang yang diidentifikasikan dengan bagaimana seseorang menghabiskan waktunya atau beraktivitas, apa yang dianggap penting dalam hidupnya atau ketertarikan serta apa yang mereka pikirkan mengenai dunia di sekitarnya.
  4. Pengertian gaya hidup menurut Plummer adalah selera pengikat kelompok dalam (in group) aktor kolektif atau kelompok status, yang berkompetisi dan ditandao dengan kemampuannya dalam memonopoli sumber budaya.
  5. Pengertian gaya hidup menurut Sumarwan adalah penggambaran dengan kegiatan, minat, serta opini seseorang. Biasanya gaya hidup seseorang tidak permanen dan juga cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merk pakaiannya karena menyesuaikan diri dengan perubahan pada hidupnya.
Baca Juga :   Sosialisasi Politik – Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sarananya

Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup

Sunarto menyatakan terdapat tifak indikator gaya hidup seseorang antara lain :

Kegiatan (Activity)

Adalah apa yang dikerjakan oleh konsumen, apa yang dibeli atau dipakai, dan kegiatan apa yang dijalankan untuk mengisi waktu luang. Meskipun kegiatan ini sering diamati, dan alasan untuk perbuatan itu jarang bisa diukur secara langsung.

Minat (Interest)

Adalah objek peristiwa atau topik dalam tingkat kegairahan yang ikut dalam perhatian khusus, atau terus terang padanya. Interest ini bisa berbentuk  kesukaan, kegemaran dan prioritas dalam hidup konsumen itu. Minat adalah apa yang dianggap menarik oleh konsumen untuk memberi waktu serta mengeluarkan uang. Minat adalah faktor pribadi konsumen dalam memberi pengaruh pada proses pengambilan keputusan.

Opini (Opinion)

Adalah pandangan serta perasaan konsumen dalam memberi tanggapan tentang isu global, lokal oran ekonomi dan sosial. Opini ini digunakan dalam memberi deskripsi penafsiran, harapan dan evaluasi, misalnya kepercaan tentang maksud orang lain, dan antisipasi yang berkaitan dengan kejadian di masa datang dan penimbangan konsekuensi yang memberi ganjaran atau menghukum dari jalannya perbuatan alternatif.

Pengukuran gaya hidup bisa dijalankan dengan Psikografik (psychographic). Sumarwan (2011: 58) menyatakan psikografik adalah instrumen dalam pengukuran gaya hidup, yang dapat memberi pengukuran kuantitatif serta dapat digunakan dalam melakukan analisi data yang sangat besar.

Analisis psikografik sering digunakan dalam melihat segmen pasar serta konsumen di berbagai kehidupan, pekerjaan dan kegiatan mereka lainnya. Psikografik biasa dimaknai sebagai pengkuran AIO (Activity, Interest, Opinion) atau pernyataan untuk memberikan gamabran aktifitas, minat dan opini konsumen.

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Amstrong mengatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang antara lain yaitu:

  • Sikap
  • Pengalaman dan pengamatan
  • Kepribadian
  • Konsep
  • Motif
  • Persepsi
  • Kelompok referensi
  • Kelas sosial
  • Keluarga
  • dan Kebudayaan

Demikian macam-macam gaya hidup yang dilengkapi dengan pengertian, indikator dan faktor yang memengaruhinya. Semoga artikel ini berguna bagi anda dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :