Pengertian Flowchart, Simbol , Jenis – Jenis flowchart Serta Perbedaannya Lengkap

Pengertian Flowchart, Simbol , Jenis – Jenis flowchart Serta Perbedaannya Lengkap
Rate this post

Pengertian Flowchart dan Jenis – Jenisnya

Pengertian Flowchart merupakan suatu bagan yang terdiri dari berbagai symbol tertentu yang menjelaskan urutan dari proses secara lengkap atau detail dan menghubungkan antara satu proses dengan yang lainnya pada sebuah program atau lebih. Beberapa symbol yang di gunakan dalam membuat suatu flowchart adalah sebagai berikut :

Simbol-Simbol Flowchart dan Fungsinya

Pengertian Flowchart

Jenis – Jenis flowchart

Sedangkan, di lihat dari jenisnya flowchart terbagi menjadi 5 di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Flowchart Sistem (System Flowchart)
  • Flowchart Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
  • Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
  • Flowchart Program (Program Flowchart)
  • Flowchart Proses (Process Flowchart)

1. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem adalah suatu bagan yang menggambarkan dari alur kerja atau sesuatu yang sedang di kerjakan pada system secara keseluruhan serta menjelaskan dari berbagai urutan berdasarkan prosedur-prosedur yang ada di dalam system tersebut. Atau dengan kata lain, flowchart jenis ini adalah sebuah dekripsi dengan menggambarkan grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terstruktur  yang membentuk dari suatu system.

Flowchart Sistem ini terdiri dari data yang mengalir dari sustem serta proses yang mentransformasikan data tersebut. Sehingga data serta proses dalam flowchart system ini bisa di lakukan secara online ( dapat di hubungkan secara langsung melalui computer) atau offline (tidak di hubungkan dengan computer contohnya seperti mesin tik, kalkulator atau mesin kasir).

2. Flowchart Dokumen

Kemudian untuk yang ke-2 adalah document flowchart (Bagan alir dokumen) atau umumnya di sebut juga bagan alir formulir (form flowchart), paperwork flowchart untuk pengertiannya sendiri merupakan suatu bagan alir yang menjelaskan arus dari laporan dan juga beberapa formulir serta tembusan-tembusannya. Pada flowchart jenis ini menggunakan berbagai symbol yang sama dengan yang digunakan pada flowchart di atas yakni bagan alir sistem.

3. Flowchart Skematik

Yang ke-3 adalah schematic flowchart (Bagan alir skematik) dimana unutk bagan alir jenis ini mirip sekali dengan bagan alir system yakni untuk menjelaskan berbagai prosedur di dalam system. Jika di lihat dari perbedaannya adalah jika pada alir skematik selain menggunakan berbagai symbol bagan alir sistem, juga menggunakan beberapa gambar computer serta tools lainya. Menggunakan berbagai gambar dalam hal ini di maksudkan untuk memudahkan dalam berkomunikasi terhadap orang yang kurang paham dengan penggunaan simbol-simbol bagan alir. Memang, dalam menggunakan gambar-gambar tersebut agar lebih mudah di pahami, namun sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menggambarnya.

4. Flowchart Program

Selanjutnya adalah program flowchart (Bagan alir program) yakni suatu bagan yang menggambarkan secara detail langkah demi langkah dari proses program. Bagan alir program sengaja di buat berdasarkan derivikasi bagan alir sistem.

Bagan alir program sendiri terdiri dari 2 macam di antaranya adalah bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Fungsi dari Bagan alir logika program adalah untuk menggambarkan dari tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Biasanya Bagan alir logika program ini ini di siapkan oleh seorang analis sistem.

5. Flowchart Proses

Lalu yang terakhir adalah Flowchart Proses yakni suatu teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan mengalisis dari setiap langkah selanjutnya pada suatu prosedur atau sistem. Dalam Bagan alir proses umumnya hanya menggunakan 5 buah symbol tersendiri diantaranya adalah sebagai berikut :
Pengertian Flowchart
Dapat di katakana bahwasanya fungsi dari Flowchart Proses ini digunakan oleh seorang perekayasa industrial untuk mempelajari serta mengembangkan dari berbagai proses manufacturing. Sedangkan untuk analisis sistem, flowchart ini di gunakan untuk menelusuri alur suatu laporan atau form secara efektif.

Jenis – Jenis flowchart dan perbedaanya

Secara umum Flowchart dapat di artikan sebagai kumpulan dari berbagai gambar tertentu yang berguna untuk menyatakan alur dari suatu program yang akan di translate ke salah satu bahasa pemograman. Fungsi dari flowchart sama halnya dengan algoritma yakni menuliskan dari suatu program tetapi di tuangkan dalam bentuk gambar atau symbol.

Flowchart terbagi menjadi dua bagian, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Flowchart untuk menggambarkan alur suatu sistem
  • Flowchart untuk menggambarkan alur dari suatu program.

Ternyata masih banyak yang tidak mengetahui mengenai apa perbedaan antara DFD dan Flowchart. Agar lebih memahami hal tersebut silahkan anda simak penjelasan dibawah ini.

Perbedaan antara DFD dan Flowchart

  1. DFD berguna untuk menunjukan alur data pada system sedangkan flowchart system menunjukan alur kerja system atau berbagai prosedur yang ada pada sebuah sistem
  2. Proses dari DFD di lakukan bersamaan atau parallel sedangan flowchart alurnya berurutan
  3. Tidak ada Looping pada DFD sedangkan flowchart kebalikannya yakni ada Looping (perulangan)
  4. Pada DFD tidak ada proses perhitungan sedangan flowchart ada

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah paham mengenai Pengertian Flowchart, Simbol-simbol Flowchart, jenis –jenis Flowchart dan perbedaan perbedaanya. Hanya itu saja yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat

Baca Juga : 

Pengertian Flowchart, Simbol , Jenis – Jenis flowchart Serta Perbedaannya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares