Ekonomi Manajemen : Pengertian Dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Posted on

Pengertian Ekonomi Manajemen Dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Ekonomi Manajemen – Secara umum pengertian dari ekonomi manajemen adalah ilmu serta seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan pada beberapa usaha para anggota organisasi serta pemakaian sumber daya organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ekonomi Manajemen

Lalu manajemen itu sendiri mempunyai kegiatan yang meliputi  memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan juga mengembangkan. Sektor ekonomi serta manajemen memang tak bisa dipisahkah. Karena akan selalu ada keterkaitan antara keduanya.

Sektor manajemen bisa dikatakan sebagai seni, yang dimana seni dalam menyelesaikan pekerjaannya melalui kerja sama dengan orang lain. Aspek perencanaan kepemimpinan, komunikasi serta pengambilan keputusan tentang unsur manusia mengenai cara menggunakan pendekatan dalam manajemen seni.

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli

Pada dasarnya pengertian ekonomi manajemen ini fokus pada istilah manajemen tersebut. manajemen dijadikan ilmu pengetahuan yang secara sistematis bisa memahami, mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kemanusiaan. Berikut ini istilah manajemen ekonomi menurut para ahli :

  1. Menurut Manulang manajemen adalah seni serta ilmu dalam mencatat, pengawasan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan pada sumber daya manusia dalam mencapai tujuannya.
  2. Menurut John D Millet, manajemen adalah proses dalam memberi arahan pekerjaan pada orang-orang di dalam sebuah organisasi dalam mencapai tujuan.
  3. Menurut Harold Koontz dan Cyrill O’ Donel manajemen adalah cara dalam mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lainnya.
  4. Menurut George R. Terry manajemen yang mencapai tujuannya yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan memakai kegiatan orang lain.
  5. Menurut Henry Fayol manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia serta menggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

Prinsip dasar ekonomi manajemen

Ada tiga dasar dari ekonomi manajemen yaitu teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan ilmu administrasi. Berikut penjelasannya masing-masing :

1. Teori ekonomi

Prinsip dasar dalam ekonomi dipakai untuk memprediksi dan juga menerangkan tingkah laku ekonomi. pada umumnya dalam ilmu ekonomi dimulai dengan suatu model, yang dimana model ini nantinya akan menggambarkan kejadian serta mengidentifikasi beragam faktor yang ada di dalamnya. Dalam teori ekonomi ini terbagi dari dua prinsip teori ekonomi yaitu ekonomi mikro dan ekomi makro.

Yang dimana ekonomi mikro tersebut mempelajari tingkah laku ekonomi secara individu. Ekonomi makro secara agrerat melalui hal seperti output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total.

Baca Juga :   Kegiatan Konsumsi : Pengertian, Ciri, Faktor, Tujuan dan Contohnya

2. Ilmu pengambilan keputusan

Saat mengambil keputusan di dalam ekonomi manajemen dibutuhkan sebuah perangkat yaitu matematika ekonomi dan ekonometrik. Kedua ilmua itu berguna untuk membentuk dan mengestimasi model pada perilaku optimal di suatu perusahaan.

Ilmu matematika di dalam ekonomi ini digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan di dalam teori ekonomi atau ekonometrik. Model itu juga menggunakan peralatan statistik di perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan/estimasi.

3. Ilmu administrasi bisnis

Ilmu ini digunakan untuk mengatur administrasi yang dapat berupa pengorganisasian administrasi pada sebuah perusahaan, atau proyek yang sedang dikerjakan. Ilmu ini memiliki peran yang cukup penting di dalam ekonomi manajemen.

Dalam menganalisis pengertian ekonomi manajemen bisa disebut sebagai kombinasi antara teori ekonomi dengan prakteknya. Sehingga beberapa pihak yang menerapkan sistem ekonomi manajemen bisa menentukan keputusan, yang akan diambil dan juga membuat perencanaan di masa yang akan datang.

Contohnya pelaku bisnis yang tentunya akan merasakan manfaat dari pemahaman mengenai ekonomi manajemen, karena akan bisa mengantisipasi serta memprediksi beberapa hal yang mungkin akan menjadi kendala di dalam sistem pergerakan ekonomi di dalam perusahaan.

Sistem ekonomi juga bisa merangsang peningkatan skill dalam proses menganalisa sebuah permasalahan ekonomi, yang sedang dihadapi. Sehingga nantinya bisa memberi solusi yang tepat pada masalah yang dihadapi. Intinya ekonomi manajemen adalah hal penting yang harus dipahami dalam menentukan kebijakan serta keputusan bisnis.

Sehingga tak hanya untuk sebuah perusahaan/organisasi yang mencari profit/keuntungan. Dengan sistem ekonomi manajemen juga bisa digunakan serta dimanfaatkan untuk berbagai lembaga non profit, supaya diperoleh tujuan yang lebih efisien serta optimal dalam menentukan keputusan.

Penentuan keputusan di dalam ekonomi manajemen biasanya merupakan hasil dari penggabungan unsur-unsur yang terlibat di dalamnya. seperti misalnya tujuan perusahaan, pengidentifikasian masalah, penerapan dan pengembangan berbagai alternatif solusi, sampai dengan penerapan keputusan itu sendiri.

Itulah ulasan tentang ekonomi manajemen yang disertai dengan pengertian, serta prinsip dasarnya lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan anda. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :