Pengertian E-Money – Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan Dan Kerugiannya Lengkap

Posted on

Pengertian E-Money – Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan Dan Kerugiannya Lengkap

Manfaat E-Money – Menurut Wikipedia E-money/uang elektronik (uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik. Biasanya pemakaian E-Money menggunakan jaringan internet serta sistem penyimpanan harga digital.

Pengertian lainnya adalah alat pembayaran yang menggunakan media elektronik yaitu jaringan komputer dan internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan pada media elektronik tertentu. E-Money juga sering disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency maupun Digital Currency.

E-Money ini aman digunakan, bahkan ilmu kriptografi menyebutkan juga bahwa uang elektronik sangat sulit dibajak/diretas. Sehingga tak ada kekhawatiran dalam menggunakan uang ini.

Manfaat E-Money

Berikut ini manfaat dari penggunaan E-Money, diantaranya yaitu :

  1. Memberikan kemudahan, kecepatan dan praktis dalam melaksanakan transaksi pembayaran. Dan membuat kita tak kesulitan dalam menyiapkan uang saat membayar.
  2. Tidak memerlukan uang kembalian dengan wujud barang seperti menggunakan permen, karena dengan E-Money maka pihak merchant hanya memerlukan kliring secara langsung dengan jaringan komputer.
  3. Pengaplikasiannya mudah karena bisa dipakai untuk berbagai jenis transaksi massal yang bernilai kecil, dengan frekuensi yang tinggi. Seperti misalnya membayar tol, membayar tiket transportasi, parkir, fast food dan lain-lain.

Jenis-Jenis E-Money

Berdasarkan jenisnya E-Money dibagi menjadi dua macam. Yaitu :

Prepaid Software

Biasanya disebut dengan digital cash, yaitu E-Money yang nilainya tersimpan pada hard disk PC. Untuk memindahkan dananya diperlukan jaringan internet.

Prepaid Card

Biasanya disebut dengan electronic purches, yaitu E-Money yang nilainya disimpan dahulu di sebuah chip yang ditanamkan pada kartu. Contohnya FlAZZ BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid.

FlAZZ BCA adalah contoh kartu prepaid yang pertama yang memakai sistem E-Money. Bank BCA adalah bank pertama yang memanfaatkan kecanggihan E-Money dengan mengeluarkan prepaid card dengan teknologi canggih.

Anda bisa menggunakan kartu ini untuk beberapa merchant yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak BCA. Dan Mandiri E-Money adalah prepaid card yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri, Brizzi dikeluarkan oleh Bank BRI dan BNI Prepaid dikeluarkan oleh Bank BNI.

Baca Juga :   2 Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta "Dengan Benar"

Selain bank tersebut di atas, ada pula lembaga non perbankan yang ikut mengeluarkan prepaid card seperti misalnya Telkomsel.

Penggunaan E-Money tidak memerlukan proses otorisasi seperti pada penggunaan PIN atau tanda tangan, karena E-Money tak berkaitan langsung dengan rekening nasabah yang ada di Bank. Pemakaian E-Money tidak membebankan pembayaran pada rekening bank, seperti pada kartu kredit dan debit. Sebagaimana prepaid card lainnya, anda juga bisa melakukan top up pada kartu tersebut.

Kriteria E-Money

E-Money adalah alat pembayaran, dengan kriteria sebagai berikut :

  • Dikeluarkan atas dasar nilai uang yang disetorkan oleh pemegang lebih dulu kepada penerbit.
  • Nilai uang yang tersimpan pada E-Money merupakan dengan cara elektronik dalam sebuah media seperti server atau chip.
  • Dipakai sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan suatu penerbit uang elektronik tersebut.
  • Nilai uang e-money yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan sebuah simpanan sebagaimana dimaksud dalam perundang-undangan yang mengatur tentang perbankan.

Keuntungan E-Money

  1. Kita tidak harus membawa uang tunai saat berbelanja atau untuk membayar parkir, dan bisa menggunakan di tempat yang telah disediakan alat khususnya untuk E-Money itu.
  2. Transaksi menjadi sangat akurat karena diolah oleh komputer dan mesin.
  3. Anda tidak harus menunggu uang kembalian karena jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah yang yang dikeluarkan.
  4. Adanya database yang bisa mencatat semua transaksi yang dilakukan menjadikan anda tidak harus mengingat untuk apa saja uang Anda tersebut terpakai.
  5. Transaksi lebih cepat.

Kekurangan E-Money

  1. Riskan untuk dibajak atau diretas karena memakai sistem elektronik dan internet.
  2. Adanya resiko data hilang karena kesalahan software.
  3. Tidak semua tempat mempunyai alat yang digunakan untuk pemakaian digital money tersebut dan juga belum semua tempat memberlakukan e-money di merchantnya.
  4. Uang yang sudah disimpan dalam e-money akan hilang apabila Anda menghilangkan kartu atau alat yang dipakai untuk menyimpan uang tersebut.

Demikianlah Manfaat E-Money yang diikuti dengan pengertiannya, jenis, kriteria, keuntungan serta kerugiannya. Semoga dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga :