Pengertian dan Ciri ciri Demokrasi Pancasila Indonesia Lengkap

Pengertian dan Ciri ciri Demokrasi Pancasila Indonesia Lengkap
Rate this post

Pengertian Demokrasi Pancasila Indonesia

Pengertian Demokrasi Pancasila – Bila di artikan secara umum, demokrasi merupakan system yang di gunakan oleh kenegaraan atau sebagai system pemerintahan yang memiliki fungsi atau tujuan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat terhadap Negara dan memiliki berbagau hak yang sejajar dalam mengambil keputusan dalam mengubah hidup mereka. Bisa dibilang, pada demokrasi yang menjadi paling utama di sebuah Negara tersebut ialah rakyat. Berbagai kegiatan demokrasi bisa kita lihat sendiri didalam negri Indonesia misalnya pada pemilihan kepala daerah yang mana masyarakat lah yang memilih pemimpin sesuai kehendak mereka. Untuk mengenai Pengertian Demokrasi secara luas dan menurut para ahli dapat anda lihat selengkapnya disini : 25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Sistem demokrasi yang digunakan di Negara Indonesia adalah demokrasi Pancasila. Sedangkan untuk pengertian dari demokrasi Pancasila ini adalah suatu demokrasi yang dijalankan dengan menguatamakan asas musyawarah mufakat yang mana hasil musyawarah mufakat tersebut untuk kepentingan bersama (Rakyat) yang bersumber daripada kepribadian serta filsafat hidup Indonesia.

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang Ideologinya ada pada Pancasila, Maka dari itu pada sila yang ada di ke-5 pancasila tersebut harus di amalkan dalam kehidupkan sehari-hari pada setiap rakyatnya, hal ini di lakukan semata-mata untuk menunjung tinggi Negara kita. Pancasila di kememukakan oleh Presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno di dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945, maka pada setiap 1 Juni di tetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Sebagai warga Negara Indonesia dan merupakan generasi penerus bangsa maka wajib untuk menunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Rasa nasionalisme dengan di dukung berbagai sikap yang positif dalam setiap menjalani kehdupan yang bernegar dan berbangsa. Yang mana semua hal di lakukan tersebut adalah untuk kepentingan diri sendiri dan bersaama demi kemajuan serta kesejahteraan bangsa Indonesia.

Ciri Ciri Demokrasi Pancasila

  • Demokrasi Pancasila merupakan system demokrasi yang menjadi pondasi atau dasar dari asas kekeluargaan serta gotong-royong. Hal ini bertujuan untuk kesehjateraan rakyat, dimana mengandung berbagai unsur-unsur kesadaran religious di antaranya berdasarkan kebenaran, kecintaan dan budi pekerti luhur, berkepribadian Indonesia dan berkesinambungan.
  • Demokrasi Pancasila menggunakan system yang terorganisasi yang di lakukan oleh rakyat atau persetujuan oleh rakyat.
  • Pada demokrasi Pancasila, untuk kebebasan individu bersifat tidak mutlak, akan tetapi harus diselaraskan atau disesuaikan atas tanggung jawab sosial.
  • Pada demokrasi Pancasila, Keseluruhan dari cita-cita demokrasi di kombinasikan dengan cita-cita hidup bangsa Indonesia yang di dasarkan dengan semangat kekeluargaan, sehingga tidak adanya mayoritas atau minoritas.

Asas Demokrasi Pancasila

Pada demokrasi pancasila, memiliki 2 asas yang membentuk di antaranyab adalah :

  1. Asas Kerakyatan, adalah asas yang berdasarkan dari kesadaran serta kecintaan terhadap rakyat, menunggal atas nasin dan cita-cita rakyat dan juga memiliki jiwa kerakyatan atau dengan kata lain memiliki arti menghayati terhadap kesadaran senasib serta memiliki cita-cita yang sama dengan rakyat.
  2. Asas musyawarah untuk mufakat, adalah asas yang lebih mengutamakan serta menghargai aspirasi semua rakyat yang jumlahnya sangat banyak dengan melakukan suatu forum atau pertemuan permusyawaratan bertujuan membahas agar dapat menyatukan berbagai pendapat yang hasilnya menjadi keputusan mufakat.

Namun, jika dilihat dari kenyataannya seperti sekarang ini, demokrasi Pancasila di Indonesia telah di kotori dengan sikap serta ulah wakil rakyat yang tidak memiliki rasa tanggung jawab, dimana mereka hanya mementikan kekuasaan saja dan mengabaikan semua keinginan rakyat. Bahkan sudah banyak wakil rakyat yang melakukan tindak korupsi padahal di Indonesia masih banyak warga miskin yang mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Tidak hanya sampai disitu saja, aspirasi rakyat Indonesia untuk memajukan Indonesia agar menjadi lebih baik pun seakan di anggap angin lalu, aspirasi rakyat tersebut mengudara dan hilang begitu saja. Sekarang, demokrasi hanya sebatas kiasan saja dan pada kenyataannya seperti yang anda lihat kekuasaan Indonesia dapat mengalahkan kedaulatan rakyat.

Hingga kini Pancasila tetap ada, tapi untuk keberadaannya sudah mulai di lupakan bahkan sebagian besar rasa kepancasilaan masih harus di pertanyakan, Kenapa? Hal ini di karenakan masih banyak masyarakat dari berbagai elemen tidak sepenuh hati menjunjung pedoman yang sudah tertuang pada pancasila yang mana di tujukan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai Pengertian Demokrasi Pancasila semoga dengan tulisan di atas dapat membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan sadar bahwa pancasila semata-mata sangat di butuhkan untuk kepentingan kemajuan bangsa dan berngara khususnya untuk kepentingan bersama. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Pengertian dan Ciri ciri Demokrasi Pancasila Indonesia Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares