Pengertian Demokrasi Liberal dan Ciri cirinya Lengkap

Posted on
Pengertian Demokrasi Liberal dan Ciri cirinya Lengkap
Rate this post

Pengertian Demokrasi Liberal dan Ciri cirinya Secara Umum Lengkap

Pengertian Demokrasi Liberal adalah suatu system politik yang melindungi secara konstitusional dari berbagai hak pada setiap Individu terhadap kekuasaan pemerintah. Adanya berbagai keputusan orang banyak (Mayoritas) di tetapkan di sebagian besar pada bidang-bidang kebijakan pemerintah dibawah pembatasan-pembatasan bertujuan keputusan pemerintah tersebut tidak melanggar kemerdekaan serta berbagai Hak Individu seperti yang telah di cantumkan di dalam konstitusi.

Demokrasi liberal di pergunakan dalam menjelaskan sistem politik dan demokrasi barat di negaras Britania Raya, Amerika Serikat  dan Kanada. Konstitusi tersebut atau yang di gunakan bisa berupa system republik (Perancis, Amerika Serikat, India) atau monarki konstitusional (Spanyol, Britania Raya). Biasanya Demokrasi liberal di gunakan pada beberapa Negara yang menganut system kepresidenan di antaranya seperti Amerika Serikat, kemudian menggunakan sistem parlementer atau sistem Westminster di antaranya seperti Negara Britania Raya dan Negara-Negara Persemakmuran lainnya atau beberapa Negara dengan menggunakan system semipresidensial seperti Perancis.

Untuk pertama kali Demokrasi liberal ini di kemukakan oleh seorang ahli teori social di antaranya  Thomas Hobbes, John Locke, dan Jean-Jacques Rousseau di Abad Pencerahan. Demokrasi Liberal ini memiliki beberapa cirri khusus di antaranya adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Demokrasi Liberal

  1. Kekuasaan eksekutif di kendalikan oleh peraturan perundangan
  2. Kekuasaan eksekutif di kendalikan secara konstitusional
  3. Pengendalian terhadap Negara, alokasi sumber daya alam dan manusia bisa di Kontrol
  4. Beberapa kelompok minoritas seperti agama, etnis boleh ikut berjuang, untuk memperjuangkan dirinya

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian Demokrasi Liberal, mungkin penjelasan di atas terlalu singkat. Hal ini di lakukan agar pembaca bisa lebih paham dengan menguraikan beberapa penjelasan Pengertian Demokrasi Liberal di atas dengan Poin-Poin utama, jadi pembaca bisa langsung mendapatkan kesimpulan yang tepat. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :   Pengertian Keluarga, Fungsi Keluarga, dan Jenis-jenis Keluarga “Lengkap”

Baca Juga :