Pengertian dan Prinsip Budaya Demokrasi Beserta Contohnya Lengkap

Posted on
Pengertian dan Prinsip Budaya Demokrasi Beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Pengertian dan Prinsip Budaya Demokrasi Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Budaya Demokrasi – Jika di artikan secara umum adalah suatu pola pikir serta sikap dari warga masyarakat yang ber-atas dasarakan dari berbagai nilai kemerdekaan, persamaan dan memiliki rasa persaudaran terhadap manusia lainnya, saling mempercayai satu dengan yang yang lain, toleransi serta kompromi.

Sedangkan, Pengertian budaya demokrasi jika di lihat dari segi etimologi dapat di artikan berupa sikap dan kegiatan manusia yang mencerminkan berbagai nilai dari demokrasi di antaranya seperti saling menghargai, kebersamaan, kebebasan dan peraturan. Salah satu bentuk penerapan serta mengaplikasikan dari berbagai nilai serta prinsip demokrasi adalah Budaya demokrasi

Seperti yang kita tahu bahwa Budaya demokrasi terdiri atas 2 suku kata yakni budaya dan demokrasi. Dimana Budaya merupakan suatu hasik keahlian dari akan manusia pada lingkungan kehidupannya. Sedangkan arti dari demokrasi sendiri ialah berupa keadaan Negara dengan sistem pemerintahan yang semua keputusan dana kekuasaan tertingginya ada di tangan rakyat.

Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi

Prinsip Budaya Demokrasi merupakan suatu penerapan dari berbagai prinsip demokrasi yang ada pada kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga terlahirlah budaya demokrasi. Ada beberapa prinsip budaya demokrasi di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki jaminan HAM (Hak Asasi Manusia), karena ini merupakan hak yang paling utama atau paling dasar yang melekat semenjak lahir dan HAM merupakan suatu anugerah yang di berikan dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga tidak bisa di rampas oleh siapa saja termasuk Negara itu sendiri.
  2. Adanya persamaan kedudukan ketika berada di depan hukum, hal ini di lakukan agar tidak adanya sikap diskriminasi dan ketidakadilan ditujukan bagi siapa saja yang melanggar hukum dan harus menerima sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.
  3. Adanya pengakuan hak politik misalnya seperti berorganisasi, Bersoposisi, berkumpul serta hak dalam mengeluarkan pendapat.
  4. Pengawasan atau pengendalian bagi pemerintah terhadap dari demokrasi itu sendiri
  5. Pemerintah Berdasarkan dari konstitusi, hal ini di lakukan agar tidak ada penyalahgunaan kekusasaan yang di lakukan oleh pemerintah terhadap rakyatnya.
  6. Adanya saran serta kritik dari rakyat mengenai kinerja pemerintah terhadap media massa atau wakil rakyat sebagai wadah aspirasi rakyat.
  7. Pemilihan umum bebas, jujur dan adil
  8. Memiliki kedaulatan rakyat.
Baca Juga :   25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Prinsip Budaya Demokrasi Menurut Miriam Budiardjo

Menurut salah satu para ahli bernama Miriam Budiardjo, ia menejelaskan bahwasanya prinsip-prinsip budaya demokrasi adalah sebagai berikut.

  1. Perlindungan konstitusional, dapat di artikan dimana konstitusi bukan hanya menjadi berbagai hak individu, akan tetapi menentukan bagaimana cara mendapatkan perlindungan atas hak-hak yang dimilikinya.
  2. Badan kehakiman bebas dan tidak memihak
  3. Pemilihan umum yang bebas dan adil
  4. Kebebasan umum untuk memberikan pendapat
  5. Kebebasan untuk berserikat atau berorganisasi dan beroposisi
  6. Pendidikan kewarganegaraan

Contoh Budaya Demokrasi di Kehidupan Bermasyarakat

  1. Ikut memilih dalam pemilihan umum
  2. Turut serta dalam pemilihan kepala daerah
  3. Ikut menjadi saksi dalam dalam pembagian kekuasaan
  4. Kebebasan pers
  5. Kesejahteraan umum
  6. Menghargai perbedaan dari berbagai suku bangsa, agama, ras serta golongan
  7. Lebih mengutamakan musyawarah mufakat untuk setiap menyelesaikan berbagai masalah yang ada
  8. Melakukan musyawarah desa

Dengan membaca berbagai penjelasan Pengertian Budaya Demokrasi, Prinsip-Prinsip & Contohnya diatas, tentunya anda sekarang sudah mengerti mengenai Pengertian Budaya Demokrasi Indonesia. Silahkan anda tentukan kesimpulan sendiri dan bisa anda jadikan sebagai refrensi untuk menyelesaikan berbagai makalah.

Baca Juga :