Pengertian dan Macam macam Flora di Indonesia Lengkap

Pengertian dan Macam macam Flora di Indonesia Lengkap
Rate this post

Flora dapat diartikan sebagai aneka macam tumbuh-tumbuhan termasuk rerumputan, bunga, sampai berbagai macam pepohonan yang hidup di suatu tempat. Di Indonesia sendiri, terdapat ribuan jenis tanaman yang mencakup lebih dari sepuluh persen jenis flora yang ada di dunia. Bahkan beberapa flora di Indonesia ini bersifat endemik, maksudnya hanya dapat tumbuh di wilayah tertentu tidak ada di tempat lain.

Berkat kekayaaan floranya, Indonesia dinobatkan menjadi salah satu dari 17 negara megadiversitas. Negara-negara ini menjadi prioritas dalam pelestarian flora dan bertanggung jawab atas pemanfaatannya yang bersifat berkelanjutan. Berikut ini akan dibahas mengenai keanekaragaman flora di Indonesia yang meliputi faktor persebarannya dan beberapa contoh flora yang bersifat endemik.

Faktor Penyebab Tersebarnya Flora di Wilayah Indonesia

Ribuan jenis flora Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke secara tidak merata. Persebarannya tersebut lantaran terjadi karena berbagai hal. Berikut adalah factor-faktor yang mempengaruhi persebarannya:

1. Kondisi Tanah

Indonesia memiliki beragam jenis tanah, seperti tanah gambut, tanah kapur, tanah alluvial, tanah vulkanis, tanah litosol, dan lain-lain. Tentunya tanah-tanah tersebut tidak semua cocok sebagai tempat tumbuh tanaman, hanya tanaman tertentu saja. Misalnya tanah kapur Gunungkidul cocok untuk palawija dan tembakau, tanah litosol Papua yang hanya cocok untuk sagu, kelapa, pepohonan besar, dan lain-lain.

2. Iklim

Di Indonesia terdapat dua iklim, kemarau dan penghujan, Masing-masing memberikan pengaruh terhadap kelembapan udara, arah angin, suhu, dan kondisi air. Daerah yang kering tentu saja hanya cocok untuk tumbuhan berdaun tebal seperti kaktus, pohon jati, dan buah naga. Daerah lembab umumnya digunakan untuk budidaya jamur. Daerah dingin seperti pegunungan, baik untuk tanaman teh dan strawberry.

Baca Juga :   Pengertian Flora Dan Fauna Secara Umum

3. Topografi

Daerah dengan topografi miring, dengan mudah air akan menyebabkan tanah semakin tidak memiliki ketebalan karena terkikis. Jumlah tanaman yang dapat tumbuh pada daerah tersebut pun cenderung sedikit, misalnya ubi dan wijen. Tanah yang bertopografi cenderung datar lebih berpotensi sebagai tempat baik bagi tumbuhnya tanaman.

4. Faktor Geologi

Faktor geologi memberikan pengaruh terbesar dalam persebaran flora di Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa dulunya daratan di dunia ini adalah satu, namun dapat terpisah menjadi jutaan pulau akibat dari revolusi alam. Akibatnya, terdapat perbedaan antara flora di Indonesia bagian barat dan timur. Flora bagian timur didominasi oleh tanaman sagu, kopra, dan kelapa. Sedangkan flora bagian barat terdapat berbagai macam buah dan sayuran.

Flora Endemik Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya berbangga diri atas kehadiran begitu banyak jenis flora yang belum tentu di semua negara ada. Dengan kata lain, disebut dengan flora endemik. Contohnya:

1. Anggrek HItam di Kalimantan
2. Kayu Eboni di Sulawesi
3. Sawo Kecik di Jawa
4. Pohon Matoa di irian Jaya
5. Rafflesia Arnoldi di Bengkulu
6. Rafflesia Patma di pangandaran
7. Bambu Manggong di Jawa
8. Pohon Kepel di Jawa
9. Bunga Bangkai di Sumatera
10. Kayu Cendana di Nusa Tenggara

Baca Juga :

Pengertian dan Macam macam Flora di Indonesia Lengkap | penulis oke | 4.5