Pengertian dan Jenis-Jenis Printer Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on
Pengertian dan Jenis-Jenis Printer Beserta Fungsinya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer Beserta Fungsinya Lengkap

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer, Serta Fungsinya – Jika di artikan Printer merupakan sebuah alat yang menampilkan data dalam bentuk hasil cetakan berupa teks, gambar dan lainnya di atas kertas. Ada beberapa bagian dari printer yakni (picker) yang berfungsi sebagai alat pengambil kertas dari tray (Baki). Pengertian dari baki sendiri adalah sebuah tempat yang di rancang khusus untuk menaruh kertas. Kemudian Tinta atau Toner (Tinta Bubuk) merupakan alat pencetak sebenarnya, karena pada dasarnya Tinta di ciptakan untuk menulis/mencetak kertas.

Yang membedakan antara tinta bubuk (toner) dan tinta adalah dari segi system, dimana untuk tinta bubuk atau laser butuh pemanasan sedangkan tinta cair tidak memerlukan pemanasan, jadi hanya butuh pembersihan pada hulu pencetak (print-head).

Ada pula bagian lainnya dari printer yakni kabel lentur yang berfungsi sebagai pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini bentuknya tipis dan lentur tetapi memiliki daya yang kuat. Di bagian belakang pencetakan terdapat beberapa colokan yang sejajar atau USB sebagai penghubung ke PC/Laptop.

Komponen elektronik yang ada pada mesin pencetak (Printer) sebenarnya sama dengan komponen elektronik yang ada pada computer. Sedangkan untuk jenis Printer sendiri ada 6 Jenis yakni Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

Jenis – Jenis Printer

1. Printer Dot Matrix

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer, Serta Fungsinya

Dot Matrix adalah printer dengan jenis yang menggunakan pita sebagai alat mencetak. Karena menggunakan Pita sebagai alat mencetak maka untuk hasil cetakan di kertas kurang baik, kasar dan buram. Umumnya di gunakan untuk keperluan mencetak Invoice, Struk, Purchase Order dan keperluan kantor lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Virus Komputer dan Cara Mengatasinya Dengan “Mudah dan Ampuh”

2. Printer Ink Jet

Pengertian dan Jenis-Jenis Printer, Serta Fungsinya

Printer Ink Jet merupakan alat percetakan yang menggunakan tinta sebagai alat cetaknya. Printer jenis ini paling banyak di gunakan dan sekarang sudah mampu mencetak kertas dengan berbagai ukuran yang besar dan memiliki kualitas terbaik.

3. Printer Laser Jet

Kemudian untuk yang ke-3 adalah printer laser jet yang mana Printer jenis ini yang metode percetakannya menggunakan Toner (Tinta Bubuk) dan menggunakan perangkat infra merah. Untuk hasil cetakannya pun lebih bagus di bandingkan dengan kedua printer yang telah di sebutkan di atas. Selain itu keunggulan dari Printer jenis ini adalah cepat dalam proses percetakan serta hasilnya lebih kering sama seperti hasil fotocopy.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Printer, sehingga kita lebih paham serta mendapatkan pengetahuan dalam membedakan baik itu Printer Dot Matrix, Ink Jet mapun Laser jet. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :