RAM Komputer : Pengertian dan Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Posted on
RAM Komputer : Pengertian dan Fungsi dan Jenis-Jenisnya Lengkap
5 (100%) 2 vote[s]

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis RAM Pada Komputer

Pengertian RAM dan Fungsinya Pada Komputer – Seperti yang kita tahu bahwa saat ini semua pekerjaan bisa dengan mudah terselesaikan dengan menggunakan Komputer khususnya dalam membuat data perhitungan. Nah, bagi anda sebagai pengguna computer tentu tidak asing lagi dengan yang namanya RAM, namun apa sebenarnya RAM itu dan apa fungsinya pada computer? Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut anda bisa simak penjelasan lengkap dibawah ini.

RAM merupakan singkatan dari Random Access  Memory, yang mana merupakan salah satu komponen penting pada computer yakni berupa memori sebagai tempat menyimpan data sementara dan untuk cara kerjanya sendiri pada saat computer di jalankan pertama kali akan mengaksesnya secara acak (Random).

Fungsi RAM Pada Komputer

Fungsi dari RAM sendiri adalah untuk mempercepat pemrosesan data di PC/Laptop/HP. Jadi bisa di bilang jika semakin besar RAM tersebut maka akan semakin cepat pula computer tersebut di beroperasi. Yang menjadikan RAM dapat mempercepat kinerja pada computer adalah karena RAM menyediakan ruangan penyimpanan sementara berguna untuk menyimpan berbagai data yang mudah di ambil sehingga bisa mempercepat kinerja saat program di akses.

Bentuk fisikdari RAM PC ini berupa rangkaian elektronik seperti CHIP. Untuk memasang RAM tersebut pada PC/Laptop caranya dengan memasukan pada slot RAM yang di sediakan pada Motherboard. Sedangkan untuk jenis Slot RAM dan RAM memiliki banyak macam jenisnya. Untuk lebih jelasnya mengenai Jenis-jenis RAM dapat anda lihat selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga :   20 Pengertian Website Menurut Para Ahli Lengkap

Jenis-jenis RAM (Random Access  Memory)

Berikut ini beberapa jenis RAM pada Komputer, di antaranya adalah :

RAM (Dynamic RAM)

yakni salah satu jenis RAM yang secara berkala harus di segarkan oleh CPU (Central Processing Unit). Hal ini di lakukan bertujuan agar data yang di ambilnya tidak menghilang.

SDRAM

dimana merupakan singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory. Jenis RAM yang satu ini adalah kelanjutan dari DRAM, namun telah tersyncronisasi dari clock system dan lebih cepat di bandingkan dengan DRAM.

DDR RAM

yang merupakan singkatan dari Double Rate Random Access Memory. DDR RAM ini umumnya disebut dengan DDR saja. Untuk jenis RAM yang satu ini adalah teknologi terusan/kelanjutan dari SDRAM. Adapula kelanjutan DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM).

RDRAM

yang mana merupakan singkatan dari Rambus Dynamic Access Memory. RAM jenis ini merupakan yang paling cepat dan harganya pun lebih mahal di bandingkan dengan SDRAM. Memory jenis ini dapat di pasangkan pada computer Pentium 4 (empat).

SRAM

atau Static Random Access Memory yang merupakan salah satu jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU. Untuk jenis RAM yang satu ini memiliki kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.

EDORAM

dimana merupakan singkatan dari “Extended Data Out Random Access Memory” yakni salah satu jenis di antara banyaknya jenis Memory yang di gunakan pada computer Pentium. RAM jenis ini bisa menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga untuk pembacaan maupun penulisannya lebih cepat.

Hany itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Ram Dan Fungsinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengenal lebih dalam arti dari RAM itu sendiri dan tentunya menambah wawasan kita dalam memilih computer berdasarkan Jenis RAM yang digunakan. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :