Pengertian COD (Cash On Delivery) Beserta Definisinya Lengkap

Posted on
Pengertian COD (Cash On Delivery) Beserta Definisinya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian COD (Cash On Delivery) Beserta Definisinya Lengkap

COD salah satu istilah yang umum di gunakan dalam jual beli Online untuk beberapa produk tertentu. Cash on Delivery atau COD mungkin sudah biasa terdengar bagi anda yang sering melakukan transaksi Online, Tapi apa arti sebenarnya dari Cash on Delivery (COD) itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan agar pembaca lebih paham silahkan anda simak ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian COD (Cash on Delivery)

Cod merupakan singkatan dari Cash on Delivery, yang mana berasal dari 2 suku kata yakni “cash” dan “delivery”, jadi dengan makna yang lebih ringkas adalah suatu layanan bagi konsumen/buyer sepakat terhadap penjual untuk melakukan pembayaran pada saat barang yang di belinya sampai terlebih dahulu ke alamat pengirim. Alamat yang di maksud dalam hal ini seperti Alamat Rumah, kantor atau orang lain yang anda kenal dan anda berada di tempat tersebut. Sehingga anda tidak membeli suatu barang tanpa melihat kondisi dari barang tersebut isitilahnya “membeli kucing dalam karung”. Jadi, pada saat barang sudah sampai di alamat yang sudah ditentukan buyer dan penjual setuju, maka di lakukan pengetesan apakah baik dan bisa di gunakan sesuai dengan keinginan maka pembeli baru membayarkan sejumlah uang yang sudah disepakati.

Umumnya semua toko atau perusahaan jual beli yang resmi (Legal) sangat setuju dan tidak akan menolak dengan menggunakan system layanan COD. Pasalnya COD (Cash On Delivery) tidak merugikan antara kedua belah pihak. Mungkin sebagian dari toko jual beli yang menolak dengan system Cod merupakan toko penipuan. Jadi, sebagai Buyer yang pintar harus lebih teliti dahulu sebelum melakukan transaksi khususnya Jual beli Online, sebaiknya lihat kondisinya, cek, jika bagus baru bayar.

Jangkauan dam Ketentuan Layanan COD

Walaupun COD merupakan alternative system transaksi yang paling baik dalam dunia bisnis online, namun ada beberapa pengecualian yang perlu anda ketahui.

  1. Pada wilayah tertentu COD tidak bisa di lakukan. Hal ini tentunya sudah jalas, bagaimana tidak jika lokasi penjual berada di Jakarta kemudian minta di antar langsung ke Bandar Lampung pastinya tidak bisa di lakukan. Kemungkinan menggunakan transaksi layanan COD adalah penjual dengan pembeli berada dalam satu kawasan yang dapat terjangkau dan kedua pihak setuju. Agar lebih mudah si penjual Online harus mencantumkan layanan COD hanya bisa di lakukan pada wilayah tertentu, misalnya : Cod hanya melayani khusus Jakarta atau Cod hanya bisa di lakukan di sekitar kota Bandar Lampung.
  2. Kemudain yang kedua adalah COD biasanya akan mengenakan kepada penjuak berupa biaya tambahan seperti Ongkir (Ongkos Kirim). Hal ini tentunya wajar saja jika taransaksi yang di lakukan di luar dari jangkauan kesepakatan layanan Cod. Contohnya : Pada sebuah toko yang lokasinya berada di Batam yang hanya memberikan layanan Cod di sekitaran Kota Batam, tentu jika pembeli masih berada di sekitaran kota batam tidak akan di kenakan biaya. Tapi jika pembeli berada di luar kota batam, maka akan di kenakan biaya Ongkir, tenang! Karena ongkir tersebut cukup terjangkau kok tidak sampai melebihi harga dari barang yang anda beli umumnya antara Rp 15.000 – Rp 20.000 saja, dan jika jaraknya lebih jauh bisa jadi lebih mahal sedikit yakni sekitaran Rp 30.000. Namun hal ini kembali lagi kepada penjual dan pembeli dan sama-sama setuju dengan ketentuan yang di sepakati.
Baca Juga :   Pengertian Sampel dan Definisinya Menurut Para Ahli Lengkap

Agar anda bisa dengan aman dan nyaman dalam berbelanja Online pastikan toko yang anda beli barangnya menyediakan layanan COD. Atau jika toko tersebut masih bisa di jangkau dengan kendaraan atau masih dekat kunjungi saja tokonya. Dan pastikan anda membaca ketentuan yang berlaku pada toko yang akan anda beli barangnya.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah paham dan mengerti dari apa yang telah di jelaskan di atas mengenai Pengertian COD (Cash On Delivery)? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :