Pengertian Bola Voli – Sejarah Dan Peraturan Permainannya Lengkap

2 min read

Pengertian Bola Voli – Sejarah Dan Peraturan Permainannya Lengkap

Pengertian Bola Voli – Salah satu jenis olahraga yang populer selain sepak bola adalah bola voli. Olahraga ini sering menjadi kegiatan olahraga di sekolah atau di perguruan tinggi. Jenis olahraga ini mengandalkan pukulan tangan dan teknik tertentu.

Pengertian Bola Voli

Permainan bola voli adalah salah satu cabang permainan olahraga bola yang dimana cara bermainnya dengan cara menjatuhkan bola ke petak lapangan lawan, serta untuk mencari kemenangan dalam bermain. Dalam menjatuhkan bola itu net menjadi penghalang antar tim.

Gerakan di dalam permainan bola boli disebut dengan memvolley, yaitu gerakan memukul bola sebelum bola jatuh ke lapangan. Gerakan memvolley dan memantulkan bola ke atas bisa dilakukan dengan seluruh tubuh. Syaratnya yaitu sentuhan dan pantulannya harus sempurna. Dalam permainan bola voli biasanya dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu jumlahnya dua orang.

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada mulanya permainan bola voli ini memiliki nama mintonette. Olahraga bola voli ini ditemukan oleh William G. Morgan tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. Ia adalah seorang instruktur atau pembina pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christain Association (YMCA). Penemu permainan bola voli ini yakni, William G. Morgan dilahirkan pada tahun 1870 di Lockport, New York dan meninggal dunia pada tahun 1942. Organisasi YMCA didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris Oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (merupakan seorang pencipta olahraga Bola Basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939).

Lalu dengan adanya perubahan nama dari Mintonette menjadi bola voli, terjadi di tahun 1896. Tepatnya ketika demonstrasi pertamanya di International YMCA Training School. Melihat perkembangan bola voli cukup pesat maka YMCA mulai mengadakan kejuaraan Bola Voli secara nasional, lalu permainan Bola Voli menyebar keseluruh penjuru dunia.

Baca Juga :   Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturannya

Di tahun 1974 permainan bola voli untuk pertama kalinya mengadakan pertandingan di Polandia. Dan pesertanya cukup banyak. Tahun 1984 didirikan sebuah federasi bola voli internasional atau IVBF yang beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris. Organisasi tersebut menjadi induk dari permainan bola voli internasional.

Peraturan Permainan Bola Voli

Perhitungan angka

Jika pihak lawan dapat memasukkan bola ke dalam daerah lapangan maka kita kehilangan bola, dan musuh mendapat poin/skor. Maka anda harus melakukan servis yang harus melewati net, dan masuk ke daerah musuh. Bila tidak maka musuh yang mendapat poin/nilai.

Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 (delapan) tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim. Masing-masing tim terdiri dari 10 (sepuluh) pemain yang meliputi 6 (enam) pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 (empat) pemain cadangan. Pergantian pemain inti dan pemain cadangan tidak dibatasi pada saat pertandingan berlangsung.

Jumlah pemain minimum yang boleh bermain adalah 4 (empat) orang

Apabila dalam pertandingan tersebut kurang dari 4 (empat) orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (Best of Three), kecuali pada babak 2 (kedua) sudah dipastikan siapa pemenangnya maka babak 3 (ketiga) tidak perlu dilaksanakan. Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Jika poin peserta seri (imbang 24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 (dua) poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan tersebut.

Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat poin/nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat poin/nilai yang sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan. Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat babak berakhir. Dan apabila ditentukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang dapat nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.

Time Out

Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan lamanya hanya 1 menit. Di luar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan Internasional.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Bola Voli yang lengkap dengan sejarah dan peraturan permainannya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda, yang ingin belajar bermain voli. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :