Pengertian Biografi – Ciri, Macam dan Strukturnya Lengkap

2 min read

Pengertian Biografi – Ciri, Macam dan Strukturnya Lengkap

Pengertian Biografi – Suatu biografi biasanya menceritakan tentang seorang tokoh, dari kehidupannya, karirnya dan hal lain tentang tokoh tersebut. Biografi secara bahasa bersumber dari bahasa Yunani “Bios” yang memiliki arti hidup dan “Graphien” yang mempunyai arti tulis. Biografi adalah suatu tulisan yang menggambarkan kehidupan seseorang. Biografi juga dapat diartikan sebagai riwayat hidup seseorang.

Pengertian lainnya yaitu kisah/keterangan tentang hidup seseorang, yang membahas lengkap kehidupan seorang tokoh dari kecil sampai tua. Bahkan sampai ia meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala yang dihasilkan oleh tokoh tersebut juga akan dibahas. Teks biografi ditulis/disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Biasanya biografi menceritakan tentang sejarah, tak jarang juga menceritakan tentang orang yang masih hidup. Biografi juga membutuhkan bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utamanya bisa berupa benda-benda seperti buku harian, surat-surat, kliping korang, dan lainnya.

Dan bahan pendukungnya biasanya berupa buku referensi, sejarah yang menjelaskan peranan orang dalam biografi tersebut dan lain sebagainya. Biografi disusun dari biografi yang singkat dan juga panjang. Biografi singkat hanya mendukung beberapa fakta kehidupan seseorang dan juga peran yang penting. Biografi panjang disusun atas informasi yang penting yang diceritakan dengan detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik.

Ciri-Ciri Biografi

  • Biografi mempunyai struktur yang tersusun atas: Orientasi, peristiwa atau masalah, dan juga reorientasi.
  • Biografi berisikan sebuah informasi fakta dan juga disajikan dalam bentuk narasi.
  • Faktualnya atau faktanya menurut pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi itu.

Hal-hal yang penting dalam teks biografi diantaranya yaitu :

  1. Judul biografi.
  2. Hal yang menarik dan membuat terkesan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan.
  3. Hal yang membuat kagum dan mengaharukan yang timbul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan.
  4. Hal yang bisa menjadi contoh atau menjadi teladan dari kehidupan tokoh.
Baca Juga :   Contoh Iklan Baris Dan Singkatannya Lengkap

Macam-Macam Biografi

1. Biografi Menurut Sisi Penulisnya

Dibagi menjadi dua jenis yaitu autobiografi dan biografi yang ditulis oleh orang lain. Autobiografi merupakan jenis biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang berkaitan. Dan biografi adalah biografi yang ditulis oleh orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.

2. Biografi Menurut Isinya

  • Biografi perjalan hidup. Yaitu membahas tentang perjalanan hidup suatu tokoh yang dibuat dengan lengkap atau singkat.
  • Biografi perjalanan karir. Yaitu membahas tentang perjalan karir seorang tokoh dari awal sampai mencapai kesuksesan.

3. Biografi Menurut Persoalan Yang Dibahas

  • Biografi Politik. Yang isinya tentang cerita tokoh-tokoh yang berkecimpung pada dunia politik.
  • Bografi Jurnalistik atau Sastra. Merupakan biografi yang dibuat oleh seseorang yang sebelumnya melalui proses seperti wawancara, riset dan lainnya.
  • Intelektual Biografi. Adalah biografi yang dibuat sesuai dengan gaya penulisan ilmiah.

4. Biografi Menurut Penerbitnya

  • Buku Sendiri. Adalah biografi yang semua biayanya ditanggung pribadi oleh si pembuat biografi
  • Buku Subsidi. Adalah biografi yang dibuat dan dibiayai oleh sponsor baik dari biaya penulisan, percetakan, dan biaya lainnya.

Struktur Biogragi

Orientasi

Adalah bagian yang menerangkan tentang pengenalan tokoh, yang isinya yaitu gambaran awal mengenai tokoh yang diceritakan di dalam biografi itu sendiri.

Peristiwa dan Masalah

Adalah bagian yang mengandung sebuah peristiwa/kejadian yang pernah dialami, yang di dalamnya juga berisi tentang masalah yang pernah dihadapi untuk mencapai tujuan dan cita-cita. Hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga dijelaskan di bagian ini.

Reorientasi

Adalah bagian dari penutup biografi. Bagian ini menjelaskan tentang pandangan penulis pada tokoh yang ia ceritakan. Yang sifatnya opsional, artinya bagian ini bisa ditulis atau tidak.

Sekian pembahasan tentang Pengertian Biografi yang disertai dengan ciri, macam dan strukturnya lengkap. Semoga dapat dipahami dengan baik dan menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :