Pengertian Biogas – Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

50 sec read

Pengertian Biogas – Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Pengertian Biogas – Biogas adalah gas yang asalnya dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan organik, termasuk kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable ataupun setiap limbah organik yang biodegradable didalam kondisi anaerobik. Kandungan utama pada biogas adalah metana dan karbondioksida.

Pengertian lainnya yaitu campuran gas yang dihasilkan oleh bakteri, yang menghasilkan metan yang juga disebut dengan metanogenik. Hal itu terjadi pada material yang terurai dengan alami dalam kondisi anaerobik.

Biogas merupakan gas yang dapat dihasilkan dari proses bahan organik oleh mikroorganisme dalam sebuah kondisi, tanpa bantuan oksigen. Biogas juga merupakan campuran beberapa gas dengan komponen yang utama seperti gas metana, serta gas karbondioksida. Salah satu contoh biogas adalah kotoran dari ternak sapi yang dipakai untuk membuat api dari gas metana, pamakaian biogas juga sebagai pembangkit listrik.

Kelebihan Biogas

  1. Dapat mengurangi efek rumah kaca dikarenakan biogas ramah lingkungan.
  2. Bisa menjadi sebuah metode untuk pengolahan limbah.
  3. Proses pembakaran yang tidak mengeluarkan asap.
  4. Bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil(minyak bumi, batu bara dan juga gas alam).

Kekurangan Biogas

  1. Membutuhkan biaya yang relatif cukup tinggi.
  2. Tidak bisa dikemas didalam sebuah tabung.
  3. Dan saat pengolahannya dibutuhkan waktu yang relatif cukup lama.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Biogas yang meliputi kelebihan serta kekurangannya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :

Baca Juga :   Pengertian Tulang Rawan – Fungsi, Jenis, Ciri Dan Prosesnya Lengkap