Pengertian Bilangan Prima dan Contoh Bilangan Prima 1-100

Posted on
Pengertian Bilangan Prima dan Contoh Bilangan Prima 1-100
Rate this post

Pengertian Bilangan Prima dan Contoh Bilangan Prima 1-100

Pengertian Bilangan Prima dan Contoh Bilangan Prima 1-100Kali ini kami akan membahas artikel mengenai pengertian dari bilangan serta macam-macam bilangan dan juga contohnya. Bilangan sendiri memiliki sekitar 20 macam lebih bilangan dan salah satu dari semua bilangan yang ada adalah bilangan prima

 

Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan bilangan prima dan juga contohnya secara global. Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas secara rinci mengenai pengertian bilangan prima serta dengan contoh-contohnya. Tapi sebelum itu, apakah kamu tahu apa itu bilangan prima?

 

Bilangan prima merupakan bilangan asli yang lebih dari satu dan hanya bisa dibagi oleh satu bilangan, yaitu bilangan itu sendiri. Artinya tidak ada bilangan lain yang bisa digunakan untuk membagi bilangan prima itu sendiri. Itu lah, pengertian dan yang dimaksud dengan bilangan prima.

 

Penjelasannya:

  1. 2 merupakan bilangan prima karena dapat dibagi 1 dan dapat dibagi 2 dan tidak dapat dibagi oleh bilangan selainnya.

 

  1. 3 merupakan bilangan prima karena dapat dibagi 1 dan dapat dibagi 3 dan tidak dapat dibagi oleh bilangan selainnya.

 

  1. 4 bukan merupakan bilangan prima, karena masih dapat dibagi oleh bilangan selain 1 dan 4 yaitu dapat dibagi 2.

 

  1. 5 merupakan bilangan prima karena dapat dibagi 1 dan dapat dibagi 5 dan tidak dapat dibagi oleh bilangan selainnya.

 

  1. 6 bukan merupakan bilangan prima, karena masih dapat dibagi oleh bilangan selain 1 dan 6 yaitu dapat dibagi 2 dan dapat dibagi 3.

 

Rumus bilangan prima

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah ada rumus dan cara yang digunakan untuk membagi bilangan prima? Secara dalam pengertiannya, bilangan prima merupakan bilangan asli yan lebih dari satu, selain itu faktor pembaginya hanyalah bilangan satu dan bilangan itu sendiri.

Baca Juga :   Pengertian dan Rumus Bunga Tunggal beserta Contohnya

 

Lalu apakah ada rumus untuk menghitung dan mengetahui bilangan prima?

 

Coba perhatikan gambar di bawah ini, karena gambar ini bisa dijadikan sebagai sebuah acuan.

Jika dilihat dari pengertiannya, maka bisa disimpulkan jika daftar anggota pada himpunan bilangan prima ialah, 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, dan seterusnya.

 

Sehingga jika didasarkan dengan pengertian dan juga contoh yang ditunjukkan di atas, maka dapat dilihat bahwa bilangan prima ini mempunyai pola khusus yang tersusun secara teratur, hal ini dapat diartikan bahwa bilangan prima tidak memiliki rumus yang khusus untuk digunakan dalam menghitung atau mencari bilangan prima itu sendiri.

 

Lambang bilangan prima

Bilangan prima sendiri tidak memiliki lambang yang sangat khusus, hanya saja biasanya untuk menyebutkan bilangan prima, lambang yang digunakan adalah huruf P (p besar).

 

Contoh bilangan prima 1-100

Di antara angka 1 sampai 100, dapat kamu lihat contohnya secara rinci di bawah ini. Dari angka 1 hingga 100, inilah himpunan bilangan prima yang bisa kamu temukan.

 

P = { 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, 97 }

 

Sudah tahu kan, apa itu bilangan prima mulai dari pengertiannya, rumus bilangan prima, himpunan bilangan prima dari 1 hingga 100 dan juga semua hal yang berkaitan dengan bilangan prima. Semoga melaui pembahasan di dalam artikel ini dapat membantu kamu semua untuk lebih memahami tentang bilangan prima dan semua hal yang berkaitan dengan bilangan prima.

 


 

Baca Juga: