Pengertian Besaran – Satuan, Pengukuran Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Besaran – Satuan, Pengukuran Dan Contohnya Lengkap

Satuan Adalah – Di dalam konsep ilmu fisika dasar, tentu kita sudah kenal dengan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Seperti misalnya mengukur tinggi badan, menimbang massa, mengukur lebar, panjang dan tinggi meja, dan lain sebagainya. Hal itu disebut dengan besaran, satuan dan pengukuran di dalam ilmu fisika.

Pengertian Besaran, Satuan Dan Pengukuran

Dalam ilmu fisika besaran berhubungan dengan pengukuran, pengukuran di dalam ilmu fisika berperan penting dan segala sesuatunya berkaitan dengan ilmu fisika. Yang disertai dengan pengukuran. Sehingga pemula harus mengetahui lebih dahulu, apa yang dimaksud dengan besaran, satuan dan pengkuran.

Besaran

Adalah segala hal yang bisa diukur, yang mempunyai nilai yang bisa dinyatakan dengan angka serta mempunyai satuan tertentu.

Satuan

Adalah pernyataan arti dari besaran atau sesuatu yang dijadikan pembanding di dalam pengukuran yang menjadi acuan. Satuan adalah salah satu dari komponen yang besar yang menjadi standar dari besaran.

Pengukuran

Adalah proses membandingkan sesuatu yang diukur dengan sesuatu yang lain, yang menjadi pengukur dan dijadikan acuan. Pengertian pengukuran adalah proses membandingkan besaran dengan besaran yang lainnya, yang dipakai sebagai satuan.

Contohnya :

  1. Saat anda pergi ke warung, untuk membeli beras 5 Kg maka anda melihat penjual melakukan pengukuran dengan timbangan sampai beras mencapai 5 Kg.
  2. Saat orang tua anda membuat meja makan, tentu memerlukan hasil yang diinginkan dengan bantuan alat ukur. Sesudah melakukan pengukuran ternyata hasil panjangnya adalah 2 m.
Baca Juga :   Resistor : Pengertian, Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Dari kedua contoh tersebut semuanya menunjukkan pengukuran, yaitu mengukur banyaknya beras sebanyak 5 Kg. serta mengukur meja makan yang dibuat dengan ukuran panjang 2 m. angka 5 menujukkan nilai besaran massa dan Kg (kilogram) menunjukkan satuan dari besaran massa. Dan angka 2 pada di contoh yang kedua menunjukkan hasil besaran panjang dan meter menunjukkan satuan besaran massa.

Sekian pembahasan tentang materi Satuan dan besaran serta penjelasan dan contohnya lengkap. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :