Pengertian Batang : Fungsi, Jenis, Sifat dan Strukturnya Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Batang : Fungsi, Jenis, Sifat dan Strukturnya Lengkap

Pengertian batang – tentu kalian sudah sering mendengar bahkan melihat yang namanya batang. Namun, apakah kalian suda mengenal lebih dalam mengenai pengertian batang, jenis-jenisnya dan sjumlah struktur dari batang? Pada pembahasan kali ini akan dikupas dengan jelas tentang pengertian batang dan beberapa penjelasan yang lain.

Pengertian Batang

Batang asalnya dari bahasa latin yakni caulis yang termasuk bagian dari organ dasar dalam tumbuhan berpembuluh. Batang ialah sumbuh tumbuhan, sebagai tempat seluruh organ lain bertumpu serta tumbuh.
Batang adalah salah satu bagian khusus dari suatu tumbuhan dengan tumbuh diatas tanah,mendukung sejumlah bagian lain tumbuhan (misalnya daun, bunga, serta buah).

Struktur dari batang lebih menyeluruh dibandingkan dengan akar tumbuhan sebab mempunyai ruas serta antar ruas. Di ruas batang akan bermunculan bunga serta tunas daun. Di batang ada sejumlah cabang yang berfungsi menembatkan daun di posisi yang memungkinkan daun memperoleh cahaya matahari untuk proses fotosintesisi tumbuhan. Jika tidak ada batang maka tumbuhan berpembuluh tidak dapat hidup sebab titik tumbuhan asalnya dari batang.

Fungsi Batang

Pada tumbuhan batang berfungsi diantaranya :

  1. Menjadi penopang tumbuhan jadi tetap bisa berdiri tegak
  2. Pendukung sejumlah bagian lain dalam tumbuhan misalnya daun, bunga serta buah, sebab bila tidak terdapat batang maka bagian tersebut tidak dapat hidup
  3. Sebagai jalur transportasi zat dan air makanan yang dihasilkan darri proses fotosintesisi.
  4. Menjadi pembantu proses dari proses pernapasan tumbuhan sebab oksigen bisa masuk di lentisel
  5. Tempat melekatnya daun, bunga serta buah
  6. Menjadi alat perkembangbiakan melalui cara vegetatif menggunakan metode cangkok
  7. Menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan dalam tumbuhan misalnya sagu

Sifat – Sifat Batang

Batang mempunyai sejumlah sifat antara lain :

  1. Pertumbuhan batang secara umu tak terbatas
  2. Batang mempunyai sifat arah pertumbuhan keatas serta menuju ke cahaya maupun sifatnya fototropi
  3. Untuk tumbuhan berbiji terbuka atau gymnorspermae hanya terdiri dari tumbuhan berbatang basah, batang mendorong, batang rumput serta batang berkayu.
  4. Batang mempunyai sejumlah ruas yang jelas bila pada tumbuhan monokotil
  5. Batang mempunyai ruas yang tak terlihat secara jelas dalam tumbuhan dikotil
  6. Sejumlah jenis batang bisa dibagi menggunakan bagian yang lain misalnya yaitu batang pohon kelapa sementara ada juga batang yang tertutup pelepah daunnya misalnya tanaman jagung.

Jenis Jenis Batang

Jenis maupun macam dari batang ialah diantaranya :

  1. Herbaceus atau dikenal dengan batang basah ialah suatu batang tumbuhan yang lemah serta berair. Contohnya seperti tumbuhan bayam serta tumbuhan krokot.
  2. Calmus atau dikenal dengan batang rumput ialah batang yang tak keras serta terlihat beruas ruas. Secara umum di bagian dalam sebuah batang berongga misalnya padi.
  3. Calamus atau dikenal dengan nama batang mendong ialah suatu batang yang mirip dengan rumput, namun ruasnya ini lebih panjang. Misalnya ialah batang dalam tumbuhan mendong sert wlingi.
  4. Lignosus atau dikenal dengan batang berkayu ialah jenis batang yang berkayu keras serta kuat, baik bentuknya semak maupun pohon. Batang berkayu bentuknya pohon seperti tumbuhan jati.
Baca Juga :   Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Bagian Organel Dan Gambarnya Lengkap

Struktur Batang

Bila menurut anatomi batang, struktur batang ini dibedakan jadi 3 (tiga) jaringan. Yakni epidermis, stele dan korteks.

1. Epidermis

Epidermis ialah batang yang susunannya dari sebuah sel menyusun rapat dengan tidak ada ruang antar sel kutikula. Sejumlah sel ini sebagai epidermis aktif selalu membelah guna mengimbangi pertumbuhan batang. Fungsi khusus epidermis ialah menjadi lapisan pelindung bahaya kekeringan. Dlam tumbuhan dikotil memiliki lapisan epidermis berbentuk kulit yang bentuknya dari jaringan gabus.

2. Korteks

Korteks ialah susunan dari jaringan parenkim dengan berkloropas. Sejumlah sel berdinding tipis serta menyusun tak beraturan menggunakan ruang antar sel lebar. Sejumlah jenis tumbhan rumput rumputan ini memiliki jaringan sklerenkim menjadi penguat dalam korteks batang.

3. Endodermis

Endodermis ialah lapisan kortesk terdalam dan berbatasan silinder pusat, mempunyai sel bentuk dan susunan yang khas. Lapisan sell sebagai batas diantara silinder dan korteks pusat akar inilah yang bernama endodermis.

4. Silinder pusat (stele)

Stele ialah susudan dari sejumlah jaringan yakni berkas pengangkut, perikambiun dan empulur. Perikambium ialah lapisan sel yang sangat tepi di silinder pusat. Dibagian sebelahnya ada jaringan parenkim yang berberkas pembuluh angkut. Berkas inilah terdiri dari floem dan xilem yang menjadi kelanjutan floem dan xilem dalam akar.

Arah Tumbuh Batang

Adapun arah tumbuh batang diantaranya sebagai berikut :

  1. Tegak lurus
    Batangnya lurus diatas, seperti pepaya.
  2. Menggantung
    Tanaman ini misalnya di tepi jurang dan lereng-lereng. Seperti tumbuhan epifit jenis anggrek khusus.
  3. Berbaring
    Bila batang letaknya di permukaan tanah, Cuma ujungnya sedikit membengkok diatas, seperti semangka.
  4. Menjalar/ merayap
    Yakni batangnya berbaring namun buku-bukunya keluar sejumlah akar. Seperti batang ubi jalar.
  5. Serong diatas atau condong
    Pangkal batang ini mirip akan berbaring, namun dibagian yang lain membelok keatas, seperti pada tanah kacang.
  6. Mengangguk
    Batang tumbuh secara tegak lurus diatas, namun ujungnya membengkok kembali dibawah, seperti bunga matahari.
  7. Memanjat
    Bila batang tumbuh diatas menggunakan penunjang.

Nah, itulah tadi sekilas ulasan mengenai pengertian batang dan penjelasan lainnya mengenai batang. Jadi, batang ini merupakan bagian penting pada suatu tumbuhan, sebab sebagai pendukung bagian lain tumbuhan untuk tumbuh, misalnya bunga, daun dan buah. Semoga tulisan ini memberikan pengetahuan bagi kalian. Terima kasih.

Baca juga: