Pengertian Autobiografi – Ciri, Tujuan Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Autobiografi – Ciri, Tujuan Dan Contohnya Lengkap

Autobiografi Adalah – Autobiografi atau otobiografi merupakan biografi yang ditulis oleh subjeknya atau di dalam penggunaan modern, yang dibuat bersama dengan penulis yang lainnya yang disebutkan sebagaimana diceritakan atau dengan. Autobiografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup dan γράφειν-graphein yang berarti menulis.

Pengertian Autobiografi

Biasanya pengarang autobiografi mengandalkan beragam sudut pandang dan beragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa didasarkan sepenuhnya oleh ingatan si pengarang saja. Otobiografi juga berhubungan dengan memoar, dan terkadang sulit untuk membedakan keduanya.

Pengertian autobiografi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisi pengalaman, riwayat, atau perjalanan hidup seseorang yang dimulai dari masa kecil sampai sekarang yang ditulis oleh dirinya sendiri dan dari sudut pandang orang pertama.

Autobiografi berisi liku-liku kehidupan seseorang dalam melewati masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan sampai mencapai keadaannya di masa kini. Penulis autobiografi juga menggunakan sudut pandang orang pertama, beda halnya dengan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Ciri-Ciri Autobiografi

  1. Perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh si tokoh sendiri atau bisa juga dengan bantuan dari penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan dari tokoh tersebut.
  2. Berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh tersebut, dari yang sulit sampai yang berhasil.
  3. Biasanya hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Dan sering kali autobiografi ditulis dalam rangka pencitraan dari seorang tokoh politik.
  4. Autobiografi biasanya ditulis, supaya masyarakat lebih mengenal serta mengetahui mengenai apa yang telah dilakukan selama ia hidup. Sehingga dapat diambil hikmahnya serta pelajaran berharga yang ada di dalamnya.

Tujuan Autobiografi

Tujuan dari menulis autobiografi diantaranya yaitu :

  1. Untuk memperkenalkan diri dengan lebih detail kepada orang lain.
  2. Memberi gambaran, pelajaran, dan kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses di bidang yang sedang digelutinya misalnya dalam hal karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.
  3. Bahan pencitraan bagi seseorang.

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Terdapat perbedaan pada biografi dengan autobiografi, diantaranya yaitu :

  1. Autobiografi merupakan perjalanan hidup seseorang yang ditulis sendiri atau dengan bantuan penulis lainnya yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan dari tokoh tersebut. Dan biografi biasanya ditulis oleh orang lain.
  2. Autobiografi biasanya Berisi informasi tentang masa kehidupan tokoh tersebut, dari yang sulit sampai yang berhasil. Sedangkan biografi adalah subjek biografi dari orang terkenal yang memiliki banyak jasa, karya atau pemikiran yang bermanfaat untuk orang lain.
  3. Autobiografi Biasanya hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Dan sering digunakan untuk pencitraan seorang tokoh politik. Dan biografi dibuat dengan mengandalkan literatur, dokumen penting, atau bahkan narasumber, sebagai saksi dalam mengungkapkan peristiwa, dan fakta yang terjadi, di dalam perjalanan hidup (biografi) tersebut.
  4. Autobiografi biasanya ditulis, supaya masyarakat lebih mengenal serta mengetahui mengenai apa yang telah dilakukan selama ia hidup. Sementara biografi berisi informasi yang mengandung hikmah, motivasi serta sejarah penting yang bisa dijadikan teladan bagi orang yang membacanya.
Baca Juga :   Teks Negoisasi : Pengertian, Struktur, Ciri Bahasa, Langkah Penulisan dan Contohnya Lengkap

Contoh Autobiografi

Namaku Muhammad Mulkan Fauzi atau biasa dipanggil Mulkan oleh orang-orang disekitarku. Aku memiliki hobi membaca buku dan bermain futsal dan lahir di kota Semarang pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Kakakku bernama Lusi Apriani yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Solo. Ia juga memiliki sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa dan Isfi yang baru berusia 5 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2003-2009 di SDN Budi Mulya. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang. di SMA ini dia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan aku sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Aku adalah anggota tim futsal SMAN 12 Tarakan dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara pertama Kilimanjaro Cup 2016 dan lain sebagainya.

Aku memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia dan Dunia.

Demikian pembahasan artikel mengenai autobiografi yang mencakup pengertian, ciri, tujuan serta contohnya lengkap. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi anda semua dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :