Pengertian Augmented Reality – Tujuan Dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Augmented Reality – Tujuan Dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Augmented Reality – Augmented Reality (AR) menurut Brian (2012) adalah istilah yang menggabungkan dunia nyata dengan visual yang diciptakan oleh komputer, yang menjadikan batas di antara keduanya menjadi tipis. Sistem ini mengarah pada lingkungan yang nyata/real, reality lebih mengutamakan sistem ini.

Tujuan Augmented Reality (AR)

Menurut Rahmat (2011) tujuannya adalah untuk mengambil dunia nyata yang menjadi dasar dalam penggabungan berbagai teknologi virtual, dengan menambahkan data yang konseptual agar bisa memahami manusia sebagai user dan semakin jelas.

Data konseptual ini bisa berbentuk komentar, audio, data lokasi, konteks sejarah maupun berupa bentuk lainnya. Dengan adanya teknologi Augmented Reality, maka lingkungan nyata di sekeliling kita dapat menjalankan interaksi yang berbentuk digital/virtual. Informasi tentang objek dan lingkungan sekitar bisa ditambahkan di dalam sistem augmented reality yang kemudian informasi itu ditampilkan di layar dunia secara real time, seolah informasi itu nyata.  Fernando (2013).

Fungsi dari Augmented Reality adalah untuk menambah persepsi seseorang dari dunia pada yang ada di sekelilingnya, dan menjadikan beberapa virtual dan juga nyata sebagai antarmuka yang baru yang dapat menunjukkan informasi yang relevan yang bisa membentuk pada berbagai bidang yaitu pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharan, manufaktur, militer, permainan dan semua macam hiburan.

Manfaat Augmented Reality (AR)

Hiburan (Entertainment)

Di dunia hiburan juga membutuhkan AR sebagai penunjang efek yang dihasilkan oleh hiburan itu sendiri. Contohnya ketika seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca di berdiri di depan layar hijau/biru.

Baca Juga :   Pengertian Topologi Ring – Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Kemudian teknologi AR layar hijau/biru berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca itu, menjadikan seolah-olah wartawan itu masuk ke dalam animasi itu. Dalam militer training, teknologi digunakan di dalam latihan tempur. Contohnya militer menggunakan AR untuk membuat permainan perang, yang dimana prajurit akan masuk ke dalam dunia game, seolah sedang melakukan perang dengan nyata.

Engineering Design

Seorang engineering design membutuhkan AR untuk menggambarkan hasil design mereka dengan nyata kepada klien, agar mereka tahu tentang spesifikasi aplikasi mereka secara detail.

Consumer Design

Virtual reality sudah digunakan ketika melakukan promosi produk. Contohnya seorang pengembang menggunakan brosur virtual untuk memberi informasi dengan rinci secara 3D, dan menjadikan pelanggan dapat mengetahuinya dengan jelas pada produk yang ditawarkan.

Kedokteran (Medical)

Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dalam dunia kedokteran contohnya untuk pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dan lain sebagainya. Sehingga bidang kedokteran juga melakukan penerapan AR pada visualisasi penelitian yang mereka lakukan.

Alat dan Bahan Augmented Reality (AR)

Hardware

  • Komputer/Laptop
  • Mouse

Software

ArToolkit

Adalah software library yang diciptakan oleh AR. Aplikasi ini adalah jenis aplikasi yang mengikutsertakan overlay pencitraan visual ke dunia nyata.

Blender

Adalah software terbuka atau open source grafika komputer 3D. perangkat ini biasanya digunakan pada pembuatan film animasi efek visual, model cetak 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital dan rendering.

Marker

Adalah pola yang diciptakan yang berbentuk gambar yang telah dicetak dengan printer, yang akan dikenali oleh mereka. Marker pada ArToolkit adalah gambar yang tersusun atas border, outline dan pattern images.

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Augmented Reality yang meliputi tujuan dan manfaatnya lengkap. Semoga dapat dipahami dan memberi manfaat untuk anda semua.

Baca Juga :