Pengertian dan Jenis Jenis Aset Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian dan Jenis Jenis Aset Beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Pengertian dan Jenis Jenis Aset Beserta Contohnya

Pengertian Aset atau aktiva menurut Ilmu akutansi merupakan sumber daya atau dengan kata lain berupa kekayaan yang di miliki oleh suatu entitas. Aset tersebut di dapatkan dari berbagai peristiwa masa lalu sehingga diharapkan nantinya dapay memberikan manfaat pada masa yang akan datang.

Di dalam laporan keuangan Aset tersusun berdasarkan dari konsep likuidtas, yakni suatu system yang pengurutannya atas dasar seberapa cepat perubahannya terkonversi menjadi satuan uang kas.

Untuk bisa memperoleh asset ada beberapa cara yang bisa di lakukan di antaranya dengan cara di diproduksi atau di bangun secara sendiri, bisa juga dengan dibeli, cara lainnya dengan melakukan pertukaran asset atau di dapatkan dari sumbangan berbagai pihak lain. Karena Aset terdiri dari dua sifat yakni berwujud dan tidak berwujud.

Jenis Jenis Aset

1. Aset Tetap (Fixed Asset)

Didalam akutansi ada yang dinamakan dengan fixed asset (Aset tetap), dimana asset ini mempunyai umur yang panjang atau permanen karena mempunyai bentuk fisik dan dimiliki serat di gunakan oleh berbagai perusahaan tidak untuk dijual (masih bagian dari operasional)

Beberapa contoh asset tetap yakni : gedung, mesin, tanah, dan kenderaan.

2. Aset Lancar (Current Asset)

Aset lancer merupakan uang kas serta beberapa aktiva lainnya (persediaan, piutang) yang mana diharapkan bisa di konversi menjadi uang kas dengan jangka waktu kurang dari 1 Tahun.

Beberapa contoh dari asset lancer di antaranya adalah : Kas serta kas (tabungan di bank), Investasi yang sifatnya berjangka pendek, piutang, persediaan dan beban dibayar dimuka.

3. Aset Tak Berwujud (Intangible Asset)

Sedangkan Aset Tak Berwujud ini dapat berupa berbagai hak perusahaan yang mana untuk kepemilikannya di atur serta dilindungi oleh peraturan perundang undangan. Contohnya : hak paten, hak guna bangunan, hak sewa atau hak kontrak, franchise, trademark dan goodwill.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti mengenai Pengertian Aset ? dari berbagai penjelasan di atas. Mungkin cukup singkat karena yang di jelaskan adalah beberapa point penting saja dumana secara khusus membahas dari Pengertian dan Jenis Jenis Aset. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Pengertian dan Jenis Jenis Aset Beserta Contohnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares