Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

Posted on
Rate this post

Pengertian Artikel : Ciri, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Artikel – merupakan suatu karya tulis yang isinya berupa fakta atau gagasan dengan panjang tertentu yang bisa meyakinkan, membujuk, mendidik, serta menghibur pembacanya, dan juga dipublikasikan di suatu media (seperti buletin, koran, majalah, media sosial, website, dan lainnya).
Ada pula yang menyebut arti artikel sebagai suatu karangan berbentuk esai yang berisi penyampaian ide-ide maupun beberapa fakta secara objektif, dengan tujuan untuk membujuk, meyakinkan, dan menghibur para pembacanya.

Di dalam isi yang disampaikan suatu artikel ini bisa bermacam-macam, bergantung topik yang akan dibahas. Sejumlah contoh isi artikel yang kerap dipublikasikan melewati berbagai media antara lain :

  1. Informasi sejarah
  2. Petualangan seseorang
  3. Hasil penelitian
  4. Argumentasi mengenai isu tertentu
  5. Tutorial maupun bimbingan yang memberikan pengajaran sesuatu pada orang lain

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami yang dimaksuda dengan artikel, maka kita dapat merujuk pada pendapat sejumlah para ahli berikut ini:

  1. Berdasarkan pada Ensiklopedia Pers Indonesia
    Berdasarkan pada pendapat Enskiklopedia Indonesia, pengertian artikel ialah karangan prosa media massa yang di dalamnya membahas pokok permasalahan secara lugas.
  2. Webster’s Collegiate Thesaurus
    Pengertian artikel menurut Webster’s Collegiate Thesaurus ia menyatakan sebagai karangan, kritik, catatan, manifes, putusan, reportase, pelajaran maupun survey.
  3. The America Heritage Desk Dictionary
    Pengertian artikel ialah sebuah bagian tulisan secara non fiksi yang berupa bebas bagian dari sebuah penerbitan seperti misalnya laporan esai.
  4. Rillan E. Wolseley
    Menurut pendapat dari Rillan E. Wolseley, pengertian artikel ialah karangan tertulis dengan panjang yang tidak dapat ditentukan, yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan ataupun fakta dan bermaksud meyakinkan, menghibur ataupun mendidik.
  5. Sumandiria
    Berdasarkan pendapat dari Sumandiria, pengertian artikel ialah suatu karya tulis bebas yang isinya berbentuk opini mengenai masalah yang bersifat aktual dan terkadang bersifat kontroversial dengan bertujuan menghibur, mempengaruhi, memberitahu, dan meyakinkan para pembacanya.
  6. Al – ‘Aqli
    Sementara menurut Al – ‘Aqli, pengertian artikel ialah karya tulis yang pembuatannya dikerjakan oleh setiap disiplin ilmu dan masing-masing pembahasan itu dikaji serta diselesaikan secara tuntas, jelas, dan lugas hingga pembaca bisa mengambil inti sarinya.
  7. Menurut KBBI
    Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian artikel ialah sebuah karya tulis yang dibuat dengan lengkap, misalnya seperti esai di majalah maupun laporan surat kabar, dan lain lainnya.
  8. Cambridge Dictionary
    Berdasarkan pendapat Cambridge Dictionary, artikel adalah pembahasan subjek tertentu suatu tulisan dan dipublish di beragam media, seperti; majalah, koran, atau di internet.

Ciri – Ciri Artikel

Mengacu dari penjelasan beberapa arti artikel di atas, jadi sebuah artikel bisa dikenali karakteristiknya. Adapun ciri – ciri dari artikel antara lain :

  1. Secara umum artikel dibuat dengan ringkas, jelas, padat, dan tuntas.
  2. Isinya disampaikan dalam bentuk artikel yang didasari oleh fakta, tidak fiksi maupun mitos yang kebenarannya ini masih diragukan.
  3. Artikel sifatnya informatif dan faktual, cara mengungkapkan informasi didasarkan pada suatu penelitian dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Sebuah artikel bisa mengandung opini serta analisis, namun harus didasarkan pada teori serta data yang valid.
  5. Penulisan artikel memakai bahasa baku maupun resmi, dan kalimat yang logis, lugas, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisan suatu artikel dibuat dengan sistematis, jadi pembaca bisa mengerti isinya dengan mudah.
Baca Juga :   Gurindam : Pengertian, Ciri Ciri, Jenis beserta Contohnya Terlengkap

Jenis – Jenis Artikel

Pada umumnya, terdapat lima jenis artikel yang kerap kita baca dalam sehari-hari. Mengacu dari pengertian artikel di atas, berikut ini jenis – jenis artikel diantaranya :

  1. Narasi
    Artikel narasi ialah jenis artikel yang berisi menceritakan mengenai rangkaian peristiwa dengan sistematis (di awal, di tengah, dan di akhir). Di dalam narasi ada tokoh, konflik, serta penyelesaian masalah. Contohnya narasi; kisah pengalaman, biografi, autobiografi.
  2. Deskripsi
    Artikel deskripsi ialah jenis artikel berbentuk karangan yang mengilustrasikan mengenai suatu hal pada pembacanya, jadi pembaca seolah-oleh bisa merasakan, mendengar dan melihat isi dari deskripsi.
  3. Eksposisi
    Artikel eksposisi ialah jenis artikel yang berisi sebuah penjelasan atau memberikan informasi tentang suatu topik supaya menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi terkadang dilengkapi dengan gambar, lalu grafik, dan sejumlah informasi pendukung lain.
  4. Argumentasi
    Artikel argumentasi ialah suatu karangan yang bertujuan ingin membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan fakta/data sebagai alasan. Pada artikel argumentasi terkadang ada unsur opini serta data, dan fakta sebagai pendukung opini.
  5. Persuasi
    Artikel persuasi ialah artikel yang berisi tujuannya untuk mempengaruhi para pembaca sehingga sedia melakukan suatu hal yang dianjurkan dari si penulis dalam karangannya. Artikel inilah yang banyak dipakai dalam kampanye-kampanye, seperti kampanyae anti Narkoba yang berisi penjelasan tentang bahaya Narkoba.

Tujuan dan Manfaat Artikel

Pembuatan dan pempublikasian artikel ini mempunyai tujuan serta manfaat tertentu untuk si penulis dan pembacanya. Adapun sejumlah tujuan serta manfaat dari artikel sebagai berikut :

  1. Sebagai sarana guna menyampaikan sebuah gagasan penulis untuk masyarakat.
  2. Sebagai sarana publikasi dari hasil pemikiran ilmiah melewati jurnal ilmiah.
  3. Membantu penulis dalam berpikir secara sistematis serta melatih pemakaian bahasa secara baik serta teratur.
  4. Membantu penulis dalam memahami tujuan menulis, maka diharapkan mempunyai komptensi di dalam menulis artikel.
  5. Cara menjelaskan maupun membahas suatu masalah tersebut sesuai pada bidang ilmu tertentu.
  6. Memberikan dampak secara akademis pada penulis artikel.

Demikian referensi tentang pengertian artikel berdasarkan pendapat para ahli, KBBI serta secara umum terlengkap. Selain itu pula dibahas tentang unsur-unsur serta ciri-ciri artikel. Semoga dapat menambah wawasan tentang pengertian artikel yang mungkin kerap membaca didalam kehidupan sehari-hari kita, termasuk saat kalian membaca tulisan ini.

Baca juga: