Animasi Komputer : Pengertian, Sejarah, Jenis, Dan Prinsip-Prinsip Animasinya Lengkap

Posted on

Pengertian Animasi Komputer : Sejarah, Jenis, Dan Prinsip-Prinsip Animasinya Lengkap

Pengertian Animasi – Animasi adalah gambar bergerak yang asalnya dari kumpulan beragam objek yang disusun dengan cara khusus sehingga dapat bergerak sesuai dengan alur, yang telah ditentukan di setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud ini yaitu gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.

Animasi Komputer

Definisi animasi menurut beberapa orang adalah hasil pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak, yang terkomputerisasi. Dulu proses membuat animasi ini membutuhkan gambar tangan yang dibuat sampai beberapa lembar. Tetapi dengan kemajuan teknologi, maka komputer animasi tak lagi dibuat di atas kertas tetapi langsung di dalam komputer.

Istilah animasi tentu bukan hal yang asing untuk kita, khususnya anak-anak. Karena konten animasi dapat ditemukan di beberapa jenis tokoh kartun atau anime. Para pembuat konten animasi ini disebut dengan animator, ada banyak perusahaan yang sukses dalam bidang pembuatan film animasi. Diantaranya yaitu Walt Disney, Pixar, DreamWorks, lain-lain.

Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian animasi menurut Agus Suheri adalah sekumpulan gambar yang telah diolah sedemikian rupa hingga bisa menghasilkan gerakan.
  2. Pengertian animasi menurut Ibiz Fernandes adalah proses dalam merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis, untuk memperoleh sebuah ilusi pergerakan.

Prinsip-Prinsip Animasi

Ada 12 prinsip dalam animasi, yang diantaranya yaitu :

1. Kemampuan Menggambar (solid drawing)

Adalah kemampuan individu dalam menggambar dengan baik dan benar, serta kemampuan dalam mengkomposisikan gambar hingga terlihat lebih nyata.

2. Menekan dan Melentur (Squash and Stretch)

Adalah membuat objek yang hidup serta mati, yang terlihat seolah nyata hingga terlihat bergerak dengan realistis dan juga lebih hidup.

3. Antisipasi (Anticipation)

Adalah membuat gerakan di sebuah objek yang secara berurutan, hingga penonton bisa memahami dan juga menikmati animasi yang ditampilkan.

4. Tata Gerak (Staging)

Adalah suatu penataan gerak dengan cara membuat ekspresi dari karakter atau objek di dalam animasi, sehingga penontn lebih mudah mengenalinya.

5. Straight Ahead and Pose to Pose

Adalah langkah seorang animator dalam bekerja yang terencana dalam membuat gambar, gerakan serta ukuran, yang dilakukan sejak awal membuat animasi.

6. Gerakan Mengikuti

Pada saat scene berhenti bergerak maka karakter tak berhenti dengan tiba-tiba. Hal ini membuat sebuah animasi menjadi terlihat lebih realistis lagi.

7. Slow In and Slow Out

Adalah pengaturan staging dan timing dari satu scene ke scene lainnya dalam sebuah animasi.

8. Konstruksi Lengkung (Archs)

Adalah membuat pergerakan pada tubuh karakter atau objek animasi supaya terlihat lebih smooth. Contohnya gerakan makhluk hidup atau gerakan benda animasi yang terlihat lebih realistis.

9. Penentuan Waktu (Timing)

Adalah penentuan waktu yang tepat kapan gerakan diberikan pada karakter/objek di dalam animasi dibuat.

10. Gerakan Pendukung (Secondary Action)

Hal ini adalah gerakan pendukung yang melengkapi karakter pada ekspresi atau aksi supaya terlihat nyata.

Baca Juga :   Estetika – Pengertian, Unsur, Dan Manfaat Estetika Bagi Manusia Lengkap

11. Melebihkan (Exaggeration)

Adalah upaya dalam membuat karakter agar terlihat lebih meyakinkan di dalam aksinya. Contohnya membuat karakter menjadi lebih lucu.

12. Daya Tarik (Appeal)

Adalah kualitas dari animasi yang dimana penonton bisa menikmati gambar yang memikat, desain yang bagus, punya daya tarik, dan kelebihan lainnya.

Jenis-Jenis Animasi

1. Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter

Stop Motion Animation/ Claymation

Pertama kalinya jenis animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton memanfaatkan tanah liat atau clay sebagai objek animasi. Contoh film yang menggunakan teknik clay adalah Chicken Run dan Shoun The Sheep. Bahan yang digunakan tentu bukan tanah liat biasa tetapi palasticin, yang bahannya elastis dan lembut.

Animasi 2 Dimensi (2D)

Animasi ini lebih dikenal dengan kartun yang merupakan kumpulan gambar yang lucu, di dalam film animasi untuk menghibur penonton. Contoh film kartun ini misalnya Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.

Animasi 3 Dimensi (3D)

Teknologi ini berperan besar di dalam dunia animasi, terutama teknologi komputer. Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi 2D yang dimana objek di dalam animasi menjadi terlihat lebih hidup.

Film-film animasi yang kita lihat saat ini sudah menggunakan animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery). Misalnya; Finding Nemo, Toy Story, dan lain-lain.

Animasi Jepang (Anime)

Film animasi Jepang sangat disukai di berbagai kalangan di dunia, dan dari segala usia. Anime Jepang yang cukup populer diantaranya One Piece, Slam Dunk, Naruto, dan lain-lain.

2. Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Animasi Cell

Asal katanya yaitu Celluloid, yang merupakan teknik membuat film animasi yang cukup populer. Biasanya animasi cell merupakan lembaran yang akan membentuk animasi tunggal. Sehingga masing-masing cel adalah bagian yang terpisah. Contohnya objek dan latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan mandiri.

Animasi Frame

Adalah animasi yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukkan dengan cara bergantian. Contoh sederhananya yaitu ketika kita membuat gambar/objek yang berbeda-beda di lembaran buku kemudian membuat buku itu seolah bergerak.

Animasi Sprite

Adalah animasi yang memakai latar belakang diam kemudian gambar digerakkan di bagian depan. Teknik ini merupakan bagian dari animasi yang bergerak sendiri, contohnya seperti burung terbang, planet yang berotasi, bola yang memantul, logo yang berputar, dan lain-lain.

Animasi Path

Adalah animasi dengan menggerakan objek di sepanjang garis yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya dalam membuat animasi kereta api, pesawat terbang, lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.

Animasi Vektor

Teknik ini mirip dengan animasi sprite, bedanya pada animasi sprite memakai bitmap sedang pada animasi vektor memakai rumus matematika dalam menggambar spritenya.

Animasi Spline

Teknik ini adalah representatis matematik dari kurva, hingga gerakan objek mengikuti garis yang berbentuk lurus dan berbentuk kurva.

Animasi Karakter

Pada umumnya teknik animasi ini ada di film kartun dan pada film animasi 3D. di dalam animasi karakter seluruh bagian dalam animasi yang bergerak bersamaan, tetapi karakter di setiap objek memiliki ciri dan gerakan yang berbeda.

Demikianlah pengertian animasi komputer yang meliputi sejarah, jenis dan prinsipnya lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda, serta memberi manfaat bagi anda.