Pengertian Angkatan Kerja, Kesempatan Kerja dan Macam Macamnya Lengkap

Posted on
Pengertian Angkatan Kerja, Kesempatan Kerja dan Macam Macamnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Angkatan Kerja, Kesempatan Kerja dan Macam Macamnya

Pengertian Angkatan Kerja dan Macam-Macamnya – Mungkin kita pernah mendengar atau terbiasa dengan kata-kata angkatan kerja, namun belum paham apa yang di maksud dengan Angakatan kerja tersebut? Maka dalam hal ini saranailmu.com akan mencoba menguraikan arti dari angkatan kerja, kesempatan kerja dan agar lebih paham pembaca dapat melihat dari berbagai macam-macam Angakatan kerja tersebut.

Angkatan kerja merupakan suatu penduduk yang sudah memasuki usia kerja, hal ini berlaku bagi seseorang apakah ia sudah bekerja, belum bekerja atau memang sedang mencari pekerjaan. Berdasarkan dari ketentuan pemerintah Indonesia, penduduk yang menginjak usian 15 tahun sampai dengan 65 tahun adalah termasuk Penduduk yang telah memasuki usia kerja.

Namun, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang mana tidak semua penduduk memasuki usia kerja termasuk ke dalam angkatan kerja. Beberapa sebab yang menjadikan alasan suatu penduduk tidak semua masuk usia kerja adalah penduduk tersebut tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekonomi, tidak termasuk kelompok angkatan kerja. Contohnya saja seperti ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa dsb.

Macam-Macam Tenaga Kerja

Sebenarnya, Pengertian tenaga kerja secara garis besar memiliki pengertian yang sama dengan pengertian angkatan kerja, tenaga kerja yakni memiliki arti pada setiap orang yang mampu menjalani pekerjaan agar bisa menghasilkan barang atau jasa, baik itu untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau masyarakat.

Maka dapat disimpulkan bahwasanya angkatan kerja yang aktif dalam melakukan kegiatan ekonomi lebih di kenal dengan sebutan tenaga kerja. Secara umum berbagai macam tenaga kerja di bagi menjadi dua yakni tenaga kerja jasmani dan rohani. Kemudian, untuk tenaga jasami sendiri terbagi lagi menjadi 3 macam yakni tenaga kerja terdidik, terlatih dan tidak terdidik serta tidak terlatih. Agar lebih memahami Dari ke-3 macam tenaga jasmani anda bisa melihat dari berbagai pengertiaannya sebagai berikut :

  1. Pengertian Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang harus memiliki jenjang pendidikan yang tinggi misalnya dokter, insinyur, guru, dll.
  2. Kemudian Tenaga kerja terlatih yakni tenaga kerja yang memerlukan pelatihan dan pengalaman contohnya Teknisi, montir, Supir dll.
  3. Lalu untuk yang ke-3 adalah tenaga kerja tidak terdidik atau tidak terlatih yakni tenaga kerja yang tidak memerlukan semua hal di atas baik itu pendidikan ataupun pelatihan. Contohnya tukang sapu, petugas kebersihan dll.
Baca Juga :   Pengertian Migrasi, Penyebab dan Jenis-Jenis Migrasi beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Kesempatan kerja

Agar dapat berperan aktif dalam kegiatan ekonomi, maka dalam hal ini angkatan kerja memerlukan kesempatan kerja sehingga nantinya menjadi tenaga kerja. Untuk pengertian kesempatan kerja sendiri adalah memanfaatkan sumber daya manusia agar bisa menghasilkan barang atau jasa.

Dengan semakin meningkatnya pembangunan, maka akan semakin meningkat pula kesempatan kerja yang tersedia. Tentunya akan semakin membuka lebar kebutuhan akan lowongan pekerjaan (kesempatan kerja)

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah paham dan mengerti Pengertian Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja serta macam-macam angakatan kerja. Karena memang ketiganya saling berhubungan, sehingga jika ketiga unsure tersebut bergerak dengan baik dapat membuat kegiatan ekonomi menjadi aktif dan memungkinkan angka penggangguran menjadi menurun. Semoga Bermanfat

Baca Juga :