Akuisisi : Pengertian, Jenis dan Prosesnya Lengkap

Akuisisi : Pengertian, Jenis dan Prosesnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Akuisisi, Jenis dan Proses Akuisisi Lengkap

Pengertian akuisisi, Apa itu akuisisi?, Apa yang di maksud dengan akuisisi? Maka dapat di uraikan dengan jelas dan singkat yakni berupa pembelian sebuah perusahaan dimana pembelinya adalah perusahaan lainnya atau beberapa kelompok investor. Sedangkan untuk istilah dari Akuisisi adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Inggris acquisition yang berarti pengambil alihan.

Akan tetapi asal dari kata itu sendiri adalah berasal dari bahasa latin yakni acquisition yang mana dari kata kerja acquirere. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Akuisisi sendiri merupakan pemindahan kepemilikan sebuah perusahaan atau asset. Untuk aktivitas Akuisisi ini umumnya di lakukan dalam rangka menjaga ketersediaan berdasarkan pasokan bahan-bahan baku atau bisa juga sebagai jaminan produk yang akan diserap pasar.

Jenis-Jenis Akuisisi

Jika di lihat dari segi jenis perusahaan, maka secara garis besar akuisisi dibedakan menjadi 3 Jenis di antaranya adalah akuisisi horizontal, akuisisi vertikal dan juga akuisisi konglomerat.

Untuk Pengertian akuisisi horizontal adalah suatu proses akuisisi atau proses pengambil alihan terhadap kekuasaan dari suatu perusahaan oleh perusahaan lainya yang mana perusahaan tersebut memiliki jenis yang sama.

Sedangkan, pengertian akuisisi vertical dapat di artikan suatu proses pengambil alihan dari kepemilikan sebagian besar atas saham perusahaan pemasok atau dengan kata lain adalah pengambil alihan pelanggan dari perusahaan yang dibeli.

Dan yang ke-3 adalah pengertian akuisisi konglomerat adalah suatu proses berupa pengambil alihan kepemilikan berdasarkan sebagian besar saham, asset dari suatu perusahaan yang jenis usahanya tidak sama.

Proses Akuisisi

Untuk proses akuisisi sendiri terdiri dari 3 cara yang biasanya di gunakan di antaranya adalah merger atau konsolidasi. Yang mana proses ini dilakukan caranya dengan menggabungkan 2 perusahaan menjadi satu.

Pada merger, bidding firm tetap akan berdiri atas nama serta identitasnya dan mendapatkan semua asset, juga keharusan yang di miliki dari  target firm. Sedangkan pada konsolidasi akan terbentuk suatu perusahaan baru yang mana kedua belah pihak akan menerima saham yang baru dari perusahaan barunya tersebut.

selanjutnya adalah proses bernama acquisition of stock yakni proses akuisisi dengan cara membeli voting dari stok perusahaan secara tunai contohnya saham atau berbagai surat berharga. Proses tersebut bisa di lakukan oleh suatu perusahaan dengan melakukan penawaran kepada perusahaan lain.

Sedangkan untuk proses yang ke-3 adalah acquisition of assets yakni proses dengan cara membeli semua asset perusahaan.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti apa yang di maksud dengan Akuisisi dari berbagai penjelasan di Pengertian Akuisisi, Jenis dan Proses Akuisisi di atas. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Akuisisi : Pengertian, Jenis dan Prosesnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares