Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, dan Bentuknya Terlengkap

Posted on
Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, dan Bentuknya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Akomodasi : Tujuan, Karakteristik, dan Bentuknya Terlengkap

Pengertian akomodasi – merupakan sebuah usaha yang dilakukan guna menyelesaikan konflik atau masalah yang dialami oleh kedua belah pihak maupun lebih, jadi tercapailah suatu kondisi yang lebih kondusif.

Sementara pendapat lain menyatakan akomodasi sebagai suatu cara guna menyelesaikan masalah antara sejumlah pihak yang tidak menjatuhkan dari salah satu pihak. Dengan adanya akomodasi ini harapannya seluruh pihak yang telah bertikai memperoleh win-win solution.

Jadi, pengertian akomodasi merupakan istilah yang seringkali digunakan para sosiolog guna mendiskripsikan suatu kondisi yang mana individu ataupun kelompok yang sedang berkonflik maupun bersaing akan berupaya meyesuaikan hubungan mereka, sehingga bisa mengatasi masalah yang telah terjadi.
Sebenarnya, istilah dari akomodasi ini kerap dipakai untuk sejumlah bidang. Misalnya seperti traveling, psikologi, dan juga mata. Pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian akomodasi yang berhubungan dengan psikologi.

  • Psikologi, kata dari “akomodasi” berhubungan dengan penyesuaian tingkah laku manusia.
  • Traveling, kata dari “akomodasi” berkaitan dengan fasilitas penginapan untuk orang yang sedang melakukan bepergian, seperti contoh hotel dan losmen.
  • Mata, kata dari “akomodasi” berkaitan dengan penyesuaian mata guna melihat maupun pemfokusan penglihatan.

Tujuan Akomodasi

Mengacu dari pengertian akomodasi diatas tadi, bahwa tujuan utamanya akomodasi ialah guna mengurangi maupun menyelesaikan masalah/ konflik yang dialami antara individu maupun kelompok. Konflik terjadi tidak jarang sulit ditangani, jadi dibutuhkan adanya dari pihak ketiga menjadi perantaranya.

Berikut ini adalah sejumlah tujuan akomodasi, diantaranya :

  1. Meminimalisir terjadinya konflik bagi antar individu amupun kelompok yang disebabkan oleh adanya perbedaan paham.
  2. Mencegah potensi terjadinya sebuah konflik yang lebih besar yang dapat menyebabkan peperangan.
  3. Memungkinkan terciptanya kerjasama bagi antar sejumlah kelompok sosial yang hidup dengan terpisah sebab perbedaan budaya serta faktor sosial.
  4. Menyatukan kelompok kelompok sosial dengan berlatar belakang beda tetapi mempunyai tujuan yang sama.

Karakteristik Akomodasi

Secara umum, akomodasi ini dimulai dengan sebuah usaha mengurangi beragam sumber masalah oleh pihak pihak yang telah bertikai jadi konflik ini bisa teratasi sesegera mungkin. Sejumlah karakteristik dari akomodasi antara lain :

  1. Kebutuan akan akomodasi ini terjadi sebab adanya sebuah konflik maupun pertentangan.
  2. Akomodasu sifatnya universal.
  3. Akomodasu aialah proses yang saling berkaitan atau terjadi secara terus menerus.
  4. Akomodasi ialah perpaduan antara perasaan yang saling cinta dan kebencian.

Bentuk Bentuk Akomodasi

Sesuai dari pengertian akomodasi yang ada diatas tadi, ada sejumlah bentuk akomodasi yang kerap dijalankan guna menyelesaikan pertikaian ini. Adapun bentuk bentuk dari akomodasi ialah sebagai berikut :

  1. Kompromi
    Kompromi merupakan suatu bentuk dari akomodasi yang mana pihak pihak sedang berkonflik ini melakukan musyawarah guna mengurangi tuntutannya, jadi konflik bisa diselesaikan secara lebih mudah dan segera.
  2. Konsiliasi
    Konsiliasi ialah bentuk dari akomodasi yang mana pihak pihak sedang bertikai ini menjalankan sebuah pertemuan guna mencari jalan tengah terhadap masalah yang terjadi ini sehingga pertikaian bisa diselesaikan.
  3. Stalemate
    Stalemate ialah bentuk dari akomodasi yang mana salah satu dari pihak yang sedang bertikai akan berhenti di satu titik tertentu menjadi akibat terjadinya keseimbangan kekuatan di masing masing pihak.
  4. Coercion
    Coercion ialah suatu bentuk akomodasi yang mana pelaksanannya dijalankan dengan cara terpaksa. Secara umum, coercion ini djalankan sebab salah satu dari pihak yang sedang bertikai ini ada di posisi yang jauh lebih lemah dan bahkan kekuatannya pun tidak seimbang.
  5. Artbitrasi
    Arbitrasi merupakan bentuk akomodasi yang mana pelaksanaannya akan menghadirkan pihak ketiga yang bertugas menjadi penengah maupun perantara. Pihak ketiga inilah yang dipilih berdasarkan persetujuan dari pihak pihak yang sedang berselisih jadi mereka bisa melakukan kompromi.
  6. Toleransi
    Toleransi ialah bentuk dari akomodasi yang dalam pelaksanaannya mengandalkan sebuah asas saling pengertian diantara pihak yang sedang berselisih. Toleransi dilaksanakan dengan tidak ada persetujuan dari salah satu kedua belah pihak yang berselisih.
  7. Ajudikasi
    Ajudikasi ialah bentuk dari akomodasi yang mana pelaksanaannya melewati proses pengadilan guna menyelesaikan masalah. Secara umum, ajudikasi ini dilakukan bila pihak pihak yang sedang berselisih ini tanpa menyelesaikan masalah dengan menggunakan berbagai jalan.
  8. Mediation atau medias
    Mediasi merupakan proses akomodasi yang termasuk dalam penyelesaian pertikaian diantara kedua kelompok maupun lebih, dan kedua belah pihak tersebut tidak sanggup dalam mencapai sebuah kesepakatan jadi kedua belah pihak ini yang berkonflik akan menghadirkan pihak ketiga supaya konflik dapat terselesaikan.
    Mediasi berbeda dengan arbitrasi, hal ini dikarenakan dalam mediasi pihak ketiganya tidak mendapatkan hak dalam mengambil keputusan maupun dalam arti lainnya bersifat netral. Sementara di dalam arbitrasi ini pihak ketiga bisa mengambil sebuah keputusan jika terjadi kebuntuan jadi tidak netral.
  9. Segregation
    Segregation ialah usaha penyelesaian sengketa caranya dengan masing-masing pihak akan saling menghindari konflik supaya tidak berkelanjutan. Misalnya seperti pemisahan antara warga dari kulit putih dengan warga kulit hitam yang ada di afrika selatan di masa politik apartheid.
  10. Elimination
    Elimination ialah usaha dalam menyelesaikan sengketa sebab dari salah satu pihak ini bersedia untuk mengalah, meminta maaf bahkan mengundurkan diri dari persaingan. Contohnya penyelesaian maslaah sebab mediasi dari salah satu pihak dengan menyadari akan kesalahannya.
Baca Juga :   Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan Dan Jenis Pameran Serta Unsurnya Terlengkap

Demikianlah pembahasan ringkas tentang pengertian akomodasi di dalam ilmu sosial. Jadi, intinya akomodasi ini adalah salah satu jalan tengah dalam menyelesaikan sebuah masalah dari pertikaian yang sedang berlangsung. Semoga bermanfaat.

Baca juga: