Pencemaran Lingkungan Hidup – Pengertian, Macam Dan Penyebabnya Lengkap

Posted on

Pencemaran Lingkungan Hidup – Pengertian, Macam Dan Penyebabnya Lengkap

Pencemaran Lingkungan – Pencemaran lingkungan merupakan komponen fisik dan biologis sehingga lingkungan menjadi terganggu. Pencemaran lingkungan adalah suatu masalah lingkungan, yang sedang dihadapi oleh dunia. Pencemaran lingkungan telah terjadi selama berabad-abad lamanya. Walaupun begitu, pencemaran ini mulai menjadi signifikan saat menyusul revolusi industri di awal abad ke 19.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan adalah konstaminasi komponen fisik serta bilogis dari sistem bumi atau atmosfer sedemikian rupa, yang dimana proses lingkungannya menjadi terganggu. Demikianlah pengertiannya menurut Kemp (1998 : 129).

Menurut Santos (1990 : 44) pengertian pencemaran lingkungan adalah sebagai konstaminasi habitat, dengan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak bisa diurai. Setiap penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas alam, dalam memulihkan dirinya sendiri yang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan. Hal ini bisa dibaca di dalam buku Santos dengan judul Managing Planet Earth : Perspective On Population, Ecology, The Law.

Menurut kamus Britannica pengertian pencemaran lingkungan adalah penambahan zat atau bentuk energi, contohnya panas, suara, radioaktivitas, pada lingkungan di tingkat yang lebih cepat dibanding dengan kemampuan alam untuk menguraikannya dengan melalui dispersi, penghancuran, daur ulang, atau penyimpanan dalam bentuk yang tidak berbahaya.

Sehingga pencemaran lingkungan bisa diartikan sebagai memasukkan kontaminan pada lingkungan, yang menyebabkan kerugian untuk manusia dan makhluk hidup yang lainnya. Kontaminan ini bisa berupa zat kimia, energi seperti kebisingan, panas dan juga cahaya. Zat pencemar bisa berasal dari zat alami atau energi, tapi dianggap kontaminan saat melebihi tingkat yang alamiah. Pencemaran adalah suatu prioritas masalah dalam lingkungan hidup.

Beberapa contoh polusi yaitu pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik. Contoh lainnya yaitu pencemaran sungai yang berakibat pada air sungai, oleh limbah perusahaan, dan pencemaran laut oleh sampah plastik yang ada di dunia atau di Indonesia.

Macam-Macam Pencemaran Lingkungan Hidup

Macam-macam pencemaran lingkungan hidup yang kita kenal saat ini dibagi ke dalam empat kategori, setiap jenis pencernaan mempunyai sebab dan dampak yang berbeda pada kehidupan kita. Jenis pencemaran itu diantaranya adalah :

  1. Pencemaran Udara. Misalnya pencemaran dari asap pabrik, kendaraan atau kebakaran hutan.
  2. Pencemaran Air. Misalnya limbah pabrik yang dibuang ke sungai atau parit.
  3. Pencemaran Suara. Misalnya suara kendaraan atau mesin pabrik yang melebihi ambang batas, sehingga dapat merusak fungsi pendengaran.
  4. Pencemaran Tanah. Misalnya tumpahan minyak ke tanah.
Baca Juga :   Kondensasi : Pengertian, Proses, Jenis, dan Efek Buruknya Terlengkap

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Penyebab dari pencemaran lingkungan ini bisa dari beragam sumber. Sumber utamanya berasal dari sektor industri, transportasi, pertanian, perdagangan, pemukiman, dan juga rumah tangga. Berikut penjelasannya :

  1. Penyebab pencemaran lingkungan yang pertama adalah sektor industri. Sektor industri sudah mencemari lingkungan alam khususnya sejak awal revolusi industri. Terutama disebabkan oleh meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil. Di abad ke 19-20 batu bara sudah digunakan sebagai bahan bakar, untuk operasi mesin dalam menggantikan kekuatan manusia. Akhirnya hal itu menyebabkan pencemaran udara, tanah, dan air bisa terjadi.
  2. Penyebab pencemaran lingkungan berikutnya adalah sektor transportasi. Sejak manusia meninggalkan penggunaan hewan seperti kuda untuk transportasi, polusi lingkungan oleh sektor transportasi menjadi meningkat tajam. Penggunaan beragam mode transportasi juga menggunakan bahan bakar fosil, yang menyebabkan pencemaran udara oleh karbondioksida. Demikian juga dengan sektor tranportasi yang menyebabkan emisi menjadi meningkat. Diduga hal itu berkontribusi besar pada terjadinya perubahan iklim serta pemanasan global.
  3. Penyebab yang ketiga yaitu dari sektor rumah tangga atau pemukiman. Areal pemukiman memberi andil juga pada polusi. Contohnya dalam membangun rumah, dan lingkungan alam harus dihancurkan dengan satu dan lain cara. Satwa liar serta tanaman liar dimusnahkan, kemudian digantikan oleh konstruksi manusia. Karena memerlukan pekerjaan industri, konstruksi tersebut menjadi sumber kontaminasi lingkungan. Lalu saat orang-orang menetap di areal pemukiman, mereka akan menghasilkan sampah setiap hari termasuk bagian yang tak bisa dihancurkan atau diuraikan dengan cara alami.
  4. Penyebab yang keempat adalah sektor pertanian. aktivitas pertanian bertanggung jawab pada pencemaran air dan tanah. Peningkatan penggunaan pestisida pada sektor pertanian dalam meningkatkan produktivitas pertanian, yang menjadi sumbernya. Hampir seluruh pestisida dibuat dari bahan kimia. Tujuannya adalah untuk membasmi penyakit, hama yang mengganggu pertanian. tetapi obat juga ternyata memberi dampak negatif untuk lingkungan, termasuk hewan dan satwa liar yang justru tak menjadi hama. Akhirnya hal itulah yang menghancurkan ekosistem.
  5. Penyebab pencemaran lingkungan yang terakhir adalah sektor perdagangan. Kegiatan perdagangan termasuk pada produksi, pertukarang barang dan jasa. Dari barang, polusi juga bisa disebabkan oleh penggunaan kemasan yang tak ramah lingkungan contohnya plastik. Hal itu juga bisa disebabkan oleh mode transportasi yang tak ramah lingkungan. Saat distribusi produk atau jasa tersebut.

Demikian pembahasan dan penjelasan tentang pencemaran lingkungan yang dilengkapi dengan pengertian, macam dan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk wawasan anda, dalam menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik.

Baca Juga :