Pembelajaran : Pengertian, Ciri Ciri dan Tujuan Pembelajaran yang Efektif

Posted on
Pembelajaran : Pengertian, Ciri Ciri dan Tujuan Pembelajaran yang Efektif
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Pembelajaran, Ciri Ciri dan Tujuan Pembelajaran yang Efektif

Ciri-ciri pembelajaran – Inti dari sebuah proses pendidikan adalah pembelajaran. Terdapat tiga komponen dalam pembelajaran yang saling berinteraksi, yaitu guru, murid serta media pembelajaran. Namun, dalam proses pendidikan secara efektif dan efisien dari ketiga komponen tadi tidak bisa saling berinteraksi kecuali dengan melibatkan strategi, metode serta media pembelajaran. Ciri-ciri pembelajaran pembahasan lengkapnya seperti berikut ini.

Pengertian Pembelajaran

Menurut Zayadi (2004:8), menyatakan bahwa kata pembelajaran berasal dari bahasa inggris “instruction” yang berarti usaha untuk membelajarkan kepada seseorang atau kelompok orang, melewati beragam usaha (effort) dan beragam strategi, metode dan pendekatan yang mengarah pada pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan.

Menurut Sagala (2006:61), bahwa pembelajaran ialah proses dalam suatu lingkungan yang secara sengaja dikelola guna memungkinkan keikutsertaan dan dalam tingkah laku tertentu, submset khusus dari pendidikan adalah pembelajaran.

Sementara menurut Dr. Oemar Hamalik dalam bukunya “Kurikulum dan Pembelajaran”, menyatakan bahwa pembelajaran ialah suatu kombinasi yang disusun mencakup beberapa unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan, material, serta prosedur yang saling berpengaruh guna mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

Dari beragam ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian pembelajaran ialah suatu sistem pendidikan dengan melibatkan beragam komponen yang saling berhubungan secara terprogram yang mencakup pendidik, peserta pendidik serta tenaga kependidikan dan seluruhnya yang berkaitan dengan terlaksananya pendidikan baik secara strategi, materi, metode, perlengkapan dan prosedur yang saling berpengaruh supaya tujuan yang sudah ditentukan dalam pendidikan bisa tercapai secara efektif dan juga efisien.

Ciri-ciri pembelajaran

Dalam bukunya Dr. Oemar Hamalik menjelaskan bahwa terdapat tiga ciri khas yang berisi dalam sistem pembelajaran, yakni :

Rencana

Rencana adalah penataan ketenagaan pendidik, material, serta prosedur yang menjadi unsur – unsur dalam sistem pembelajaran di suatu rencana khusus.

Kesalingketergantungan (interdependence)

Saling ketergantungan disini adalah unsur – unsur sistem pembelajaran yang selaras dalam suatu keseluruhan.

Setiap unsur sifatnya esensial dan masing – masingnya memberikan sumbangsih pada sistem pemebelajaran.
Sedangkan menurut Kauchak & Eggen (1998) menjelaskan bahwa terdapat enam ciri – ciri pembelajaran yang efektif, yakni :

  • Siswa, sebagai pengkaji yang aktif pada lingkungannya dengan cara mengobservasi, membandingkan, lalu menemukan sejumlah kesamaan serta perbedaan – perbedaan dan membentuk konsep juga generalisasi menurut sejumlah kesamaan yang telah ditemukan.
  • Guru, memfasilitasi materi sebagai fokus dalam berfikir dan berinteraksi saat pelajaran.
  • Sejumlah aktivitas siswa sepenuhnya berdasarkan pada pengkajian.
  • Guru secara aktif ikut terlibat dalam memberikan arahan dan tuntunan terhadap siswanya dalam menganalisis informasi.
  • Orientasi pembelajaran dalam menguasai isi pelajaran dan mengembangkan keterampilan berfikir.
  • Guru memakai teknik mengajar yang bervarian sesuai pada tujuannya dan gayanya mengajar guru.
Baca Juga :   Download Contoh Surat Keterangan Kerja Terlengkap Untuk Karyawan

Adapun ciri – ciri pembelajaran dengan menganut sejumlah unsur dinamis dalam proses belajarnya siswa ialah sebagai berikut :

  1. Motivasi belajar
    Menurut sadirman, A.M (:1992) Motivasi bisa dikatakan menjadi serangkaian upaya guna menyediakan keadaan – keadaan tertentu, sehingga seseorang tersebut mau dan ingin melaksanakan sesuatu, dan jika ia tidak menyukainya maka ia akan berusaha mengelakkan diri perasaan tidak suka tersebut.
    Jadi, motivasi bisa merangsang dari luar, namun motivasi tersebut akan tumbuh dalam diri seseorang. Dalam kegiatan belajar ini, maka motivasi bisa dikatakan menjadi daya penggerak secara keseluruhan di dalam diri seseorang/ siswa yang menimbulkan aktivitas belajar, yang memberikan arah dan menjalin kelangsungan pada aktivitas belajar sehingga tujuan yang dikehendaki bisa tercapai oleh siswa.
  2. Bahan belajar, adalah segala informasi berbentuk fakta, prinsip dab konsep yang dibutuhkan guna mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Selain informasi, juga dibutuhkan isi pengajaran yang bisa merangsang daya cipta supaya siswa terdorong untuk memecahkannya dan kelas akan menjadi hidup.
  3. Alat bantu belajar
    Seluruh alat yang dipakai saat kegiatan pembelajaran dengan tujuan menyampaikan sebuah pesan atau informasi dari sumber yakni guru atau sumber lainnya pada penerima (siswa). Penyampaian informasi melewati media harus bisa diterima oleh siswa menggunakan salah satu maupun gabungan sejumlah alat inderanya mereka.
  4. Suasana belajar
    Suasana belajar ini bisa menimbulkan gairah atau aktivitas pada siswa jika terjadi :
    – Komunikasi dari dua arah yakni antara guru dengan siswa maupun sebaliknya.
    – Adanya kegembiraan atau kegairahan dalam belajar.
  5. Kondisi siswa dalam belajar
    – Siswa mempunyai sifat unik, antara satu dengan yang lainnya berbeda.
    – Kesamaan siswa yakni mempunyai sejumlah langkah perkembangan dan mempunyai potensi yang butuh diaktualisasikan melewati pembelajaran.

Tujuan Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai. Ciri sebagai dasar perbedaan antara sistem yang alami (natural) dengan sistem yang terbuat dari manusia.

Sistem yang terbuat dari manusia ini, misalnya seperti sistem komunikasi, sitem transportasi, sistem pemerintah dan semuanya mempunyai tujuan. Sementara sistem alami (natural), misalnya seperti sistem ekologi, lalu sistem kehidupan hewan dan tersusun sesuai dengan rencana tertentu, namun tidak memiliki tujuan tertentu.

Tujuan dari sistem akan menuntun proses merancang sistem.

Tujuan utama dari sistem pembelajaran adalah supaya siswa mau belajar. Tujuan seorang perancang sistem ini adalah mengorganisasi material, tenaga dan prosedur supaya siswa belajar secara efektif dan efisien.

Dengan proses mendesain pada sistem pembelajaran maka si perancang akan menghasilkan rancangan untuk memberikan kemudahan dalam usaha mencapai sebuah tujuan sistem pembelajaran tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai ciri – ciri pembelajaran. Kesimpulannya bahwa pembelajaran ini merupakan usaha sadar dari guru guna membuat siswanya belajar. Jadi, pembelajaran lebih menekankan kepada peranan serta partisipasi dari siswa bukan peran seorang guru yang dominan, namun lebih berperan menjadi fasilitator, motivator dan juga pembimbing.

Baca juga: