Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya
Rate this post

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri-ciri dan Contohnya

Pasar merupakan istilah yang tidak asing lagi di dengar oleh kita bukan? Hal-hal yang berkaitan dengan jual beli biasanya terkait pula dengan pasar. Pasar juga bisa di sebut sebagai penyedia segala alat kebutuhan baik sandang maupun papan. Di pembahasan kali ini kita akan lebih dalam membahas mengenai pasar. Salah satunya adalah terkait gambar pasar persaingan sempurna.

Pasar Menurut Bentuk dan Strukturnya

Secara general, pasar memang diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di tempat tersebut, mereka akan melakukan persetujuan dalam melakukan pembelian terhadap barang maupun jasa. Pasar tersebut memiliki beragam bentuk dan struktur, di Indonesia sendiri ada empat macam pasar, yakni pasar persaingan sempurna, monopoli, monopolistik dan oligopoli.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Nah, untuk pembahasan kali ini kita akan mengetahui lebih dalam perihal pasar persaingan sempurna. Pasar ini memiliki istilah lain yang dinamakan sebagai pasar murni, dimana dalam praktik penjualannya terdapat banyak penjual yang menjajakan barang atau jasa yang sama. Hal ini tentu benar-benar sudah dipahami dan di ketahui oleh pelaku pasar persaingan sempurna.

Kamu juga perlu tahu bahwa gambar pasar persaingan sempurna memiliki arus jumlah pembelian yang sangat banyak. Kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli ini setiap harinya mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, meski barang atau jasa yang di tawarkan benar-benar sama persis, tetap tidak akan berpengaruh pada harga dan permintaan.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki ciri khas tersendiri di bandingkan dengan jenis pasar lainnya. Kamu dapat membedakannya dengan menyimak rangkaian ciri-ciri pasar persaingan sempurna berikut ini:

Baca Juga :   Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

1) Penjual dan Pembeli dalam jumlah banyak
2) Terdapat barang yang sama (homogen) di jual
3) Informasi pasar di kuasai secara keselurhan, baik oleh penjual maupun pembeli
4) Penentuan harga di dasarkan oleh pasar
5) Pemerintah tidak ikut campur

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Setelah kamu memahami tentang penjelasan pasar persaingan sempurna, maka selanjutnya adalah mengetahui contoh pasar persaingan sempurna. Pasar jenis ini sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan tak jarang kita sering datang ke pasar ini. Contoh pasar persaingan sempurna ini diantaranya adalah pasar hasil pertanian, seperti sayuran dan buah-buahan.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Segala sesuatu tidak akan lepas dari yang namanya kelebihan dan kekurangan. Khusus dalam pebahasan ini akan di uraikan secara detail mengenai kelebihan yang ditawarkan oleh pasar persaingan sempurna. Mari simak poin-poin berikut ini.

1) Tidak ada praktik persaingan yang tidak sehat
2) Harga pasar adalah harga yang telah di tentukan
3) Barang yang di tawakan tidak akan mengalami kerugian
4) Jumlah persaingan tidak terbatas
5) Tidak ada faktor yang mempengaruhi harga

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Nah, selanjutnya adalah kelemahan dari Pasar Persaingan Sempurna, mari kita simak penjelasan berikut ini.

1) Tidak adanya inovasi
2) Sedikitnya pilihan, sehingga membuat konsumen terbatasi dalam melakukan pembelian
3) Pendapatan yang tidak seimbang

Demikian penjelasan mengenai pasar persaingan sempurna yang dapat kamu ketahui. Meski banyak sekali keuntungannya, tidak di pungkiri pula bahwa ada sisi kelemahan pada sisi gambar pasar persaingan sempurna ini. Sebagai pembeli, kita harus bijak dalam memilih. Semua hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas barang yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya | penulis oke | 4.5