Paragraf Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Paragraf Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya
Rate this post

Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh Teks Paragraf Persuasif

saranailmu.com – Mungkin sebagian dari kita tidak mengerti atau belum pahan dengan yang namanya paragraf persuasif, sehingga akan muncul sebuah pertanyaan yakni Apakah yang di maksud dengan paragraf persuasif? maka dari itu agar pembaca dapat memahami lebih dalam, pada artikel ini akan mengulas mengenai pengertian Persuasif, ciri-ciri Persuasif, jenis Persuasif, teks persuasi bentuk tulisan, contoh teks persuasif, unsur kebahasaan teks persuasi dan dasar pembuatan paragraf persuasi.

Paragraf Persuasif banyak juga menyebutnya dengan Persuasi yakni suatu paragraf yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatian atau yang isinya mempunyai unsur ajakan bagi si pembaca untuk melakukan hal tertentu. sedangkan untuk jenis dari Paragraf Persuasif sendiri umumnya di sajikan semenarik mungkin, dan juga biasanya isinya meyakinkan berupa pengalaman dengan mengisaratkan suatu hal yang sangat penting. Biasanya Paragraf persuasi digunakan sebagai sarana beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan dan badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.

Pengertian Paragraf Persuasif dan Contohnya

Paragraf persuasif dapat di artikan sebagai paragraf yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan atau mengajak si pembaca dengan maksud tertentu, yang mana hal ini di lakukan agar bisa melaksanakan serta menerima gagasan penulis dari suatu pendapat dan pandangan tertentu.

Ciri-ciri Paragraf Persuasif

  1. Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.
  2. Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal
  3. sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik, dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  4. Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  5. Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca
  6. Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  7. Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil

Contoh Teks atau Paragraf Persuasif

“dengan mengkonsumsi buah-buahan tubuh akan mendapatkan berbagai nutrisi serta vitamin yang di butuhkan seperti Vitamin C. karena Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit”

Jika di lihat secara umum paragraf persuasif berupaya untuk mendapatkan perhatian pembaca dan memberikan pandangan baru melalui tujuan dari isi paragraf.

Bentuk Paragraf Persuasif

Ada beberapa bentuk paragraf persuasif yang umumnya di gunakan, di antaranya sebagai berikut :

  • Bentuk pidato : contoh propaganda, kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk tulisan : iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk elektronik : misalnya iklan TV, bioskop, dan internet

Jenis Paragraf Persuasif

Jika di lihat dari bentuk paragraf persuasif di atas maka paragraf persuasif bisa di golongkan ke beberapa jenis yakni :

1. Persuasi politik

Sesuai dengan namanya Persuasi politik di pergunakan untuk hal dibidang politik yang masih ada kaitannya dengan bidang politik dan kenegaraan. Biasanya para ahli politik dan kenegaraan menggunakan pesuasi jenis ini sebagai keperluan politik dan negara.

2. Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan umumnya di gunakan oleh orang tertentu yang berkecimpung atau masih ada hubungannya dengan dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sebagai contoh orang yang menggunakan persuasi pendidikan adalah seorang guru yang mana di gunakan untuk mempengaruhi para siswa agar dapat giat belajar, gemar membaca dan lainnya. kemudian para Seorang motivator atau inovator pendidikan memanfaatkan persuasi pendidikan dengan menerapkan berbagai konsep baru pendidikan bertujuan dapat di laksanakan oleh para pelaksana pendidikan.

3. Persuasi Advertensi

lalu yang ke-3 adalah Persuasi iklan atau Persuasi Advertensi, yang mana biasanya di gunakan dalam bidang usaha/dunia usaha bertujuan mengenalkan suatu barang atau jasa. Persuasi iklan yang ialah yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang di tawarkan tersebut. Sedangkan untuk sebaliknya persuasi yang kurang baik adalah jika tidak mampu mempengaruhi konsumen untuk membeli barang yang telah di iklankan tersebut.

4. PersuasiĀ Propaganda

informasi merupakan Objek yang di sampaikan pada persuasi propaganda. maka dari itu tujuan dari persuasi bukan hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Selebihnya, dengan informasi di harapkan pembaca atau pendengar ingin/mau serta sadar untuk melakukan sesuatu.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikanĀ mengenai paragraf persuasif, ciri-ciri, bentuk, jenis, dan contoh-contoh paragraf persuasif.Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Baca Juga :

Paragraf Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya | saranailmu | 4.5
Shares