Micro Teaching – Pengertian, Ciri Dan Tujuannya Lengkap

Posted on

Micro Teaching – Pengertian, Ciri Dan Tujuannya Lengkap

Pengertian Micro Teaching – Definisi dari micro kecil, terbatas, sempit sedangkan teaching adalah mengajar. Jadi pengertian dari micro teaching adalah kegiatan dalam mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau dikecilkan yaitu dengan mengajar tertentu, dan bisa diidentifikasikan dalam berbagai keunggulan serta kelemahan dari seorang calon guru dengan akurat.

Micro Teaching

Ciri-Ciri Pengajaran Dalam Micro Teaching

Pengajaran mikro teaching ini memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Mikro dalam pengajaran artinya mikro dalam skala kecil. Skala kecil ini bisa berhubungan dengan ruang lingkup materi pelajaran, tujuan atau kompetensinya, waktu dan juga siswanya serta keterampilannya.
  2. Mikro dalam pengajaran disamakan dengan pengertian mikro itu sendiri. Yaitu sebagian kecil keterampilan dalam mengajar yang komplek, yang dapat dipelajari dengan lebih mendalam dan lebih teliti.
  3. Pengajaran mikro adalah jenis pengajaran yang sebenarnya. Seorang calon guru harus membuat persiapan dalam mengajar, melaksanakan pengajaran berdasarkan rencana yang sudah dibuat, mengelola kelas dan lain sebagainya.
  4. Pengajaran mikro juga berarti belajar yang sesungguhnya yang ditinjau dari seorang calon guru. Misalnya bagaimana dia belajar sebagaimana dia mengajar, dan dari siswanya akan mendapatkan belajar sesuatu hal, yang sesuai dengan tujuan dari pengajaran yang dirumuskan oleh calon guru tersebut.
  5. Pengajaran mikro ini sebenarnya bukan simulasi. Di dalam situasi mengajar teman sejawat, calon guru tak boleh memperlakukan teman sebagai siswanya.
  6. Dalam mendapatkan hasil rekaman yang akurat, maka pengajaran micro teaching harus dilengkapi dengan alat perekam video atau audio rekaman.

Tujuan Micro teaching

Pada umumnya tujuan dari micro teaching ini adalah untuk meningkatkan kemampuan di dalam proses pembelajaran, atau kemampuan profesional seorang calon guru dan atau untuk meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan di berbagai keterampilan yang lebih spesifik. Latihan praktek dalam mengajar di dalam situasi laboratoris misalnya, dengan melalui micro teaching ini maka calon guru atau guru bisa berlatih beragam keterampilan mengajar dalam keadaan yang terkontrol dalam meningkatkan kompetensinya.

Baca Juga :   6 Peninggalan Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia "Hingga Kini Masih Ada"

Tujuan khusus dari latihan pembelajaran melalui micro teaching yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keterampilan peserta pelatihan tentang cara menyusun persiapan mengajar atau satuan acara perkuliahan yang dimikrokan.
  2. Meningkatkan keterampilan dalam teknik mengajar yang efektif bagi setiap peserta latihan.
  3. Bisa menganalisa tingkah laku dalam mengajar diri sendiri dan juga teman-temannya.
  4. Latihan keterampilan mengajar melalui laboratoris, yang diharapkan kelak bisa menghantarkan pembelajaran dari terhindarnya suasana yang kikuk atau kaku.

Demikian pembahasan tentang pengertian micro teaching yang lengkap, dengan ciri-ciri dan juga tujuannya. Semoga dapat dipahami dan dapat bermanfaat bagi anda semua.

micro teaching adalah kegiatan dalam mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau dikecilkan yaitu dengan mengajar tertentu, dan bisa diidentifikasikan dalam berbagai keunggulan serta kelemahan dari seorang calon guru dengan akurat.
Mikro dalam pengajaran artinya mikro dalam skala kecil. Skala kecil ini bisa berhubungan dengan ruang lingkup materi pelajaran, tujuan atau kompetensinya, waktu dan juga siswanya serta keterampilannya.Mikro dalam pengajaran disamakan dengan pengertian mikro itu sendiri. Yaitu sebagian kecil keterampilan dalam mengajar yang komplek, yang dapat dipelajari dengan lebih mendalam dan lebih teliti.Pengajaran mikro adalah jenis pengajaran yang sebenarnya. Seorang calon guru harus membuat persiapan dalam mengajar, melaksanakan pengajaran berdasarkan rencana yang sudah dibuat, mengelola kelas dan lain sebagainya.Pengajaran mikro juga berarti belajar yang sesungguhnya yang ditinjau dari seorang calon guru. Misalnya bagaimana dia belajar sebagaimana dia mengajar, dan dari siswanya akan mendapatkan belajar sesuatu hal, yang sesuai dengan tujuan dari pengajaran yang dirumuskan oleh calon guru tersebut.Pengajaran mikro ini sebenarnya bukan simulasi. Di dalam situasi mengajar teman sejawat, calon guru tak boleh memperlakukan teman sebagai siswanya.Dalam mendapatkan hasil rekaman yang akurat, maka pengajaran micro teaching harus dilengkapi dengan alat perekam video atau audio rekaman.
Meningkatkan keterampilan peserta pelatihan tentang cara menyusun persiapan mengajar atau satuan acara perkuliahan yang dimikrokan.Meningkatkan keterampilan dalam teknik mengajar yang efektif bagi setiap peserta latihan.Bisa menganalisa tingkah laku dalam mengajar diri sendiri dan juga teman-temannya.Latihan keterampilan mengajar melalui laboratoris, yang diharapkan kelak bisa menghantarkan pembelajaran dari terhindarnya suasana yang kikuk atau kaku.

Baca Juga :