Memahami Konsep Manajemen Pemasaran Terlengkap

Posted on
Rate this post

Memahami Konsep Manajemen Pemasaran Terlengkap

Konsep pemasaran – setiap perusahaan mempunyai ide atau konsep berbeda tentang manajemen pemasaran. Suatu perusahaan mungkin lebih suka konsep pemasaran caranya dengan memproduksi barang dengan skala besar, asumsinya dengan ongkos produksi dapat ditekankan, harga menjadi murah, serta barang mudah laku. Namun, perusahaan lainnya kemungkinan mempunyai konsep pemasaran berbeda melewati peningkatan pada kualitas barang yang dihasilkan.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah bagian dari kegiatan perekonomian yang dapat membantu terciptanya nilai ekonomi. Nilai ekonomi ini menentukan harga barang ataupun jasa. Aktor penting pencipta nilai tersebut adalah produksi, pemasaran serta konsumsi. Pemasaran tersebut sebagai penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Beberapa ahli telah memberikan definisi dari pemasaran. Masing-masing para ahli memberikan definisi berbeda dari satu dengan lainnya. Hal ini terjadi sebab mereka mempunyai pandangan sendiri dalam meninjau pemasaran tersebut.

Pada aktivitas pemasaran, kegiatan pertukaran adalah hal yang paling sentral. Pertukaran ialah kegiatan pemasaran yang mana seseorang berusahaan guna menawarkan beberapa barang maupun jasa dengan beberapa nika ke beragam kelompok sosial masyarakat guna terpenuhinya kebutuhan. Pemasaran menjadi kegiatan manusia yang mengarah pada kepuasan kebutuhan serta keinginan lewat proses pertukaran.
Nah, definisi yang tepat dengan kebutuhan itu ialah :

Pengertian pemasaran itu berstandar dalam konsep inti dengan meliputi kebutuhan, keinginan dan permintaan. Manusia perlu menemukan kebutuhannya lebih dulu sebelum mereka memenuhinya. Usaha guna terpenuhinya kebutuhan itu dapat dilaksanakan caranya dengan mengadakan hubungan. Dengan cara itu maka pemasaran dapat diarikan menjadi upaya untuk memuaskan kebutuhan antara pembeli dan penjual (swasta, 1996).

Pengertian Manajemen Pemasaran

Penanganan sebuah proses pertukaran memerlukan waktu dan keahlian banyak. Manajemen pemasaran terjadi jika sekurang-kurangnya ada satu pihak pertukaran potensial memikirkan cara guna memperoleh tanggapan dari pihak lain yang sesuai dengan keinginannya.

Jadi, pengertian manajemen pemasaran ialah proses perencanaan serta pelakssanaan pemikiran, menetapkan harga, promosi dan penyaluran gagasan, jasa maupun barang guna menciptakan pertukaran yang memuaskan sejumlah tujuan individu serta organisasii. (Kotler, 1997)

Pengertian diatas diakui bahwa manajemen pemasaran ialah proses dengan melibatkan analisa, perencanaan, penyelenggaraan, serta pengendalian yang meliputi jasa, barang dan gagasan bergantung dari pertukaran menggunakan tujuan yang menghasilkan kepuasan antara pihak-pihak terkait.

Manajemen pemasaran bisa diterapkan di semua bidang uaha. Dalam manajemen ada fungsi penganalisaan, perencanaan, penyelenggaraan, maupun penerapan dan pengawasan. Tahap perencanaan adalah tahap dengan menentukan kelangsungan dan kesuksesan bagi suatu organisasi pemasaran. Proses perencanaan ini proses yang memandang di depan maupun pola kemungkinan di masa yang akan datang, juga termasuk pada pengembangan program, kebijakan serta prosedur guna mencapai sebuah tujuan pemasaran.

Seluruh organisasi, baik yang orientasinya profit ataupun non-profit harus dapat bekerja keras guna terpenuhinya kebutuhan konsumen dari jasa/ produk yang dihasilkan adalah salah satu kunci dari keberhasilan organisasi. Selanjutnya barulah organisasi bisa terfokus guna mengindentifikasi kebutuhan konsumen, cara-cara terpenuhinya kebutuhan tersebut serta akhirnya mengupayakan konsumen guna tetap mengonsumsi jasa/ produk yang telah ditawarkan.

Baca Juga :   √ 30 Pengertian Manajemen, Fungsi, Prinsip, Tujuan, Macam Serta Contohnya lengkap

Disamping itu, organisasi pun perlu mempunyai kemampuan untuk emnyampaikan informasi pada konsumen bahwasannya mereka sudah menghasilkan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhanya. Dan disinilah fungsi dari pemasaran akan menonjol. Ia sebagai pennghubung antara organisasi dengan konsumen.

6 Konsep Pemasaran

Pemasaran menjadi lebih mudah untuk dipahami dengan menegrti sejumlah elemen inti pemasaran. secara konsepnya, pemasaran ialah sebuah falsafah bisnis dengan kesadaran pentingnya keterlibatan semua elemen organisasi pada proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dan juga sekaligus terpenuhinya tujuan-tujuan organisasi.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan konsepsi pemasaran diantaranya :

  1. Menggali informasi tentang pasar, potensial atau aktual
    a. Apa sudah menyediakan barang/ jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar?
    b. Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan kemampuan produk guna memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen?
  2. Merancang serta mengembangkan progam pemasaran
    a. Menyediakan jasa/ produk yang bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen
    b. Menetapkan harga jasa/ produk yang dapat diterima pasar
    c. Mengkomunikasikan jasa/ produk yang dapat diterima pasar
    d. Memberikan jaminan bahwa customer dapat memperoleh produk dengan tepat dan tempat tepat pula
  3. Evaluasi proses penggalian berita tentang efektivitas progam-progam dari pemasaran perusahaan

Aktivitas-aktivitas pemasaran harusnya dikerjakan dengan pertimbangan efektivitas, efesiensi, dan tanggung jawab sosial pemasaran. Di dalam ruang lingkup pemasaran ada 6 konsep pemasaran sebagai dasar dari aktivitas pemasaran perusahan, diantaranya :

  1. Konsep produksi
    Konsep produksi ini adalah menyakini bahwa konsumen lebih senang produk-produk yang ada dimana-mana dengan harga terjangkau
  2. Konsep produk
    Pada hal ini konsep produk berkeyakinan bahwa konsumen lebih menyukai pada produk-produk yang telah ditawarkan dengan kualitas terbaik, kinerja dan juga fitur-fitur yang inovatif.
  3. Konsep penjualan
    Yaitu sebuah keyakinan bahwa jika konsumen serta pelaku bisnis dibiarkan saja, maka ia pun tidak akan membeli dengan jumlah yang memadai dari produk-produk perusahaan. Perusahaan perlu melakukan usaha penjualan dan promosi agresif.
  4. Konsep pemasaran
    Yakni meyakini bahwa kunci mencapai tujuan perusahaan mencakup upaya perusahaan lebih efektif terhadap pesaing pada hal penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian pada pasar sasaran yang telah ditetapkan nilai guna bagi konsumen.
  5. Konsep pemasaran sosial
    Yakni menyakini bahwa tugas perusahaan menetapkan kebuthan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan secara lebih efektif dan efisien dengan menjaga kesejahteraan masyarakat.
  6. Konsep pemsaran global
    Yakni lebih mengacu dalam faktor-faktor yang bisa mempengaruhi eksekutif manager dalam mengupayakan dan mengaplikasikan managemen strategi.

Nah, dari ke-6 penjelasan mengenai 6 konsep manajemen pemasaran tersebut, banyak hal yang dapat kalian pelajari. Tiap konsep mempunai kelebihan dan kekurangan. Sesudah kalian menentukan konsep yang akan dipakai, kalian harus mulai berfikir membuat laporan keuangan, sehingga bisa membuat sebuah keputusan bisnisa yang tepat. Terimakasih!

Baca juga: