Maunah : Pengertian, Dalil, dan Contohnya

Posted on

Maunah : Pengertian, Dalil, dan Contohnya

Maunah adalah – Tidak sedikit manusia yang ketika melakukan sesuatu atau dalam keadaan tertentu mengalami kesulitan dan pada akhirnya membutuhkan pertolongan. Pertolongan dari orang lain atau pertolongan dari Tuhan yang Maha Kuasa. Pada umumnya masalah dalam hal ini berbagai macam bentuknya, missal tertimpa penyakit, bisnis terancam bangkrut, terjebak atau dikerjai oleh orang yang iri dengki, dan masih banyak bentuk masalah yang umumnya pernah dialami oleh semua orang. Nah, dikondisi tersebutlah orang akan membutuhkan bantuan atau pertolongan dari orang lain atau membutuhkan pertololongan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dalil Maunah

Seperti firman Allah Ta’ala di bawah ini dalam QS. Al-Maidah: 2
Artinya: “Dan tolong menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa”.
Di dalam QS. Al-Baqarah: 153
Artinya: “ Minta tolonglah kalian dengan sabar dan shalat”.

Sudah jelas dari makna keduaanya tersebut bahwa ketika seseorang membutuhkan pertolongan khususnya bagi mereka yang beragama Islam, sudah tentu meminta pertolongan kepada Allah SWT. Namun, perlu disadari bahwa meminta pertolongan kepada Allah ataupun kepada orang lain pastinya ada ketika yang harus diperhatikan. Begitu juga ketika membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Setidaknya ada dua hal yang harus dilakukan ketika mengharapkan pertolongan tersebut, yaitu dengan bersabar dan shalat. Ketika sudah tidak sanggup, satu-satunya caraya itu dengan mengharapkan pertolongan Allah SWT.

Allah SWT memberikan pertolongan kepada hambanya yang benar-benar bertaqwa dan membutuhkan pertolongan. Namun, pertolongan dari Allah SWT memiliki berbagai istilah yang biasanya sering kita dengar atau bahkan asing di telinga sebagian orang. Istilah tersebut salah satunya yaitu Ma’unah. Mungkin hanya beberapa dari kita yang pernah mendengar kata tersebut.

Maunah, mu’jizat dan karamah pada umumnya hampir sama, akan tetapi terdapat hal mendasar yang membedakan dari makna ketiga istilah tersebut. Berikut ini kami akan menjelaskan serta memberikan contoh tentang Maunah, karamah, dan mu’jizat.

Pengertian Ma’unah dan Contohnya

Pengertian ma’unah menurut bahasa yaitu pertolongan. Sedangkan menurut istilah Ma’unah Adalah kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT, kepada hambanya yang sedang membutuhkan pertolongan untuk mengatasi kesulitan hidupnya. Ma’unah dapat juga diartikan sebagai pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang mukmin untuk mengatasi kesulitan dalam hidupnya menurut akal sehat melebihi kemampuannya.

Ma’unah ini akan dialami oleh orang biasa berkat pertolongan yang diberikan Allah SWT. Misalnya, seorang nenek terjebak dalam rumahnya yang terbakar dan dengan pertolongan Allah, nenek tersebut dapat keluar dengan membobol tembok yang kokoh. Jika dipikir dengan akal sehat mana mungkin seorang nenek yang sudah tua dapat membobol tembok yang sangat kokoh, jika hal itu bukan Karena pertolongan Allah SWT.

Baca Juga :   [UPDATE] Pengertian Shalat Menurut Bahasa Beserta Syarat dan Rukun Sholat

Contoh lainnya pertolongan Allah diberikan kepada sekumpulan orang yang dapat selamat dari bencana alam yang sangat dahsyat, ketika mereka sedang menghafal Al-Qur’an disebuah vila dan selamat, padahal disekelilingnya semua sudah hancur dan terbawa banjir.

Itulah contoh dari Ma’unah yang mungkin sebelumnya pernah kita tahu. Jika seseorang benar-benar membutuhkan pertolongan dan bersabar, dengan senantiasa mengharapkan pertolongan hanya kepada Allah SWT pasti akan mendapatkan pertolongan dariNya. Karena kita sebagai seorang mukmin sudah seharusnya mengharapkan pertolongan kepada Allah SWT dan tidak diperbolehkan meminta tolong kepada selain-Nya, seperti kepada orang mati atau syaiton.

Hal ini telah dijelaskan dalam QS.Al-Fatihah ayat 4.
Artinya: “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan”.
Tidak hanya itu, di dalam QS.Al-A’raf: 197
Artinya: “Dan mereka yang kamu seru selain Allah tidaklah sanggup menolongmu, bahkan tidak dapat menolong dirinya sendiri”.

Dari kedua artianya tersebut diatas bahwa Maunah adalah pertolongan yang jelas-jelas dari Allah SWT yang diberikan kepada hamba yang bersungguh-sungguh meminta pertolongan dari-Nya dengan bersabar. Selain itu seorang yang meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT.

Pengertian Karomah dan Contohnya

Pengertian karomah secara bahasa yaitu kemuliaan, kehormatan, dan anugrah. Sedangkan secara istilah karamah adalah kejadian-kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. Kepada para waliyullah, yaitu hamba Allah yang sholeh dan senantiasa taat kepada-Nya. Seperti halnya yang terjadi pada parawali yang dapat melihat hal-hal ghaib atau memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.

Sebagai contoh yaitu ketika Maryam binti Imran ra., yang selalu mendapatkan makanan di dalam mihrab, sedangkan Maryam sendiri tidak pernah keluar dari mihrabnya. Selain itu, contoh lainnya yaitu ketika Amir bin Fuhairah wafat, jasadnya diangkat oleh para malaikat dan kejadian tersebut disaksikan oleh sahabatnya sendiri yaitu Amir bin Thufail.

Pengertian Mu’jizat dan Contohnya

Pengertian mu’jizat secara bahasa yaitu melemahkan. Sedangkan menurut istilah mu’jizat adalah sesuatu yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT dan terjadi pada diri nabi atau rasul Allah. Mu’jizat memiliki tujuan untuk membuktikan kenabian atau kerasulan seorang nabi atau rasul Allah yang tidak dimiliki dan tidak dapat ditiru oleh orang lain serta berguna untuk melemahkan segala macam perbuatan keji dari orang kafir.

Mu’jizat memiliki ciri-ciri:

  1. Kejadian yang luar biasa
  2. Hanya tampak pada diri seorang nabi atau rasul Allah
  3. Terdapat tantangan dari kaum yang tidak percaya kedudukan seorang nabi
  4. Tidak dapat ditandingi oleh siapapun.

Nah, itulah penjelasan mengenai Maunah dan istilah yang hampir memiliki makna yang sama, yaitu mu’jizat dan karamah. Dengan penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa Ma’unah adalah pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia biasa. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca juga: