Materi Permainan Sepak Bola Lengkap dengan Teknik Dasar

Posted on
Materi Permainan Sepak Bola Lengkap dengan Teknik Dasar
5 (100%) 1 vote

Materi Permainan Sepak Bola Lengkap dengan Teknik Dasar

Materi permainan sepak bola adalah salah satu materi pelajaran yang harus anda ketahui. Sepak bola merupakan cabang olahraga yang memanfaatkan bola berbahan kulit dengan dimainkan dua tim dan setiap tim beranggotakan 11 pemain inti serta beberapa pemain lagi sebagai cadangan.

Tujuan sepak bola adalah mencetak banyak gol memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Permainan ini dimainkan di lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang.

Aturan Permainan Sepak Bola

Posisi Pemain

Pada satu tim permainan sepak bola 1 orang sebagai penjaga gawangnya, 2-4 pemain bertahan, kemudian 2-5 pemain tengah, serta 1-3 pemain sebagai penyerang. Pada suatu tim juga ada salah seorang kapten sebagai pemimpin ataupun mengoordinasi pemainnya supaya bisa bermain tim,umumnya kapten ditandai oleh armband.

  • Kipper atau penjaga gawang merupakan satu-satunya pemain di sebuah tim sepak bola yang bisa memegang bola pakai tangan guna menghadap bola dari serangan musuh agar tak masuk ke gawang.
  • Back (Pemain bertahan) merupakan pemain yang tugasnya menghalangi dan menutup gerakanan dari tim lawan.
  • Gelandang/playmaker merupakan pemain tengah atau pemain yang tugasnya mengatur tempo permainan serta menjadi penyokong back maupun striker pada tim.
  • Winger (Pemain sayap) merupakan pemain yang tugasnya pada sisi kanan serta sisi kiri lapangan sepak bola.
  • Striker atau penyerang merupakan pemain yang tugasnya mencetak gol pada gawang musuh.

Lapangan Permainan

Berikutnya adalah ukuran dari lapangan sepak bola internasional sendiri untuk orang dewasa ialah yang ukuran panjangnya antara 100-120 meter dengan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah antara kedua ujung lapangan tersebut juga ada area gawang membentuk persegi empat pada lebar kira kira 7.32 meter serta memiliki ukuran tinggi 2.44 meter.

Di bagian depan mulut gawang ada area penalti dengan jarak kira kira 16.5 m dari gawang. Wilayah tersebut merupakan batas kiper diperbolehkan untuk menangkap bola menggunakan tangan dan menentukan terjadinya pelanggaran memperoleh hadiah tendangan penalti ataupun tidak.

Lama Permainan

Lamanya permainan sepak bola secara normal adalah 2 x 45 menit, dan ditambah dengan waktu istirahat sekitar 15 menit antara kedua babak tersebut. Namun bila kedudukan antara kedua pemain tersebut seimbang, akan diadakan perpanjangan waktu sekitar 2 x 15 menit sampai diperoleh pemenang.

Namun bila masih seri juga, akan dilakukan adu pinalti. Pihak wasit juga bisa menentukan waktu tambahan saat akhir babak yang menjadi pengganti waktu yang hilang karena pergantian pemain, pemain cedera yang memerlukan pertolongan, ataupun penghentian pemain dan lainnya. Nama waktu tambahan tersebut biasa disebut sebagai injury time ataupun stoppage time.

Hitungan gol yang dicetak diperpanjangan waktu ditulis menjadi skor akhir sebuah pertandingan. Sementara gol yang dicetak ketika adu penalti cuma menentukan sebuah tim bisa masuk pada pertandingan selanjutnya atau tidak.

Pelanggaran

Bila pemain melakukan pelanggaran cukup keras, wasit pun akan memberikan peringatan dan memberikan kartu kuning ataupun kartu merah. Sedangkan kartu peringatan itu akan ditunjukkan didepan pemain yang telah melanggar. Kemudian wasit akan mencatat siapa nama pelanggar itu pada buku, ketika itu permainan juga dihentikan sesaat.

Pemberian kartu kuning menjadi peringatan untuk pelanggaran tertentu misalnya bermain tak sportif, terus-menerus melakukan pelanggaran peraturan, perselisihan kata ataupun tindakan, telah menunda permulaian kembali pertandingan, melakukan keluar-masuk pertandingan dengan tanpa persetujuan wasit, atau tak menjaga jarak dengan pemain lawan yang melakukan tendangan bebas ataupun lemparan ke dalam.

Bila pemain memperoleh 2 kartu kuning, pemain tersebut nantinya akan diberi kartu merah sehingga harus keluar pertandingan tanpa bisa diganti oleh pemain cadangan lain. biasanya tindakan pemain yang bisa berakibat diberinya kartu merah ialah melakukan pelanggaran berat yang bisa membahayakan ataupun mengakibatkan cidera sangat parah pihak lawan, melakukan kekerasan, meludah, melanggar musuh yang berusaha mencetak gol, memegang bola pakai tangan guna mencegah gol untuk semua pemain selain penjaga gawang, serta menggunakan bahasa ataupun gerak tubuh yang identik menantang, bagi penjaga gawang dilarang melakukan hands ball selain atau diluar kotak penalti.

Baca Juga :   Pengertian Lempar Lembing, Aturan, Teknik dan Cara Lempar Lembing Dengan Benar

Wasit dan Petugas Pertandingan

Pada pertandingan professional terdapat 3 petugas pemimpin jalannya pertandingan bola yakni wasit, lalu 2 hakim garis, ditambah seorang petugas yang ada di pinggir tengah area lapangan. Wasit memiliki tugas memberi hukuman maupun peringatan terhadap pelanggaran yang terjadi. Kemudian 2 hakim garis bertugas mengawasi lapangan setengah bagiannya, dan mereka juga membawa bendera terang untuk menandakan jika ada pelanggaran, adanya bola yang keluar, atau offside. Biasanya mereka bergerak mengikuti pemain belakang yang terakhir.

Sementara itu, petugas pinggir tengah lapangan memiliki tugas mencatat seluruh waktu terhenti dalam pertandingan itu dan memberi info tentang tambahan waktu pada akhir setiap babaknya, sekaligus memeriksa pergantian pemain, menjadi penghubung antara pihak manajer tim dan pihak wasit.

TEKNIK DASAR SEPAK BOLA

Dibawah ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus anda ketahui:

Menendang Bola

Teknik dasar yang perta adalah menendang bola atau (kicking). Tekni ini bisa dilakukan menggunakan seluruh bagian kaki. Namun sesuai dengan teknik, supaya bola bisa ditendang secara baik, menendang dapat dilakukan menggunakan pungung kaki ataupun kura-kura kaki, bagian dalam kaki, bagian luar kaki, bagian punggung kaki sisi dalam, serta bagian punggung kaki sisi luar.

Tujuan Dari Menendang Bola:

  • Guna memberi atau mengoper bola kepada teman satu tim.
  • Untuk memasukkan bola pada gawang musuh.
  • Untuk menghidupkan bola lagi sesudah adanya pelanggaran misalnya tendangan bebas, penjuru, tendangan hukuman, gawang atau tendangan lainnya.
  • Untuk clearing ataupun pembersihan yang caranya menyapu bola berbahaya di area sendiri maupun dalam upaya membendung serangan musuh di area pertahanan tim sendiri.

Mengontrol Bola

Melakukan pengontrolan ataupun penghentian bola bisa dilakukan menggunakan tungkai bawah, sisi dalam kaki, luar sisi kaki, bagian punggung kaki, sol sepatu, bagian tumit kaki, bagian telapak kaki, paha, tulang kering, perut, dada, serta kepala.

Tujuan dari menghentikan bola ialah untuk mengontrol bola, contohnya untuk mengatur tempo dalam permainan, mengalihkan alur permainan ataupun merubah arah permainan serta memudahkan melakukan passing.

Menggiring Bola

Fungsi menggiring bola ataupun Dribbling ialah untuk melewati lawan, dan mendekati area pertahanan musuh, untuk membebaskan diri oleh kawalan musuh, untuk berusaha mencetak gol, serta melalui area bebas. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola yakni memakai kura-kura kaki sisi dalam, menggunakan kura-kura kaki secara penuh serta kura-kura kaki sisi luar.

Menyundul Bola

Fungsi menyundul bola ataupun disebut heading ialah untuk mengoper bola pada teman, kemudian menghalau bola tersebut dari area gawang ataupun daerah berbahaya lain, untuk meneruskan bola pada teman ataupun di daerah yang kosong, serta melakukan pencetakan gol pada gawang musuh. Teknik menyundul bola bisa dilakukan dengan posisi sikap berdiri, melompat, dan berlari.

Merebut Bola

Berikutnya ada merebut bola ataupun disebut dengan tackling ialah teknik merampas bola tersebut dari pihak musuh yang saat itu menguasai bola. Teknik itu umumnya dilakukan pemain bertahan ataupun pemain belakang guna menghentikan gerak pihak lawan.

Teknik merebut bola bisa dilakukan dengan cara berdiri, kemudian melayang ataupun menjatuhkan tubuh dari depan atau samping pemain dan sudah memperhitungkan waktu dengan tepat supaya bola benar-benar bisa direbut serta bukan sebuah pelanggaran yang dilakukan.

Lemparan Ke Dalam (throw-in)

Melakukan pelemparan bola yang telah keluar ke lapangan juga harus dilakukan menggunakan kedua tangan dan melalui di atas kepala, namun kedua kakinya harus ada di luar garis disamping batas lapangan. Kemudian ketika pelemparan bola dilakukan, kedua kaki juga harus ada di tanah, tak boleh diangkat.

Gerak Tipu

Berikutnya adalah gerak tipu yang dilakukan bertujuan untuk mengganggu atau menghilangkan keseimbangan pihak musuh.

Teknik Penjaga Gawang

Yakni teknik yang harus dilakukan penjaga gawang atau (goal keeping) supaya gawangnya tak kebobolan bola. Beberapa teknik ini diantaranya: menangkap bola sampai setinggi perut, kemudian menangkap bola yang bergulir ditanah, dan menangkap bola tersebut setinggi dada hingga menepis bola yang tingginya melebihi atas gawang.

Itulah penjelasan tentang materi permainan sepak bola dimulai dari pengertian sepak bola, peraturan, maupun teknik dasar permainan sepak bola. Semoga bermanfaat.