Mengenal Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara Lengkap

Mengenal Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara Lengkap
Rate this post

Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara

Menurut ilmu pengetahuan, memang belum diketahui pasti kapan dan seperti apakah bumi ini diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun mestinya kita tetap bersyukur, karena sudah diciptakannya alam semesta berikut isinya. Semenjak bumi pertama kali diciptakan hingga saat ini, baik bumi maupun kehidupan di dalamnya selalu mengalami perkembangan dan kemajuan di segala bidang.

Zaman Dibagi Dalam Beberapa Periode

Kemudian perkembangan tersebut dibagi dalam setiap zaman. Seperti zaman arkaezoikum, paleozoikum, mesozoikum, dan juga zaman neozoikum. Masa kehidupan pun dibedakan menjadi pasa praaksara atau prasejarah, juga masa aksara ataupun masa sejarah. Di bawah ini akan kami bahas mengenai zaman-zaman tersebut.

1. Zaman Arkaezoikum

Ialah zaman yang paling tua. Berlangsung sekitar 2500 juta tahun yang silam. Pada masa itu belum ada kehidupan dikarenakan bumi masih dalam proses pembentukan serta permukaannya masih sangat panas.

2. Zaman Palaezoikum

Zaman ini juga disebut sebagai zaman primer. Pada masa itu suhu bumi menurun ataupun disebut mendingin. Zaman ini berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu. Dan pada masa itu juga muncul makhluk hidup bersel satu yang diperkirakan sebagai makhluk hidup pertama kali nan menempati bumi.

3. Zaman Mesozoikum

Zaman ini disebut sebagai zaman sekunder atau nama lainnya ialah zaman reptile. Zaman ini berlangsung sekitar 140 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini hiduplah reptil-reptil raksasa seperti yang kita kenal dengan nama dinosaurus.

4. Zaman Neozoikum

Adalah zaman yang bentuk kehidupannya sudah mulai stabil. Pada zaman ini sudah ada hewan menyusui ataupun mamalia. Zaman ini juga disebut sebagai zaman dimana berkurangnya hewan-hewan melata pada zaman sebelumnya. Sedangkan zaman Neozoikum ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya yaitu:

  • Zaman Alluvium atau Holosen. Zaman ini diperkirakan terjadi sekitar 20 ribu tahun yang lalu dan ditandai dengan munculnya nenek moyang dari para manusia modern. Yaitu homo sapiens yang disebut dalam teori Darwin. Walaupun sampai dengan saat ini belum bisa dibuktikan juga apakah benar nenek moyang kita adalah homo sapiens.
  • Zaman Divilium ataupun zaman Pleistosen atau zaman es. Karena pada zaman ini es di kawasan kutub sudah mulai mencair dikarenakan perubahan iklim yang pesat. Manusia juga sudah mulai hidup pada zaman ini. Dialah manusia pertama yaitu Nabi Adam A.S., karena jauh sebelum manusia diciptakan, bumi sudah lama diciptakan oleh Tuhan.
Baca Juga :   Pendiri Budi Utomo: Budi Utomo Didirikan pada Tanggal...

Masa Prasejarah

Masa Prasejarah, atau nama lainnya ialah masa praaksara adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Setiap suku bangsa yang ada di muka bumi ini pasti mengalami masa prasejarah yang periodenya pun ternyata berbeda-beda. Begitu juga dengan hilangnya masa tersebut. Setelah manusia mulai mengenal tulisan, maka otomatis zaman itu pun berubah menjadi zaman sejarah.

Jenis-Jenis Manusia Purba

Adapun manusia purba yang hidup pada masa praaksara ataupun prasejarah ialah,

1. Meganthropus Paleojavanicus

Yaitu manusia purba, berukuran besar dan tua dan hidup di Pulau Jawa. Manusia purba jenis ini memiliki tubuh yang besar dan juga kekar.

2. Pithecanthropus Erectus

Yaitu manusia purba berbentuk kera yang tegak berdiri. Tingginya sekitar 165-180 cm.

3. Homo Wajakensis, Soloensis, dan Sapiens

Manusia purba jenis homo ini memiliki keadaan dengan cirri fisik yang jauh lebih baik daripada manusia purba sebelumnya.

Baca Juga :

Mengenal Sejarah dan Pembagian Zaman Masa Praaksara Lengkap | penulis oke | 4.5