Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Penyusunannya Terlengkap

Posted on
Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Penyusunannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Marketing Plan : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Penyusunannya Terlengkap

Marketing plan adalah – bentuk dari sebuah proses manajemen yang mengarah ke strategi pemasaran denagan tujuan untuk mencapai sasaran pemasaran sehingga perencanaan pemasaran/marketing plan dilakukan melalui serangkaian proses sistematis dan koordinasi demi mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

Perusahaan bisa membuat perencanaan pemasaran dengan baik dan strategis sehingga mencapai keuntungan yang efektif dan efisien. Beberapa yang termasuk marketing plan bisnis antara lain seperti pengumpulan informasi, strategi promosi, penyebarluasan informasi dan juga koordinasi pemasaran. Semua komponen tersebut adalah taktik perusahaan untuk menggunakan sumber daya seefektif mungkin.

Pengertian Marketing Plan Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian marketing plan menurut para ahli, diantaranya adalah:

  • Kurowski dan Sussman

Menurut Kurowski & Sussman, “dokumen yang terdiri atas analisis situasi pemasaran saat ini, berupa analisis peluang & ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, lalu program tindakan, dan juga pendapatan yang diproyeksikan/ proforma”.

  • Malcom McDonald

Pengertian marketing plan sebagai proses manajemen yang mengarah pada sebuah perencanaan pemasaran.
Perencanaan tersebut adalah urutan logis dan rangkaian aktivitas yang mengarah pada penetapan tujuan pemasaran, serta membuat rumusan rencana sebagai pencapai tujuan.

Tentang Perencanaan Pemasaran

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa marketing plan adalah bentuk perencanaan terkait bagimana perusahaan tersebut akan melakukan pemasaran. secara umum Marketing plan berfungsi untuk menentukan bagaimana perusahaan bisa menempatkan strategi marketing dengan real dalam praktik di pasar.
Subyek utamanya adalah sumber daya manusia perusahaan. Alasannya yaitu berperan untuk menentukan dan juga memastikan bagaimana SDM perusahaan bisa menjalankan apa yang telah direncanakan. Sehingga hal ini dibutuhkan penetapan tujuan yang jelas supaya dapat menuju tujuan strategis dalam jangka panjang perusahaan kamu.

Tujuan Rencana Pemasaran

Banyak pemilik usaha yang membuat marketing plan lalu tidak menggunakannya. Tetapi, rencana pemasaran merupakan peta jalan yang memberikan arahan dalam mencapai tujuan bisnis organisasi. Marketing plan harus bisa menjadi rujukan dan juga dinilai hasilnya secara berkala.

Tujuannya marketing plan antara lain adalah:

  • Mengetahui & memperbanyak informasi perubahan pada pasar dan kompetitor
  • Menciptakan relasi dan jaringan kerja lebih luas dengan organisasi lain
  • Sebagai bentuk penyesuaian bisnis
  • Meningkatkan keuntungan dengan usaha yang efisien dan efektif.

Manfaat Perencanaan Pemasaran

Membuat rencana pemasaran yang detail adalah hal terpenting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama pentingnya sebuah produk atau layanan yang kamu berikan. Berikut adalah manfaat dari perencanaan:

  • Koordinasi aktivitas pemasaran dapat dicapai dengan lebih baik
  • Dapat mengidentifikasi sejauh mana dari perkembangan perusahaan
  • Menjadi acuan bagaimana perusahaan tersebut harus berubah
  • Dapat menjadi alat dalam menghindari konflik mengenai bagaimana perusahaan akan bergerak
  • Sebagai sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan akan dibuat atau diperbarui
  • Menjadi acuan agar manajer bergerak dan juga berpikir ke arah yang lebih sistematis
    Selain itu, rencana pemasaran dapat memberikan keuntungan lainnya untuk sebuah bisnis, diantaranya:
  • Memberikan sebuah kejelasan siapa target market sehingga lebih mudah untuk menemukan klien serta pelanggan jika kamu tahu siapa mereka.
  • Membantu melakukan pesan pemasaran sehingga memberikan hasilnya. Pemasaran ialah tentang mengetahui apa yang bisa dilakukan produk ataupun layanan kamu dalam membuat target pasar. Pesannya bisa dilakukan secara langsung dengan pasar.
  • Menyediakan fokus yang terarah. Email, blog tamu, media sosial, periklanan, surat langsung, publisitas, dll. Dengan begitu akan ada banyak pilihan pemasaran dan kamu membutuhkan sebuah rencana sebagai penentu atas tindakan bisnis kalian.
Baca Juga :   Etika Bisnis: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Contohnya Terlengkap

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Menyusun perencanaan pemasaran dalam suatu bisnis membutuhkan beberapa komponen untuk melibatkannya. Marketing plan biasanya suadh meliputi beberapaelemen penting termasuk deskripsi pesaing, lalu permintaan akan produk/ layanan yang ditawarkan, kekuatan dan juga kelemahan dari sudut pandang pasar yang baik bisnis ataupun pesaingnya.

Rencana pemasaran adalah alat yang harus dibutuhkan setiap harinya untuk membantu organisasi untuk menjangkau target pasar dan juga target keuntungan. Semua bisnisnya harus memahami pasar yang telah dibidik dan menjadi dasar untuk membuat marketing plan.

Langkah – langkah menyusun rencana pemasaran

  • Melakukan Analisis Situasi

Salah satu komponen pertama dalam memulai penyusunan marketing plan ialah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT tersebut maka manajer pemasaran perusahaan bisa membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin akan muncul di pasar serta apa sih kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran.

  • Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Sesudah melakukan analisis SWOT, selanjutnya marketing plan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya yaitu dengan mengidentifikasi siapa saja yang akan membutuhkan produk tersebut dan kemana arah produk tersebut harus dipasarkan.

Sehingga saat sudah mengetahui kearah mana pemasaran dilakukan maka dapat melakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut. Strategi pemasaran penting dilakukan sebagai meminimalkan anggaran dan juga effort yang diperlukan sebagai promosi namun dengan keuntungan yang juga maksimal.

  • Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program disusun berdasarkan tujuan/ sasaran yang telah ditentukan pada sebelumnya. Strategi ini adalah tindakan jangka panjang dan disusun sebagai rencana jangka panjang dalam mencapai tujuan organisasi. Dan untuk mendukung strategi tersebut maka akan dibuat program atau tindakan jangka pendek yang berkesinambungan.

Jadi, marketing plan adalah bentuk perencanaan yang berkaitan dengan perusahaan tersebut yang dilakukan dengan pemasaran untuk menentukan bagaimana perusahaan bisa menempatkan strategi marketing dengan real dalam praktik di pasar. Artinya, bahwa perusahaan tidak menjalankan dengan baik akan kesulitan bergerak saat mengikuti arah perubahan pasar. Alhasil, keuntungan yang diperoleh pun menjadi tidak maksimal.

Baca juga: